Cara Menurunkan Kolesterol


Cara menurunkan kolesterol ini bisa jadi solusi untuk kamu yang sedang pusing memikirkan hasil cek kolesterol.

Kolesterol merupakan zat alami yang diproduksi oleh hati dan dibutuhkan tubuh agar sel, saraf dan hormon dapat berfungsi dengan normal.

Kolesterol ini berpindah dalam lemak asam di pembuluh darah (juga dinamakan plak), dapat membentuk sebuah dinding arteri mengurangi aliran darah ke wilayah vital tubuh.

Jika plak ini terus terbentuk secara jangka panjang akan meningkatkan resiko stroke atau serangan jantung.

Secara normal, kolesterol diproduksi secara berimbang. Namun demikian konsumsi berlebih lemak terhidrogenasi dan karbohidrat olahan akan merusak keseimbangan tersebut. Ketidakseimbangan itu akan terbentuk dalam naiknya LDL (kolesterol jahat) dan berkurangnya HDL (kolesterol baik) yang meningkatkan resiko stroke atau serangan jantung. Selain itu juga kondisi ini diyakini menyebabkan terjadinya stress, diabetes dan hipotiroidisme.

Sebagaimana diketahui dalam ilmu kedokteran ada setidaknya 3 lipoprotein dalam darah kita yang penting untuk kesehatan yaitu LDL (Low Density Lipoproteins), HDL (High Density Lipoproteins) dan Triglycerides. LDL dikenal sebagai kolesterol jahat karena kandungannya tinggi kolesterol dan rendah protein.

HDL kebalikannya, tinggi protein dan rendah kolesterol. Itu sebabnya dikenal dengan kolesterol baik. Triglycerids merupakan lipid terpisah dalam aliran darah yang memberikan jalan bagi tubuh menyimpan energi berlebih, namun jika terlalu tinggi hal itu juga tanda bahaya.

Kolesterol Normal

Lipid akan menyediakan informasi tes darah terkait tingkat kolesterol dan triglycerides dalam aliran darah. Inilah yang diyakini kebanyakan komunitas kesehatan nilai normal rasio kolesterol LDL terhadap HDL sekitar 2:1

Kolesterol Total

Di bawah 200mg/dL : normal

200 – 239 mg/dL : batas atas

240 mg/dL ke atas: tinggi

LDL Kolesterol

Di bawah 70 mg/dL : ideal untuk orang yang sangat beresiko sangat tinggi terkena serangan jantung

Di bawah 100mg/dL: ideal untuk orang yang beresiko biasa terhadap serangan jantung

100-129 mg/dL: mendekati ideal

130-159 mg/dL: batas atas

160-189 mg/dL: tinggi

190 mg/dL ke atas: sangat tinggi

HDL Kolesterol

Di bawah 40 mg/dL (pria) di bawah 50 mg/dL (wanita): rendah

50-59 mg/dL: cukup

60 mg/dL: baik

Triglycerides

Di bawah 150mg/dL: Dianjurkan

150-199 mg/dL: batas atas

200-499 mg/dL: tinggi

500mg/dL ke atas: sangat tinggi

Asosiasi Kesehatan Amerika Serikat merekomendasikan jika tingkat triglyceride 100mg/dL atau lebih rendah sebagai optimal.

Cara Menurunkan Kolesterol dengan Makanan

Jika kamu ingin menurunkan kolesterol, diet adalah kuncinya. Berikut ini adalah makanan dan nutrisi utama yang dapat menurunkan kolesterol secara alami:

Lemak Omega 3. Makanan yang kaya kandungan lemak omega 3 dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Makanan kaya serat larut. Serat larut ini akan mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan sehingga terbuang oleh tubuh. Makanan serat larut ini mencakup buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan makanan kaya serat lainnya.

Minyak zaitun. Minyak ini akan membantu meningkatkan kolesterol HDL.

Bawang putih dan bawang merah. Makanan penurun kolesterol ini akan membantu menurunkan kolesterol LDL karena kandungan sulfurnya membantu membersihkan arteri (pembuluh darah).

Rempah. Beberapa rempah seperti  kemangi dan kunyit mengandung antioksidan yang melindungi jantung dan menurunkan kolesterol secara alami.

Makanan Yang Menaikan Kolesterol

Secara tidak sadar, bisa saja asupan makanan kamu setiap hari malah meningkatkan kadar kolesterol. Untuk mengidentifikasinya, berikut ini makanan yang menaikan kolesterol dalam tubuh kamu:

Gula dan karbohidrat olahan. Kedua jenis makanan ini akan menstimulasi hati untuk memproduksi lebih banyak kolesterol dan meningkatkan inflamasi.

Alkohol. Bagi kamu yang suka alcohol, minuman ini akan menstimulasi hati memproduksi kolesterol lebih banyak, meningkatkan kandungan kolesterol dan inflamasi.

Lemak hidrogenasi. Minyak sayur akan merangsang inflamasi dan dapat meningkatkan kolesterol.

Kafein. Kadar kafein terlalu banyak dapat meningkatkan kolesterol. Batasi teh atau kopi tidak lebih dari 1 sampai 2 cangkir sehari.

Lemak jenuh. Lemak jenis ini akan meningkatkan kolesterol LDL, inflamasi dan resiko penyakit kardiovaskular.

5 Pengobatan Penurun Kolesterol yang Utama

Mengkonsumsi suplemen makanan yang tepat dan pengobatan alami dapat membantu menurunkan kolesterol dikombinasikan dengan diet sehat.

#1 Minyak Ikan (1000mg sampai 2000 mg per hari)

Kandungan DHA dan EPA (lemak omega 3) yang terkandung dalam minyak ikan membantu menurunkan kadar kolesterol secara keseluruhan

#2 CoQ10 (200 sampai 300 mg per hari)

Jika kamu dalam pengobatan kolesterol, konsumsi CoQ10 setiap hari karena pengobatan ini menurunkan enzim penting tersebut.

#3 Niacin (1500mg per hari)

Niacin atau vitamin B3 menurunkan kolesterol LDL sampai 25% dan meningkatkan kolesterol baik sampai 35%

#4 Nasi Ragi Merah

Nasi ini akan menurunkan kolesterol sampai 32%. Gabungkan dengan CoQ10 untuk mencegah defisiensi.

#5 Bawang (500mg per hari)

Meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan total kolesterol

Latihan untuk Menyeimbangkan Kolesterol

Latihan dengan beban dapat meningkatkan HGH (hormon pertumbuhan manusia) yang dapat memperbaiki kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol LDL.

Minyak Penting untuk Kolesterol

Minyak esensial lavender terbukti menurunkan tingkat kolesterol karena menurunkan emosi stress. Minyak cemara juga menurunkan kolesterol karena memperbaiki sirkulasi. Minyak rosemary menurunkan kolesterol karena kandungan unik antioksidannya.

Siap Terapkan Cara Menurunkan Kolesterol

Itulah kesemua cara menurunkan kolesterol. Pastikan kamu bookmark informasi ini agar bisa menjadi panduan pribadi kamu dalam melawan kolesterol jahat dalam tubuh. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+