Cara Membuat Website Toko Online Sendiri

Omset penjualan dapat meningkat jika jangkauan penjualan diperlebar. Itulah keuntungan utama dari sebuah website toko online. Didukung dengan terus meningkatnya penduduk internet, khususnya di Indonesia, tidak heran jika mulai banyak yang tertarik untuk menguasai cara membuat website toko online sendiri.

Sebelum Anda memutuskan untuk membuat website toko online sendiri, perlu dipahami beberapa hal penting dahulu untuk memastikan perjalanan usaha Anda meriah hasil positif. Apa saja?

Tentukan Produk

Pada dasarnya ada dua pilihan dalam menentukan produk yaitu produk sendiri atau produk orang lain. Apapun pilihan Anda kedua opsi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Maksud dari menjual produk orang lain adalah mekanisme bisnis dengan sistem afiliasi, reseller atau dropship. Keunggulan dari menjual produk orang lain adalah Anda tidak perlu repot memikirkan penyimpanan stok produk untuk berjualan, dan memikirkan untuk membuat produk. Kerugian utama dari menjual produk orang lain adalah konsumen hanya bertahan untuk sementara waktu.

Sisi lainnya adalah menjual produk sendiri. Maksudnya tidak hanya membuat produk dari nol atau bahkan membeli untuk dijual kembali (misalkan impor dari luar negeri untuk dipasarkan di Indonesia). Keunggulan utama dari cara ini Anda dapat memiliki brand bisnis sendiri dan menjaga hubungan dengan konsumen untuk jangka panjang.

Apa pendapat penulis?

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari para pelaku bisnis online, konsumen lebih memilih sebuah website toko online yang memang memiliki keberadaan nyata (tidak hanya hadir secara online). Itu sebabnya penulis melihat bahwa website toko online akan menguntungkan bagi para pengusaha yang sudah memiliki usaha offline. Kehadiran website merupakan cara untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

Misalkan Anda merintis toko baju distro kecil-kecilan di Bogor. Dengan menerapkan cara membuat website toko online sendiri, Anda bisa memasarkan baju distro (atau produk apapun yang Anda punya) kepada konsumen di seluruh Indonesia bahkan sampai negara tetangga.

Hal ini dimungkinkan karena website dapat diakses oleh siapapun ke alamat website yang dipilih.

Pahami Kebutuhan Dasar

Sumber daya manusia

Sebuah toko online dapat dikelola setidaknya oleh satu orang atau sebanyaknya tidak terbatas. Untuk menghemat biaya pengeluaran rutin tentu tidak salah jika banyak orang membuat website toko online dilakukan sendirian atau hanya beberapa orang saja (kurang dari lima).

Terlepas dari berapapun jumlah sumber daya manusia pilihan Anda, paling tidak perlu dipahami bidang-bidang yang perlu dikuasai.

Pertama adalah tim teknis yang harus mengurus masalah pembuatan website, blog dan sebagainya sampai hal teknis seperti penggantian warna website, penempatan logo bisnis sendiri, penempatan mekanisme pembayaran langsung dari website sampai plugin tertentu yang muncul dihadapan pengunjung website toko online. Tanggung jawab tim teknis untuk memastikan semua kebutuhan teknis bisa diterapkan dengan bagi di toko online Anda.

Kedua adalah tim konten yang akan mengurus berbagai konten isi website Anda mulai dari pemilihan gambar produk yang dipajang, informasi produk, konten blognya (jika ada), informasi penting (cara pesan, cara pembayaran, pertanyaan umum, tentang kami, dan sebagainya. Tim konten akan sangat dibutuhkan jika website Anda memiliki platform blog juga didalamnya, jika website hanyalah toko online maka tim konten bisa dirangkap oleh tim marketing.

Ketiga adalah tim marketing yang akan menangani bagian pemasaran website Anda. Website yang dipasarkan dengan baik akan meningkatkan omset penjualan Anda karena semakin banyak konsumen mengenal dan percaya pada toko online buatan Anda. Semuanya bisa terjadi karena pemasaran yang dilakukan dengan baik. Pemasaran utama yang bisa dilakukan adalah dengan pembuatan konten website toko online yang SEO Friendly, penyebaran link website, kehadiran di media sosial, sampai pemasangan iklan pada sebuah jaringan iklan internet atau mobile.

