Cara Memperbaiki Tombol Power iPhone 4S Rusak

  • 2
    Shares

Masalah umum iphone adalah tombol power sejak iPhone 4 muncul di pasaran. Jika Anda ingin tahu cara memperbaiki tombol power iphone 4S rusak maka informasi ini mencoba untuk membahas tahapannya. Sekalipun iphone 4S sudah keluar, tetap saja tidak imun dari kerusakan tombol power. Seiring usia pemakaian, kabel akan menipis dan menyebabkan tombol power menjadi keras dan semakin keras untuk ditekan. Dalam kasus tertentu, tombol power sama sekali tidak punya efek saat ditekan.

Jika masalah ini sepertinya menghinggapi iphone 4s kesayangan Anda, informasi ini akan mengungkap teknik memperbaikinya dengan bantuan alat yang tepat dan kesabaran. Biaya perbaikan sudah seharusnya lebih murah ketimbang membeli iphone baru. Jika Anda tidak ingin memperbaiki sendiri, serahkan pada ahlinya. Namun jika Anda ingin menguasai reparasi iphone 4S, postingan ini akan bermanfaat sekali.

Disclaimer: sebagai bentuk upaya memperbaiki, notordinaryblogger tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada iphone Anda. Perlu diingat juga jika Anda memperbaiki sendiri iphone dengan masa garansi aktif, itu berarti menghilangkan masa garansi aktif itu. Jika Anda merasa tidak nyaman membongkar iphone maka jangan lakukan. Postingan ini bersifat informatif untuk menunjukkan jika cara memperbaiki tombol power iphone 4s itu bisa dilakukan.

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk memperbaiki tombol power iphone 4S

Jika Anda ingin memperbaiki masalah tombol power pada iphone 4S pastikan peralatannya memadai dan memiliki kualitas mumpuni.

  • Kabel flex untuk tombol power
  • Obeng security 5 mata
  • Oben standar Phillips
  • Spudger (semacam obeng berujung datar yang biasa digunakan untuk komponen plastik tanpa membuat rusak selama proses perbaikan)
  • Pisau cukur
  • Alat solder

1 Set Obeng Reparasi Smartphone Multifungsi Rp 64 ribuan

Membuka Chasing Belakang iPhone 4

#1 Menggunakan obeng security, keluarkan 2 baut di semua sisi port penghubung

#2 Letakan di tempat terpisah, kedua baut itu sama ukurannya jadi tidak perlu khawatir tertukar.

#3 Dorong keatas dengan perlahan tutup cashing belakang iphone 4 dengan menekan sedikit di bagian bawah dengan jempol dan geser ke atas.

#4 Selanjutnya angkat tutupnya dan letakan di tempat terpisah.

Keluarkan Baterai dan Klip Landasan

#1 Menggunakan oben phillips, buka kedua baut yang menahan baterai.

#2 Kedua baut ini ukurannya berbeda, jadi pastikan untuk mengingat baut mana di posisi mana. Baut yang berukuran lebih besar ada di bagian bawah.

#3 Ada klip landasan di bawah klip baterai, lokasi baut pertama. Gunakan spudger atau jari untuk membukanya sebelum membongkar klip. Biasanya klik landasan itu bisa loncat jika tidak dibuka lebih dulu. Jika loncat, bisa jadi nanti kesulitan menemukannya jadi sebaiknya pisahkan dulu.

#4 Kemudian gunakan spudger dan di bagian bawah klip baterai, perlahan bongkar ke atas sehingga klipnya muncul.

#5 Sekarng bergeser ke bagian ujung iphone dimana tombol volume berada dan gunakan spudger untuk perlahan membongkar baterai. Baterainya nempel dengan pas jadi lakukan secara perlahan agar baterai tidak bengkok. Jika satu sisi terasa menempel sekali, coba lakukan di sisi lain perlahan. Lakukan berulang sampai baterai terlepas. Saat melakukan ini, pastikan tidak terlalu dekat dengan kabel tombol volume di atasnya.

#6 Jika baterai iphone 4S sudah terlepas, selanjutnya bisa ke tahap selanjutnya.

Buka Papan Perisai Bagian Atas Iphone 4

#1 Menggunakan obeng Phillips, buka keempat baut yang menahan perisai silver bagian atas dan satu baut yang menahan perisai hitam kecil.

#2 Selanjutnya gunakan spudger untuk perlahan mengangkat perisai silver ke atas.

#3 Gunakan spudger untuk mengangkat perisai hitam juga.

#4 Pisahkan kedua perisai dan pastikan bautnya juga tersusun di lokasi berbeda untuk memudahkan pemasangan kembali.

Lepas Klip Papan Kabel Atas dan Buka Kamera Belakang Iphone

Gunakan spudger perlahan lepaskan kabel di bagian atas papan. Semuanya ada 7 kabel. Salah satu kabel terletak di bawah kabel, jadi harus melepas kabel di atasnya dulu sebelum melipatnya kembali untuk membuka kabel pendek di bagian bawah.

Jika sudah membuka semua kabelnya, angkat kamera belakang. Kamera itu hanya tersambung dengan satu kabel.

Lepas sambungan dock

#1 Menggunakan obeng Phillips, lepaskan perisai yang menutup kabel konektor dock di bagian tengah kiri iPhone. Ukuran bautnya berbeda, jadi ingatah setiap baut yang dilepas. Perlahan angkat perisainya dan pisahkan.

