Dosis Kopi Yang Menyehatkan Tubuh


Meminum kopi setiap hari satu cangkir ternyata masih kurang apalagi jika Anda ingin mendapatkan efek kesehatannya.

Hal itu dikarenakan hasil penelitian terkini yang mengungkap jika minum kopi sampai 3-4 cangkir kopi setiap hari sangat baik untuk tubuh.

Ahli menunjukan jika kemungkinan kematian di usia muda bagi penikmat kopi mengecil 17% dibandingkan mereka yang tidak rutin minum kopi atau sama sekali tidak minum kopi.

Peneliti juga menemukan bahwa resiko terkena penyakit jantung akan menurun 15%, resiko alzeimer menurun 25% dan resiko penyakit hati melebihi 30%.

Tidak hanya itu, resiko peminum kopi yang rutin untuk diserang kanker juga menurun 18% dibandingkan mereka yang tidak sering minum kopi.

Konsumsi kopi dengan dosis yang tepat juga sanggup menurunkan resiko serangan diabetes tipe 2 sampai lebih dari 30%.

Peringatan Akan Dosis Konsumsi Kopi

Terlepas dari khasiat kopi itu, peneliti memberikan peringatan jika dosis kopi terlalu banyak akan membahayakan kehamilan dan masalah fraktur tulang pada perempuan.

Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Southampton terhadap 218 studi.

Penelitian itu meyakini jika, senyawa alami yang terkandung dalam kopi berguna untuk meningkatkan kesehatan melalui peningkatan fungsi hati dan penguatan sistem imunitas tubuh.

Studi ini telah dipublikasikan British Meica Journal dengan kesimpulan jika beberapa cangkir rutin setiap hari, maka lebih banyak keuntungan yang akan didapat dibanding kerugian asalkan dosisnya tepat.

Konsumsi kopi pada umumnya akan menyehatkan jika dosisnya tepat. Sesuai riset itu, dosis yang tepat itu adalah 3 sampai 4 cangkir setiap harinya.

Di negara Inggris, sebanyak 55 juta cangkir kopi dikonsumsi setiap harinya.

Seorang dokter bernama Oyinola Oyebode, sebagai Associate Professor pada University of Warwick mengungkap kesimpulan jika konsumsi kopi pada sebuah dosis sedang tidak hanya aman melainkan juga akan memberi dampak menyehatkan.

Manfaat menyehatkan ini khususnya akan dirasakan bagi mayoritas orang dewasa penyuka kopi.

Baca: Cara Menurunkan Kolesterol

Hasil studi ini dikatakan sebagai temuan besar yang pernah diterapkan untuk meneliti kaitan kesehatan dengan minum kopi. Peneliti dari Southhampton University, Dr Julie Pakres mengatakan jika senyawa biologis dalam kopi cenderung memberikan efek perlindungan. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi para penyuka kopi.

Riset ini menunjukan jika konsumsi kopi lebih banyak keuntungannya ketimbang bahayanya.

Dr Amelia Lake yang terafiliasi dengan Public Health Nutrition pada Teeside University menyatakan jika kopi sesungguhnya dapat menjadi menu penyeimbang dalam makanan untuk tujuan kesehatan.

Baca: Cara Diet Tanpa Olahraga dan Mengurangi Makan

Satu hal penting perlu diingat adalah tambahan kadar gula pada kopi. Sebaiknya kopi dikonsumsi tanpa gula. Ini karena kadar gula berlebihan pada kopi akan meningkatkan resiko obesitas mereka yang mengkonsumsinya.

Terapkan Dosis Kopi Yang Menyehatkan Tubuh

Nah itulah dosis kopi yang menyehatkan tubuh. Bagi Anda penyuka kopi tentu ini kabar gembira bukan? Jangan lupa ya, jangan tambahkan gula atau pemanis berlebih agar kopi kesukaan tidak menimbulkan masalah berat badan.

 


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+