Cara Diet Tanpa Olahraga dan Mengurangi Makan


Masalah berat badan memang terkadang membuat pusing tujuh keliling banyak orang termasuk kamu. Maklum saja godaan makanan lezat, rasa lapar dan minim waktu berolahraga membuat banyak orang kecewa dengan hasil diet yang didapatkan.

Nah untung buat kamu menemukan ulasan ini. Sebenarnya ada sebuah cara yang didukung ilmu pengetahuan bahwa cara diet tanpa olahraga dan mengurangi makan itu bisa dilakukan. Pastikan kamu bookmark informasi ini di smartphone kamu agar bisa jadi panduan pribadi kamu. Apa saja?

#1 Tambahkan Protein Dalam Diet Kamu

Saat kamu menyoal diet maka protein itu rajanya nutrisi.

Tubuh kamu akan membakar kalori saat mencerna dan mengolah protein yang kamu makan. Jadi … menu diet kaya protein dapat meningkatkan metabolism sampai pembakaran 80 – 100 kalori per harinya.

Diet kaya protein juga akan membuat kamu merasa kenyang sehingga mengurangi selera makan. Faktanya, beberapa studi menunjukkan jika orang yang menjalani diet protein akan memakan 400 kalori lebih rendah per hari dari porsi umum.

Bahkan suatu hal sederhana seperti memakan sarapan protein tinggi (seperti telur) dapat memberikan dampak signifikan dalam menurunkan berat badan.

#2 Konsumsi Makanan Segar

Salah satu hal terbaik untuk hidup sehat adalah menjadikan makanan segar sebagai basis diet. Dengan cara ini kamu akan mengurangi gula, tambahan lemak dan makanan olahan.

Kebanyakan makanan segar memiliki kandungan kalori dalam jumlah wajar. Lebih jauh lagi, makanan segar akan memberikan tubuh banyak nutrisi penting yang dibutuhkan agar tetap fit dan bugar.

#3 Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan umumnya mengandung tambahan gula, lemak dan kalori. Lebih parah lagi, makanan olahan memang terbuat untuk dikonsumsi dalam jumlah besar. Itu sebabnya makanan olahan cenderung memiliki dampak “candu” ketimbang makanan segar.

#4 Simpan Persediaan Makanan dan Camilan Sehat

Sebuah studi menunjukan jika makanan yang kamu simpan di rumah secara signifikan mempengaruhi berat badan dan perilaku makan. Dengan membiasakan diri menyimpan makanan sehat, kamu mengurangi resiko pribadi ataupun anggota keluarga memakan makanan tidak sehat.

Ada banyak makanan dan camilan sehat yang mudah disiapkan. Beberapa diantaranya seperti yogurt, buah-buahan, kacang-kacangan, wortel sampai telur rebus.

#5 Batasi Konsumsi Tambahan Gula

Mengkonsumsi tambahan gula berlebihan memiliki kaitan erat dengan penyakit populer di dunia seperti jantung, diabetes tipe 2 dan kanker.

Rata-rata, orang mengkonsumsi gula sekitar 15 sendok teh per harinya. Gula sebanyak itu tersembunyi dalam beragam makanan olahan. Jadi kamu bisa jadi mengkonsumsi banyak gula secara tidak sadar.

Sejak gula itu banyak sekali namanya sebagai bahan makanan, sulit sekali untuk mengetahui berapa banyak gula yang ada dalam kandungan makanan olahan.

Mengurangi asupan tambahan gula merupakan cara terbaik untuk meraih hasil diet yang positif.

#6 Meminum Air Mineral

Memang benar adanya sebuah ungkapan meminum air dapat membantu menurunkan berat badan.

Meminum air sebanyak 0,5 liter dapat meningkatkan pembakaran kalori sebanyak 24 – 30% satu jam setelahnya.

Meminum air sebelum makan juga akan mengurangi asupan kalori khususnya untuk mereka yang sudah paruh baya atau sudah tua.

Air sangat baik untuk menurunkan berat badan saat menggantikan minuman jenis lain yang kandungan gula atau kalorinya tinggi.

#7 Minum Kopi (Tanpa Pemanis)

Untungnya sudah banyak orang menyadari bahwa kopi itu minuman sehat yang mengandung antioksidan tinggi dan kandungan bermanfaat lainnya.

Meminum kopi dapat membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan energi dan pembakaran jumlah kalori.