#2 Ambil spudger dan perlahan bongkar kabel konektor dock dan kupas bagian belakang seperti ilustrasi. Lakukan ini dengan hati-hati karena ada perekat di bagian bawah kabel. Jangan rusak kabel dengan menariknya terlalu cepat.

#3 Biarkan kabel di posisi itu dan lanjutkan tahap berikutnya.

Bongkar Antena Smartphone

#1 Menggunakan spudger perlahan bongkar koneksi bulat untuk antenna. Benda ini bisa lepas dengan mudah jadi bongkar perlahan.

#2 Benda ini dibungkus klip metal. Perlahan buka klip dan biarkan pada posisi itu.

Lepas Kartu SIM dan Slot nya

Gunakan alat pembuka SIM nya, keluarkan slot SIM dan pisahkan.

Melepas Logic Board

#1 Buka 3 baut di atas, tengah dan bawah kiri logic board dengan obeng Phillips. Baut atas memiliki lapisan perekat, Anda harus mengupasnya. Jika sudah melepasnya, akan terlihat klip landasan emas dibawahnya. Pastikan tidak kehilangan klip itu karena akan dibutuhkan untuk memasang kembali.

#2 Ada dua baut lagi menahan logic board dan perlu dibuka menggunakan obeng berujung datar. Bautnya ada di kanan atas dan bawah logic board.

#3 Sekarang logic board sudah bisa dikeluarkan. Gunakan tempat kamera belakang dan bagian bawah logic board untuk mengangkatnya.

Keluarkan Kamera Depan

#1 Bongkar perisai metal yang melindungi kamera depan memakai spudger.

#2 Perlahan angkat kamera depan keluar. Jangan putuskan kabelnya.

#3 Pisahkan kamera depan di tempat aman untuk pemasangan kembali.

Ganti Kabel Flex Tombol Power

Tombol iPhone 4S bukanlah penyebab masalah. Sebenarnya masalahnya adalah kabel sensor dan power. Kedua benda inilah yang harus dipesan untuk penggantian. Inilah bagian menantangnya jadi pastikan hati-hati dalam melakukan langkah penggantian karena kabel flex sangat sensitif.

#1 Buka dua baut di kedua sisi kait tombol power menggunakan obeng Phillips.

  1. Perlahan lepas kabel tombol power menggunakan alat bantu atau jari. Jangan coba untuk melepaskan total karena masih melekat.

#2 Anda bisa mencoba untuk memisahkan tombol power namun tidak wajib. Lebih penting untuk pastikan mencatat tahapnya untuk memasang kembali. Bagian kaitnya menghadap ke bawah.

#3 Sekarang gunakan spudger untuk membongkar alat suara dan foam yang menempel di frame tengah. Sekali lagi, jangan coba untuk menarik kabel karena masih menempel di frame tengah iPhone.

#4 Soket hitam terletak di atas alat suara berada. Perlahan bongkar menggunakan pisau cukur atau benda lain sejenis. Hati-hatilah jangan sampai rusak karena bendanya berbahan tipis. Sangat direkomendasikan untuk sedikit menahan dengan jari atau tangan karena benda ini bisa melompat jika terlepas.

#5 Sekarang pastikan sisi lain dari kabel sensor flex dan power tidak melekat ke frame tengah

#6 Sekarang lepaskan tombol power dan perakitan kabel sensor dari iPhone. Akan terlihat alat suara masih menempel. Pisahkanlah dari rakitan dengan perlahan dan ganti dengan yang baru.

#7 Bergantung dari rakitan tombol power baru yang di beli sudah dilengkapi soket atau tidak, bisa jadi Anda perlu memindahkan soket juga.

Cara mengganti kabel sensor tombol power dan sensor sama dengan cara melepaskannya. Ikuti urutannya secara terbalik. Ingatlah untuk bersabar dalam praktik cara memperbaiki tombol power iPhone dan pastikan kabel-kabelnya ditempatkan dengan baik dan benar. Terkadang ada baiknya untuk memfoto posisi masing-masing bagian lebih dulu sebelum dibongkar untuk memastikan semuanya kembali ke posisi yang benar.

Saat memasang kembali soket tombol power, uji coba power dan pastikan posisinya sempurna dan Anda mendengar suara “tek” saat ditekan. Jangan pasang baut soket terlalu kencang karena akan menyebabkan tombol power keras tidak bisa ditekan.

Memasang Kembali iPhone 4S



Untuk memasang kembali iPhone setelah memperbaiki tombol power iPhone 4S, Anda bisa mengikuti semua tahapan secara terbalik.

Mahir Memperbaiki Tombol Power iPhone 4S

Saat sudah selesai memasang kembali iPhone 4S, segera coba nyalakan iPhone itu. Jika logo apple keluar, misi kamu memperbaiki tombol power iphone selesai. Itu tanda mudah tombol power sudah berfungsi lagi.

Baca: Ubah iPhone jadi mesin penghasil uang

Jika tampilan iphone sudah normal, pastikan periksa semuanya lagi perlahan. Hal ini penting untuk mengidentifikasi kerusakan yang mungkin saja terjadi akibat pemasangan spare part iphone. Ketuk tombol power beberapa kali untuk menyalakan atau mematikan layar untuk memastikan sekali lagi iphone itu berfungsi normal.


  • 2
    Shares
  • 2
    Shares

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+