Persaingan Produk Elektronik Buatan Asia di Indonesia


Khusus di sektor produk elektronik, persaingan sepertinya lebih ketat dibandingkan sektor bisnis lainnya. Apalagi jika berbicara sektor bisnis elektronik di Indonesia dengan godaan pasar yang sangat besar dan terkenal dengan konsumen yang “suka membeli”.

Itu sebabnya tidak heran jika produsen elektronik luar negeri ingin secepat mungkin mencuri pangsa pasar di Indonesia. Produsen itu tidak melulu Amerika dan Eropa, negara Asia lain sampai Indonesia sendiri pun cukup aktif di pasar produk elektronik Indonesia.

Dari negara Asia setidaknya ada 3 negara utama yang meramaikan persaingan produk elektronik yaitu China, Jepang dan Korea.

Mulanya, Jepang merupakan yang terdepan di persaingan produk elektronik ini tanpa bisa disaingi oleh produsen eletkronik negara asia lainnya. Dengan kepercayaan akan kualitas, produk elektronik buatan Jepang dengan mudah menguasai pasar untuk waktu yang relatif panjang.

Namun kini situasinya berubah akibat kecerdasan produsen elektronik China dan Korea dalam memahami persaingan produk elektronik di Indonesia.

Jika sudah demikian, produk dari negara asia mana yang paling berkibar? Apa pendapat konsumen Indonesia akan produk elektronik dari ketiga negara asia tadi? Adalah SurveyOne yang telah melakukan riset akan persaingan produk elektronik negara Asia tadi di Indonesia. Mau tau hasilnya? Ini dia ….

Survey Persaingan Produk Elektronik berdasarkan Persepsi Konsumen Indonesia

SurveyOne mengungkap bahwa produk elektronik Jepang lekat dengan kualitas dibenak konsumen Indonesia (sebanyak 34.8% mengkonfirmasi). Selain kualitas, produk yang bagus (sebanyak 11.3% mengkonfirmasi), daya tahan baik (10,6% mengkonfirmasi) dan kecanggihan (5,7% mengkonfirmasi).

Satu hal negative yang melekat akan produk Jepang di mata konsumen Indonesia adalah harganya yang tinggi dibandingkan produk negara asia lainnya (sebanyak 7,8% mengkonfirmasi).

Untuk produk elektronik buatan China, konsumen Indonesia memiliki asumsi lekat akan harga murah (sebanyak 29% mengkonfirmasi), dan kualitas produk yang kurang memuaskan (19,6% mengkonfirmasi). Keunggulan utama produk China dalam persepsi konsumen Indonesia adalah harganya murah (72,2% mengkonfirmasi).

Persepsi konsumen Indonesia berdasarkan survey tersebut adalah daya tahan produk kurang (7,2% mengkonfirmasi), cepat rusak (12,3% mengkonfirmasi), dan imitasi produk lain yang lebih berkualitas (7,2% mengkonfirmasi).

Sampai disini sepertinya produk Jepang bisa dikatakan memimpin persaingan produk elektronik dibandingkan produk China.

Bagaimana dengan produk elektronik buatan Korea?

Sejumlah 21,9% responden memiliki persepsi bahwa produk elektronik Korea berkualitas. Sebanyak 5,3% bahkan meyakini kualitas produk elektronik buatan Korea sudah menyamai produk serupa buatan Jepang.

Baiknya kemasan produk Korea juga dianggap baik oleh 10,5% konsumen peserta survey. Bahkan untuk kategori produk smartphone, produk Korea diyakini terdepan dan menjadi trendsetter dikalangan produsen elektronik asia.

Tampilan desain menarik, bagus dan harga lebih murah diyakini sebagai faktor unggul yang utama atas produk elektronik keluaran Korea. Sejumlah 15,6% responden mengkonfirmasi hal ini.

Selain hal itu, inovasi produk elektronik buatan Korea mulai dari fiturnya yang update sampai desain menjadi daya tarik positif dimata konsumen. Sebanyak 6,4% mengkonfirmasi bahwa tersedianya pilihan produk membuat produk elektronik Korea digemari konsumen Indonesia.

Produk elektronik Korea lekat dengan persepsi kualitas bagus dengan harga lebih murah dibandingkan produk serupa buatan Jepang.

Produk Elektronik Buatan Negara Asia yang Paling Disukai Konsumen Indonesia

Pada umumnya, konsumen peserta survey lebih suka produk elektronik buatan Jepang mulai dari komputer/PC, laptop, kamera digital, televisi dan peralatan elektronik rumah tangga.

Khusus untuk smartphone sebanyak 69% responden memilih produk smartphone buatan Korea dibandingkan produk serupa buatan Jepang.



Untuk produk elektronik China, konsumen lebih menyukai untuk kategori laptop atau komputer sedangkan untuk produk elektronik lainnya produk China belum bisa mengalahkan produk buatan Jepang dan Korea.

Itulah Bagaimana Persaingan Produk Elektronik Buatan Asia di Indonesia

Apa pendapat Anda?


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+