Keempat adalah layanan konsumen yang akan memastikan kepuasan pelanggan toko online Anda. Ada kalanya seorang pengunjung website toko online pertama kali mengajukan pertanyaan atau menyampaikan keluhan. Inilah fungsi layanan konsumen untuk menjaga kepercayaan konsumen kepada bisnis Anda melalui kehadiran toko online.

Saat Anda ingin mempraktekan cara membuat website toko online sendiri setidaknya kebutuhan dasar akan sumber daya manusia akan meliputi keempat hal tersebut diatas.

Pada penerapannya tidak sedikit beragam fungsi akan dirangkap oleh satu atau dua orang. Hal tersebut menjadi wajar mengingat efisiensi biaya. Seiring perkembangan website toko online Anda tentu dapat dipertimbangkan untuk setiap orang bisa fokus pada satu fungsi untuk meraih hasil yang maksimal.

Modal Membuat Website Toko Online

Untuk membuat website toko online tentu aka muncul biayanya. Berapa biayanya? Seiring pertumbuhan teknologi dan jumlah penduduk internet maka Anda diuntungkan oleh tingkat persaingan yang sangat kompetitif oleh para penyedia jasa website toko online saat ini.

Pada umumnya setiap penyedia jasa website toko online sudah memiliki paket masing-masing untuk para peminat.

Gotoko misalnya menawarkan dua macam paket memuat toko online mulai dari Paket A seharga Rp 1,5 juta yang mencakup 500MB space (atau 2000 produk), bandwith tidak terbatas, termasuk kalkulasi JNE, gratis nama domain, bebas memilih template dan biaya tahunan Rp 1 juta. Untuk paket B seharga Rp 1,75 juta perbedaannya adalah jumlah space sebesar 2 GB (atau setara 10ribu produk) dengan biaya tahunan Rp 1,25 juta.

Oceania menawarkan jasa membuat website toko online dengan harga Rp 1,899 juta. Untuk harga itu konsumen akan mendapatkan beberapa  hal antara lain:

  • Bandwith tidak terbatas,
  • Space 1,5 GB
  • Gratis domain
  • Backup data gratis
  • Gratis template profesional
  • Gratis email website
  • Fitur kalkulasi pengiriman
  • Gratis personal training sebanyak satu kali
  • Panduan manual website
  • Bantuan upload produk (20 produk pertama)
  • Biaya per tahun Rp 999ribu

Penyedia jasa membuat website toko online lainnya, tokoweb memberikan paket harga toko online Rp 600ribu seperti berikut ini …

  • Nama Domain 1 tahun
  • Hosting shared tidak terbatas
  • Gratis email hosting
  • Template premium
  • CMS wordpress
  • Mobile responsive

Pada tahap ini Anda sudah memahami hal dasar yang diperlukan untuk membuat website toko online sendiri. Selain sumber daya manusia, Anda juga harus menyadari bahwa ada aspek biaya dalam membuat toko online.

Jalur Komunikasi dengan Konsumen

Kehadiran sebuah website toko online perlu didukung dengan email, akun media sosial, sampai nomor kontak telepon.

Untuk menjamin kualitas layanan ada baiknya Anda menciptakan email khusus untuk akun media sosial toko online, email khusus untuk layanan konsumen. Sama halnya dengan nomor kontak telepon. Selain nomor telepon kantor, kemudahan untuk dijangkau melalui BBM, whatsapp, line sampai live chat langsung akan menggugah minat konsumen berinteraksi dengan website toko online Anda.

