Makanan Untuk Anak Batuk Pilek


Makanan untuk anak batuk tentu penting diketahui para orang tua. Wajar saja karena orang tua pasti khawatir jika anaknya mengalami sakit batuk pilek. Istirahat anak akan terganggu pastinya karena gangguan kesehatan ini.

Pilihan utama para orang tua kebanyakan adalah obat. Selain mengkonsumsi obat tidak ada salahnya memahami makanan yang akan mempercepat penyembuhan melalui pemulihan keshatan anak. Nah jika berminat, berikut ini makanan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak melawan virus penyebab batuk pilek.

Stroberi, Jeruk dan Tomat

Para ahli sebenarnya belum sepakat jika mengkonsumsi vitamin C dosis tinggi akan berdampak signifikan pada gejala batuk pilek. Beberapa studi menunjukkan jika mengonsumsi vitamin C dapat membantu mencegah munculnya flu dan demam.

Studi lebih lanjut memang menunjukkan bahwa ada keuntungan menyehatkan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya vitamin C. Dosisnya 3 sendok atau lebih setiap hari (karena tubuh tidak bisa menyimpan vitamin C maka penting untuk terus memperbarui asupan vitamin C setiap hari). Asupan vitamin C ini akan berguna untuk meningkatkan imunitas.

Resepnya adalah untuk menerima vitamin C bersama makanan ketimbang sebagai suplemen. Oleh karenanya masukanlah makanan yang kaya kandungan vitamin C seperti brokoli, jeruk, tomat dan stroberi.

Baca juga: Cara Menurunkan Kolesterol

Sup Ayam

Riset medis menujukkan jika sup ayam akan menekan inflamasi yang menyebabkan banyak gejala demam. Semangkuk sup ajaib ini juga menipiskan sekresi lendir sehingga kepadatan lendir di hidung, dada dan tenggorokan dapat dikurangi. Tambahan mi dan sayuran akan meningkatkan khasiat penyembuhan sup ayam karena karbohidrat akan membantu meningkatkan energi. Sayuran akan meningkatkan nutrisi sup yang juga meningkatkan imunitas tubuh melawan penyakit. Sup ayam bisa menjadi makanan untuk anak batuk pilek yang sangat bagus.

Daging Tanpa Lemak

Kandungan zat besi sangat penting untuk kekuatan sistem imunitas tubuh. Cara paling efisien untuk menjaga asupan zat besi adalah dengan mengkonsumsi daging tanpa lemak. Tidak hanya memberikan asupan zat besi yang mudah diserap tubuh, daging jenis ini juga mengandung zinc, zat mineral yang melawan infeksi. Jika bersin-bersin sudah melanda konsumsilah daging merah tanpa lemak, ikan atau kerang untuk melawan virus itu.

Teh Hijau

Masyarakat China telah meyakini sungguh-sungguh akan khasiat teh hijau dan studi modern mendukung hal tersebut. Teh hijau mengandung anti oksidan yang akan memperbaiki sistem imunitas yang sedang diserang penyakit. Tidak hanya mencegah flu dan demam, sistem imunitas juga menghasilkan lebih banyak sel untuk melawan bakteri dan virus penyebab penyakit.

Perlu diingat jika teh hijau mengandung kafein. Jadi jika ingin memberikan teh hijau kepada anak, cukup secangkir sehari dosisnya.

Bawang Putih

Kandungan antioksidan yang tinggi dari bawang putih diyakini menjadi antivirus sehingga berkhasiat mencegah flu dan mengurangi durasi flu. Kandungan berminyak “allicin” (yang memberikan bau khas bawang putih) akan melawan flu.

Bawang putih tidak perlu dikonsumsi mentah untuk mendapatkan khasiatnya. Bawang putih dalam bentuk bubuk, minyak dan ekstrak punya khasiat yang sama. Tidak perlu menjadi maniak bawang putih agar terhindar dari batuk pilek. Satu siung sehari sudah cukup untuk menjauhkan obat dari tubuh.

Madu

Madu bukanlah makanan yang aneh. Rasanya yang manis membuat banyak anak menyukainya. Studi menujukkan jika madu dapat mengurangi batuk dengan melapisi tenggorokan dan mendinginkan iritasi.

Faktanya, madu lebih efektif ketimbang obat batuk. Ingin berikan madu sebagai makanan untuk anak batuk pilek? Ingatlah bahwa anak di bawah 12 bulan tidak boleh mengkonsumsi madu karena resiko botulisme bayi.

Baca juga: Cara Merubah Pola Pikir Menjadi Positif

Siap Sediakan Makanan Untuk Anak Batuk Pilek?

Itulah rekomendasi makanan untuk anak batuk pilek yang dapat diberikan. Tentu saja pilihan ada di orang tua apakah memilih pengobatan atau memilih jalur alternatif dengan makanan berkhasiat menyehatkan ini. Semoga anak Anda lekas sembuh dari batuk pileknya.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+