Kopi dengan kafein akan meningkatkan metabolism sebesar 3-11% dan mengurangi resiko serangan diabetes tipe 2 sampai 23-50%.

Kopi hitam bahkan diakui sebagai sahabat diet karena akan membuat perut kenyang dengan kandungan kalori “nol”

#8 Suplemen Makanan Mengandung Glucomannan

Glucomannan lazim digunakan dalam bentuk pil untuk diet yang terbukti khasiatnya. Zat kaya serat ini berasal dari akar konjac (suweg atau nama latinnya amorphophallus paeoniifolius) yang masih kerabat dekat bunga bangkai raksasa.

Glucomannan rendah kalori, mengisi ruang di perut dan menunda perut cepat kosong. Selain itu juga mengurangi penyerapan protein dan lemak sekaligus memberikan makan bakteri baik dalam perut.

Kemampuannya menyerap air yang diyakini glucomannan sangat efektif untuk diet. Satu kapsul glucomannan mampu mengubah satu gelas air menjadi gel.

#9 Hindari Kalori Cair

Kalori cair datang dari beragam minuman seperti soft drink, jus kemasan, susu cokelat dan minuman energi. Minuman ini berdampak buruk untuk kesehatan dalam banyak segi termasuk meningkatkan kemungkinan obesitas. Sebuah studi menunjukkan peningkatan drastis 60% obesitas pada anak untuk penyajian minuman dengan gula tambahan setiap hari.

Penting juga untuk mengingat jika otak kita tidak mengingat kalori cair seperti halnya kalori padat, jadi kamu akan menambahkan kalori cair lebih dari seharusnya.

#10 Batasi Konsumsi Karobihdrat Olahan

Karbohidrat olahan merupakan karbohidrat yang sudah dihilangkan kandungan fiber dan nutrisi menguntungkan lainnya. Proses pengolahan telah menghilangkan semuanya kecuali karbohidrat yang mudah dicerna yang dapat meningkatkan resiko makan berlebih dan penyakit.

Sumber diet utama dari karbohidrat olahan yang alami adalah tepung putih, roti putih, beras putih, gula, pasta, sereal dan gula tambahan.

#11 Puasa Kadang-Kadang

Maksudnya pola makan yang berjalan antara masa puasa dan makan. Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini salah satunya makan-berhenti-makan.

Secara umum metode ini akan membuat kamu mengurangi konsumsi kalori tanpa membatasi kalori selama masa makan. Aktivitas ini akan mengarah pada penurunan berat badan dan banyak keuntungan menyehatkan lainnya.

#12 Minum Teh Hijau (tanpa gula)

Teh hijau merupakan minuman alami yang kaya antioksidan.

Meminum teh hijau erat kaitannya dengan banyak manfaat seperti meningkatkan pembakaran lemak dan penurunan berat badan.

Teh hijau juga akan meningkatkan penggunaan energi sebanyak 4% dan meningkatkan pembakaran lemak secara selektif sebanyak 17% khususnya lemak di bagian pinggang.

Teh Hijau Matcha merupakan jenis teh hijau yang memiliki khasiat kesehatan terbaik dibandingkan teh hijau biasa.

#13 Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran sangatlah menyehatkan dan sahabat utama diet.

Sebagai tambahan akan kaya cairan, nutrisi dan serat, makanan ini juga rendah energi. Itu sebabnya aman mengkonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah besar karena kalorinya sangat rendah.

Studi menunjukkan bahwa orang yang banyak memakan buah dan sayuran cenderung terhindar dari masalah berat badan.

#14 Menghitung Kalori Sesekali

Menyadari apa yang kita makan sangatlah membantu saat sedang menjalani diet.

Ada beberapa cara efektif untuk melakukan hal ini termasuk menghitung kalori, membuat catatan makanan, sampai mengambil foto apa yang kita makan.

Menggunakan alat bantu mungkin lebih memudahkan ketimbang menulis catatan makanan

#15 Pakai Piring Ukuran Kecil

Beberapa studi menunjukkan jika menggunakan piring kecil membantu kita memakan lebih sedikit karena membantu bagaimana kita melihat porsi makanan.

Orang cenderung memenuhi piring dengan cara yang sama terlepas dari ukuran piringnya. Jika sudah demikian, akan lebih banyak makanan dihadapan mata jika ukuran piringnya besar.

Menggunakan piring kecil membantu kamu makan lebih sedikit sambil memberi keyakinan bahwa kamu sudah cukup makan.

