Cara Memasarkan Produk di Instagram

Cara memasarkan produk di Instagram yang benar akan mampu mendorong pertumbuhan bisnis Anda. Postingan kali ini akan mengungkap bagaimana orang-orang bisa berhasil memasarkan produk di Instagram dan alat bantu apa yang bisa bermanfaat membantu Anda meraih hasil maksimal.

Pada dasarnya pengguna Instagram bisa memaksimalkan pemasaran dengan beberapa cara berikut:

Sampaikan ajakan

Tidakakan membawa perubahan pada pertumbuhan bisnis Anda kecuali Anda mengatakannya kepada para pengguna Instagram. Dalam dunia perkembangan cepat media sosial, Anda harus jelaskan apa yang bisa Anda bantu untuk mereka.

Instagram merupakan media sosial unik. Pengguna instragram pada umumnya akan melihat foto, memeriksa deskripsi foto dan mengikuti ajakan yang diberikan. Jika ingin berhasil menerapkan cara memasarkan produk di Instagram jangan lewatkan strategi ini.

Untuk segera mendapat hasil positif dalam pemasaran Instagram, gunakan gambar yang tepat dan ajakan yang sesuai.

Kenali preferensi audiens

Sebuah gambar yang menarik minat konsumen merupakan hal terpenting untuk berhasil menerapkan cara memasarkan produk di Instagram.

Menemukan, mentarget, dan berusaha selalu relevan kepada konsumen sangatlah krusial. Hal ini juga menjadi penentu apakah Anda berpeluang meningkatkan penghasilan dari Instagram.

Mengidentifikasi preferensi konsumen pengguna Instagram merupakan topik yang sangat luas. Sudah banyak bukti dampak sebuah usaha yang memposting konten kurang pas kepada target konsumennya.

Secara manual, preferensi konsumen dapat dilihat melalui Instagram feed dan periksa postingan populernya. Apa yang sudah menerima komentar, likes atau share. Konsumen akan memiliki selera sama dan preferensi sama juga. Mulai postingan Instagram dengan kalimat “Maukah Saya Beli Ini?” jika jawaban Anda iya maka Anda telah menemukan konten berkualitas.

Pertimbangkan untuk mengintip halaman pesaing Anda juga. Periksa apa yang menjadi konten foto mereka dan buatlah yang mirip dengan itu, atau jika mungkin lebih baik.

Temukan lokasi keuntungan

Pilihan untuk menghasilkan uang dari Instagram terbatas saat Anda mencoba terapkan cara memasarkan produk di Instagram. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan?

Masih ingat tips nomor 1? Sampaikan ajakan …

Gunakan ajakan untuk menemukan lokasi keuntungan. Tawarkan produk gratis untuk menarik minat. Tujuan Anda adalah mengajak konsumen menuju konten. Link konten itu bisa disematkan pada laman Instagram ataupun laman media sosial lainnya. Umumnya marketer menggunakan ini untuk mendapatkan email dari konsumen yang ingin informasi lebih banyak.

Apa sih konten itu? Konten merupakan informasi yang diinginkan target konsumen Anda. Misalkan Anda memasarkan produk make up maka bisa berbagi make up gratisan atau kupon diskon.

Tujuan menemukan lokasi keuntungan ini adalah untuk mengubah pengikut Instagram menjadiprospek. Gunakanajakan “lihatsumber” padabagiandeskripsi. Inilah lokasikeuntunganAnda.

Edukasi, beri pilihan dan ulangi

Setelah Anda berhasil mengarahkan konsumen ke lokasi keuntungan Anda perlu serangkaian tindak lanjut. Bawa prospek yang mau mendapatkan tawaran dan masukan tawaran premium.

Untuk berhasil melakukan pendekatan ini bisa menggunakan fitur berbeda.

Mulai dari edukasi

Prospek yang mau promo gratis itu “pencari gratisan”. Sampai Anda melakukan tindak lanjut mengenai edukasi produk premium mereka tidak akan pernah membelinya.