Pahami Marketing Website Toko Online

Langkah selanjutnya adalah untuk memahami pentingnya marketing website toko online. Jika Anda sudah membuat website toko online maka jangan berhenti untuk memasarkannya. Setidaknya marketing website toko online dapat dilakukan dengan beberapa cara utama seperti:

Diskon periodik

Intinya sebuah diskon diberikan untuk jangka waktu tertentu misalkan menjelang lebaran atau karena hal lainnya. Diskon ini dapat diberikan untuk produk yang banyak diminati pengunjung website toko online namun tingkat penjualannya rendah (misalkan karena harganya dianggap tinggi). Website akan memungkinkan Anda memantau produk apa yang paling diminati pengunjung. Dipadukan dengan terjadi tidaknya penjualan, Anda dapat dengan mudah memprediksi penyebab kenapa tidak terjadi penjualan. Nah, strategi diskon dapat diberikan untuk produk berharga mahal namun selalu menjadi perhatian pengunjung website.

Membuat Fanpage (atau kehadiran media sosial lainnya)

Setelah website toko online siap beroperasi, Anda perlu memutuskan media sosial mana yang akan dijadikan sarana pemasaran. Membangun pengikut setia di media sosial (misal di facebook membuat fanpage) untuk website toko online penting maknanya untuk tumbuh kembang usaha. Semakin banyak pengikut media sosial semakin besar peluang website toko online tumbuh besar. Selain itu, pemasaran melalui media sosial terbilang murah atau bahkan gratis.

Meningkatkan layanan konsumen

Hal yang kerap terlupa adalah aspek layanan konsumen. Seorang konsumen yang puas akan pelayanan website kemungkinan besar akan menjadi agen pemasaran (gratis) website toko online Anda. Mereka dengan senang hati menceritakan pengalaman positifnya kepada teman, keluarga, atau kerabat tanpa perlu diminta.

Kartu nama memasukan alamat website

Dalam berbagai kesempatan Anda bisa membagikan kartu nama kepada pihak lain. Pastikan kartu nama itu mencakup alamat website untuk memudahkan peminat mengenal usaha Anda. Ini tidak kalah penting karena pada saat pihak lain teringat akan produk dan ingin memeriksanya mereka dapat melihat alamat website di kartu nama yang Anda berikan.

Itu sebabnya penting untuk sebuah website toko online memiliki layanan konsumen yang baik.

Aspek Tambahan Penting

Masih ingatkan penulis menyinggung soal kehadiran usaha offline? Ini merupakan kisah pelaku usaha tiket online yang memanfaatkan media facebook untuk berjualan tiket online.

Dalam prakteknya, semua calon pembeli selalu menanyakan alamat kantor dan untuk mereka yang ingin bertransaksi memilih bertemu langsung sebelum membayar.

Itu sebabnya jika Anda sudah memiliki eksistensi dalam usaha offline, kondisi itu akan menjadi keuntungan tambahan saat memutuskan untuk hadir dengan website toko online.

Secara psikologis, calon konsumen akan lebih percaya dengan website toko online yang juga memiliki toko di dunia nyata, tentu saja ini menjadi maklum karena resiko yang ada dalam interaksi online. Untuk yang baru merintis sebuah toko online kecil-kecilan, pertimbangan ini sangatlah krusial untuk meningkatkan kepercayaan dan kenyamanan konsumen sebelum memutuskan bertransaksi melalui website toko online Anda.

Pakai Jasa Membuat Website Toko Online vs Membuat Website Toko Online Sendiri

Sebelum memutuskan untuk pakai jasa orang lain atau buat sendiri website toko online Anda periksalah tingkat kesulitan, kesiapan biaya dan reputasi penyedia jasa yang akan digunakan.

Kedua opsi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keuntungan utama pakai jasa pihak lain adalah kepraktisannya sehingga Anda bisa fokus kepada hal lainnya. Keuntungan utama kerjakan sendiri adalah Anda bisa berhemat biaya sekaligus menambah ilmu.

Penulis yakin tidak sedikit rekan pembaca yang memilih untuk membuat sendiri website toko onlinenya. Sebelum Anda memutuskan untuk membuat sendiri, perlu dipahami seberapa mudah membuat website toko online sendiri itu dan berapa biaya minimal yang bisa muncul.