#16 Coba Diet Rendah Karbohidrat

Banyak studi menunjukkan jika diet rendah karbohidrat sangat efektif untuk diet.

Membatasi karbohidrat dan memakan lebih lemak dan protein akan mengurangi nafsu makan dan membantu kamu makan lebih sedikit kalori.

Ini akan membantu penurunan berat badan 3 kali lebih besar ketimbang diet standar rendah lemak.

#17 Makan Perlahan

Jika kamu makan terlalu cepat, kamu mungkin makan terlalu banyak kalori sebelum tubuh menyadari kamu sudah kenyang.

Mereka yang makan cepat akan lebih rentan terhadap obesitas dibandingkan mereka yang makan perlahan.

Mengunyah makanan perlahan membantu kamu memakan lebih sedikit kalori dan meningkatkan produksi hormon yang terhubung dengan penurunan berat badan.

#18 Ganti Lemak dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa kaya lemak yang dikenal dengan nama medium chain triglycerides yang dicerna berbeda dibandingkan lemak jenis lainnya.

Studi menunjukkan jika lemak jenis ini mampu meningkatkan metabolism sekalipun mengkonsumsi kalori sedikit.

Minyak kelapa cenderung berguna dalam mengurangi lemak jahat di bagian perut dan pinggang.

Ingatlah bahwa ini bukan berarti kamu harus menambahkan lemak jenis ini dalam diet namun gantilah beberapa sumber asupan lemak lain dengan minyak kelapa.

#19 Tambahkan Telur dalam Menu Diet

Telur merupakan makanan teratas dalam diet. Makanan ini murah, rendah kalori tinggi protein dan kaya nutrisi penting untuk tubuh.

Makanan tinggi protein terbukti mengurangi nafsu makan dibandingkan makanan yang kandungan proteinnya rendah.

Memakan telur untuk sarapan cenderung memberi efek penurunan berat badan sampai 65% lebih besar dalam 8 minggu ketimbang memakan roti saat sarapan. Sarapan telur juga membantu kamu makan lebih sedikit kalori sepanjang hari.

#20 Beri Rasa Pedas

Merica dan jalapenos mengandung zat bernama capsaicin yang dapat meningkatkan metabolism dan meningkatkan pembakaran lemak.

Capsaicin juga dapat mengurangi nafsu makan dan asupan kalori

#21 Konsumsi Probiotic

Probiotic merupakan bakteri hidup yang punya manfaat menyehatkan. Bakteri jenis ini mampu memperbaiki kemampuan pencernaan yang sehat dan kesehatan jantung dan mampu menurunkan berat badan.

Studi menunjukan jika masalah berat badan yang dialami seseorang cenderung karena minimnya kandungan bakteri probiotic dibandingkan mereka yang bertubuh langsing.

Probiotic dapat membantu mengatur bakteri sehat. Selain itu juga menghentikan penyerapan lemak sambil mengurangi nafsu makan dan inflamasi.

Dari semua jenis bakteri probiotic, lactobacillus gasseri menunjukan dampak paling menjanjikan untuk tujuan diet.

#22 Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup sangatlah penting untuk menurunkan berat badan sama pentingnya untuk mencegah kenaikan berat badan di masa mendatang.

Studi menunjukkan bahwa orang yang kesulitan tidur memiliki resiko 55% lebih besar untuk terkena obesitas dibandingkan mereka yang cukup tidur. Angkanya akan semakin besar untuk anak-anak.

Hal ini karena kurang tidur menggangu fluktuasi rutin atas hormone nafsu makan mengarah pada pengaturan nafsu makan yang kurang baik.

#23 Makan Serat Lebih Banyak

Makanan kaya serat akan membantu menurunkan berat badan.

Makanan yang mengandung serat penyerap air akan sangat membantu karena serat itu akan meningkatkan rasa kenyang.

Serat dapat menunda perut kosong dan mendukung pelepasan hormong kenyang.

Akhirnya, kondisi ini akan membuat kamu makan lebih sedikit secara alami tanpa memikirkannya

Lebih jauh lagi, banyak jenis serat dapat menjadi makanan bakteri baik. Bakteri menyehatkan telah diyakini terhubung dengan penyebab penurunan obesitas.

#24 Sikat Gigi Setelah Makan

Banyak orang menyikat gigi setelah makan dimana hal ini dapat membantu membatasi hasrat untuk ngemil snack atau makan lagi setelah makan.

Ini karena banyak orang tidak merasakan ingin makan setelah menyikat gigi. Ditambah lagi, odol akan membuat makanan terasa aneh di mulut.

Itu sebabnya jika kamu menyikat gigi setelah makan, kamu akan lebih tahan untuk tidak ngemil.

#25 Lawan Kecanduan Makanan

Kecanduan makanan melibatkan perubahan cara berpikir yang membuatnya semakin sulit menahan makanan tertentu.

Hal ini merupakan penyebab makan berlebihan untuk kebanyakan orang. Hal ini juga dialami sebagian besar populasi dunia. Faktanya, sebuah studi tahun 2014 mengungkap jika hampir 20% manusia memenuhi kriteria kecanduan makan.

Beberapa makanan akan menjadi penyebab kecanduan makanan disbanding makanan lainnya. Hal ini mencakup makanan olahan khususnya junk food yang tinggi kandungan gula, lemak atau keduanya.

Cara terbaik untuk mengatasi kecanduan makan adalah dengan mencari bantuan ke ahlinya.

#26 Lakukan Olahraga Jantung

Olahraga jantung pada dasarnya aktivitas rutin seperti jalan, berlari atau mendaki. Aktivitas ini sangat baik untuk membakar kalori sekaligus memperbaiki kualitas mental dan fisik.

Aktivitas ini terbukti memperbaiki banyak resiko penyakit jantung. Selain itu juga mampu menurunkan berat badan.

Aktivitas ini juga sangat efektif dalam mengurangi lemak jahat yang tumbuh disekitar organ tubuh penyebab penyakit metabolism.

#27 Tambahkan Latihan Ketahanan

Hilangnya masa otot merupakan efek samping umum saat melakukan diet.

Jika kamu kehilangan banyak otot, tubuhmu akan mulai membakar lebih sedikit kalori ketimbang sebelumnya.

Dengan melakukan angkat beban rutin, kamu akan mencegah hilangnya masa otot.

Sebagai keuntungan tambahannya, kamu akan terlihat dan merasa lebih baik dengan kebiasaan latihan ketahanan ini.

#28 Gunakan Whey Protein

Kebanyakan orang akan mendapatkan protein cukup dari sebuah diet. Namun demikian, untuk kamu yang kekurangan protein, mengkonsumsi whey protein merupakan cara efektif untuk meningkatkan asupan protein.

Sebuah studi menunjukan bahwa menggantikan kalori dengan whey protein dapat menyebabkan penurunan berat badan signifikan disaat bersamaan meningkatkan masa otot.

Jika ingin mengkonsumsi suplemen whey protein pastikan baca kadungannya karena beberapa jenis ditambahkan dengan gula dan zat kurang sehat lainnya.

#29 Berlatih Kesadaran Makan

Kesadaran makan merupakan sebuah metode untuk meningkatkan kesadaran saat makan.

Hal ini membantu kamu selalu sadar akan pilihan makanan dan mengembangkan kesadaran saat lapar. Kemudian hal ini akan membantu kamu makan secara sehat.

Kesadaran makan telah menunjukkan dampak signifikan terhadap berat badan, perilaku makan, dan tingkat stress pada seorang individu yang terkena obesitas. Hal ini juga sangat membantu bagi pengidap emosi makan (mereka yang melampiaskan pada makanan saat emosi tidak stabil).

Dengan membuat pilihan makanan secara sadar, meningkatkan kesadaran makan dan mendengarkan apa yang tubuh kamu butuhkan, penurunan berat badan akan mengikuti secara alami.

#30 Fokus Mengganti Gaya Hidup

Cara diet tanpa olahraga dan mengurangi makan merupakan cara yang hampir selalu gagal secara jangka panjang. Faktanya, orang yang selalu diet cenderung mengalami kenaikan berat badan.

Ketimbang hanya fokus pada penurunan berat badan, buatlah menjadi fokus untuk mengisi tubuh dengan makanan dan nutrisi sehat.

Makanlah untuk menjadi lebih sehat, lebih bahagia bukan sekedar lebih langsing.

Siap Jalani Cara Diet Tanpa Olahraga dan Mengurangi Makan

Itulah rekomendasi cara diet tanpa olahraga dan mengurangi makan yang siap untuk segera kamu coba. Ingat ya, pastikan untuk bookmark informasi ini agar bisa menjadi panduan pribadi kamu kapanpun rencana diet ingin dilaksanakan.

Semoga sukses mendapatkan penurunan berat badan impian kamu.

 


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+