Komponen Penting Website Toko Online

  • Nama domain dan hosting
  • Template profesional premium
  • Responsive (untuk penangkap pengunjung yang memakai gadget mobile)
  • Ada kalkulasi JNE (untuk cek biaya kirim secara instan langsung dari website Anda)
  • Konten website
  • Fitur Sidebar (untuk menampilkan info penting)
  • Menu (untuk info cara pemesanan, bayar, alamat usaha, dan lainnya)

Nama domain premium biasa dipaketkan dengan hosting premium. Hal ini penting untuk menunjukkan keseriusan Anda dalam menjalankan usaha online. Saat ini banyak penyedia web hosting di Indonesia, Anda hanya perlu untuk memeriksa mana yang memiliki reputasi baik dimata pengguna.

Berdasarkan webhostingterbaik.org, 3 hosting teratas Indonesia saat ini menawarkan harga berikut:

  • Artdetamedia. Biaya hosting yang ditawarkan adalah Rp 139.000 per tahun dengan tawaran tanpa batas. Paket hosting gratis domain ditawarkan mulai Rp 249.000 / bulan sampai Rp 349.000 / bulan
  • Niagahoster. Biaya nama domain ditawarkan seharga Rp 115.000 per tahun. Webhosting ditawarkan dengan harga mulai Rp 14.900 / bulan sampai Rp 54.950 / bulan bonus nama domain gratis.
  • Nusantarahost. Paket biaya hosting bonus nama domain ditawarkan mulai dari Rp 40.000 / bulan sampai Rp 80.000 / bulan

Bagaimana dengan penulis? Penulis sendiri sudah menggunakan layanan hosting luar negeri tanpa paket domain. Untuk hosting memakai hostgator dengan biaya $147 / 2tahun, dan nama domain dari wordpress.com $27 / tahun. Sangat tertarik untuk beralih ke lokal karena harganya sangat kompetitif namun karena tidak begitu mahir teknologi memutuskan untuk tetap pada web hosting sebelumnya karena memang tidak ada masalah berarti selama ini.

Template profesional tidak kalah pentingnya untuk dipilih. Apalagi sekarang ini tidak sedikit template premium yang sudah memiliki struktur SEO Friendly sekaligus responsive. Baik penyedia lokal maupun luar negeri tersedia untuk template website toko online.

Untuk penyedia template website toko online lokal salah satunya ada oketheme dengan harga yang ditawarkan mulai Rp 250.000 sampai Rp 340.000 gratis update selamanya. Untuk penyedia luar negeri ada mythemeshop yang ditawarkan mulai dari $19 sampai $69 per tahun. Ulasan template mythemeshop bisa baca 3 template toko online premium.

Pilih template yang mana? Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah support yang diberikan jika Anda punya kendala. Selanjutnya adalah update template yang diberikan. Template harus selalu update untuk memastikan pengalaman berbelanja pengunjung yang positif. Selanjutnya adalah cara pembayaran. Untuk provider luar tentu saa cara pembayaran transfer bank akan menyulitkan. Cara ini akan teratasi jika Anda membeli template premium dari provider lokal.

Template premium saat ini sudah selayaknya berteknologi responsive. Artinya tampilan akan selalu bagus melalui beragam media gadget yang ada (smartphone, tablet, PC, atau laptop). Jika template premium pilihan Anda belum responsive pertimbangkanlah kembali keputusan Anda untuk membelinya. Pilihlah yang responsive karena pengguna gadget mobile semakin meningkat setiap tahunnya, merekalah calon konsumen website toko online Anda.

Kalkulasi biaya pengiriman. Calon konsumen perlu mengetahui dengan mudah berapa biaya kirim suatu produk yang dilihatnya pada sebuah toko online. Dengan demikian keputusan pembelian dapat dilakukan secara sadar dan yakin. Inilah kenapa penting bagi Anda untuk memberikan informasi ini secara instan dan cepat.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu copy paste code berikut ini:

Lacak resi <b>JNE</b> di sini<br />
<form action=”http://www.jne.co.id/index.php” method=”get” name=”input” target=”_new2″>
<input name=”mib” value=”tracking.detail” type=”hidden” />
<input name=”awb” size=”14″ style=”border:1px solid #b2b2b2;margin-bottom:-20px;width:120px;padding:5px;border-radius:0px;” type=”text” />
<input value=”Cek” style=”border:1px solid #DC3F3F;padding:4px;border-radius:0px;font-weight:bold;background:#EE5858;color:#fff” type=”submit” /></form>
Lacak resi <b>TIKI</b> di sini:
<br />
<form method=”post” action=”http://www.tiki-online.com/tracking/track_single” name=”input” target=”_blank”><input id=”TxtCon” name=”TxtCon” size=”14″ style=”border:1px solid #b2b2b2;margin-bottom:-20px;width:120px;padding:5px;border-radius:0px;” type=”text” />
<input id=”button” name=”button” value=”Cek” style=”border:1px solid #DC3F3F;padding:4px;border-radius:0px;font-weight:bold;background:#EE5858;color:#fff” type=”submit” /></form>
Lacak resi <b>POS Indonesia</b>:
<form method=”get” action=”http://www.posindonesia.co.id/home/modules/mod_search/tmpl/libs/lacakk1121m4np05.php” name=”input” target=”_blank”><input name=”barcode” size=”14″ style=”border:1px solid #b2b2b2;margin-bottom:-20px;width:120px;padding:5px;border-radius:0px;” type=”text” />
<input value=”Cek” style=”border:1px solid #DC3F3F;padding:4px;border-radius:0px;font-weight:bold;background:#EE5858;color:#fff” type=”submit” /></form>

Caranya buka halaman dashboard, dan masuk ke bagian html, dan copy paste kode diatas. Tampilannya akan seperti ini:

Lacak resi JNE di sini



Lacak resi TIKI di sini:


Lacak resi POS Indonesia:


Mudah bukan?

Bagaimana dengan konten website? Kunci utama toko online adalah calon pembeli ingin memiliki gambaran sejelas-jelasnya akan produk yang akan dibelinya. Cobalah lihat toko online-toko online besar lain, catat informasi produk apa saja yang mereka tampilkan kepada pengunjung, terapkan hal yang sama. Toko online besar memiliki biaya marketing yang besar sehingga mereka menciptakan standar toko online kepada banyak calon konsumen online. Saat calon konsumen tiba di website toko online Anda secara tidak sadar konsumen akan membandingkan informasi produk yang ada di toko online Anda dengan toko online besar tadi.

Konten utama adalah gambar dan keterangan produk. Calon pembeli ingin melihat ilustrasi produk yang akan dibeli sekaligus mendapatkan masukan informasi sebanyak mungkin untuk menghindari kerugian sebagai resiko dari toko online. Semakin detil informasi produk yang disajikan, semakin besar peluang website toko online Anda memberikan kepuasan layanan konsumen. Sebuah foto produk dapat diambil dengan kamera DSLR atau kamera digital berpixel tinggi untuk diupload ke website toko online Anda.

Perlu tidaknya sebuah blog Andalah yang tentukan. Kehadiran sebuah blog bisa bermanfaat sekaligus menjadi beban tambahan. Bermanfaat karena website toko online berpeluang mendapatkan lebih banyak pengunjung dari mesin pencari, beban tambahan karena blog harus dirawat secara terus menerus.

Fitur sidebar bisa menjadi media marketing onpage yang sangat ampuh. Anda bisa memberikan link dengan mudah di bagian sidebar untuk informasi beberapa produk yang paling laris bulan ini, banyak dilihat, informasi diskon, baru launching dan pendaftaran email newsletter.

Menu tambahan lain yang penting adalah alamat usaha Anda, informasi cara pemesanan sampai informasi kontak komunikasi atau layanan chat langsung (jika ada). Bisa saja muncul biaya tambahan untuk menciptakan mekanisme pembayaran online secara instan di website toko online Anda. Namun cara ini bisa disiasati juga dengan memberi penjelasan cara pembayaran/pemesanan didukung kontak telepon khusus 24 jam.

Siap Coba Cara Membuat Website Toko Online Sendiri?

Jika sudah demikian biaya paling minimal untuk membuat website toko online sendiri setidaknya adalah biaya hosting dan biaya template profesional.

3 Comments

  1. shiq4 Desember 10, 2016
    • Okto Desember 10, 2016
  2. fajar Desember 12, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+