Berikan informasi yang dibutuhkan dan mulailah membangun kepercayaan.

Beri prospek pilihan

Dasar menjembatani prospek menjadi penjualan adalah dengan memiliki pilihan tindak lanjut yang memadai. Ciptakan sebuah rencana pemasaran yang menggabungkan email marketing, diskon, dan grafis panduan yang menarik. Pilihan juga bisa berarti undangan untuk seminar atau kegiatan tatap muka lain yang Anda selenggarakan. Ini merupakan tahap kunci untuk mengarahkan prospek ke penjualan, namun apa yang berfungsi untuk satu orang belum tentu berfungsi untuk orang lainnya. Itu sebabnya perlu disediakan pilihan untuk mengamankan penjualan dari beragam kepribadian prospek.

Pengulangan

Manusia perlu mendengar pesan yang sama rata-rata 12 kali sebelum akhirnya bereaksi. Anda mungkin lelah mengulang informasi akan tawaran terus menerus. Bisa dipahami namun Anda harus menyadari bahwa konsumen belum tentu fokus pada saat pertama kali. Dan belum juga mendengar pada kesempatan kedua, ketiga dan keempat.

Jangan buat kesalahan dengan meyakini satu gambar “sebelum dan sesudah” di Instagram akan membawa penjualan. Tujuan terapkan cara memasarkan produk di Instagram adalah mengarahkan prospek ke nuansa penjualan. Inilah dimana Anda berbicara kepada prospek berulang kali. Jika prospek Anda mendengarkan tawaran pertama kali dengan seksama, Anda akan mencetak ribuan penjualan.

Analisa dan Optimalisasi

Akhirnya, analisa dan optimalkan strategi memasarkan produk di Instagram yang diterapkan. Ada dua cara menerapkan teknik analisa yang perlu dipahami. Kuantitatif (penilaian) dan kualitatif (non penilaian).

Kuantitatif

Bagian ini merupakan kesempatan untuk Anda berinteraksi melalui foto. Manfaatkan aplikasi atau perangkat lunak yang bisa mengkalkulasi interaksi dalam setiap postingan Instagram.

Pilihan penilaian bisa berupa jumlah klik atas link profil akun Instagram.

Anda akan perlu mengetahui berapa banyak klik yang menjadi prospek. Analisa kuantitatif akan menunjukkan potensi pemasukan saat setiap prospek mengikuti kampanye pemasaran Anda.

Tujuan Anda adalah membuat kampanye marketing Instagram yang efektif. Jadi semakin banyak data bisa dimasukan semakin efektif kampanye Anda nantinya.

  • Waktu posting
  • Jenis konten
  • Rasio klik dan prospek yang didapat

Gunakan strategi ini untuk membangun gambaran upaya mana yang menguntungkan dan cara mana yang percuma.

Kualitatif

Analisa ini melihat aspek pemasaran yang bukan angka. Analisa kualitatif Anda akan meiputi estetika bisnis. Inilah beberapa pertanyaan yang bisa digunakan mengawalinya:

  • Apakah saya memberikan cukup informasi? Apakah konten itu mendukung kerja keras saya?
  • Apakah link eksternal berfungsi dengan media Instagram?
  • Apakah saya termasuk tukang spam?
  • Apakah saya menawarkan nilai sesungguhnya untuk konsumen?

Beberapa pertanyaan tadi dapat menjadi pengukuran kualitatif yang penting. Apakah Anda memperhatikan dengan baik layanan yang ditawarkan atau Anda sekedar ingin cari uang? Percayalah konsumen akan mengetahui perbedaan orang yang sekedar berjualan dan orang yang memberikan nilai.

Satu-satunya cara Anda menciptakan penjualan adalah dengan menjadi sumber nilai lebih dulu melalui analisa kualitatif. Semakin tinggi nilai yang diberikan semakin sukses yang Anda akan alami.

Memang proses ini sangat panjang.

Ambilah waktu cukup untuk menjadi wakil manfaat atas kehadiran Anda di media sosial dan Anda akan lebih dari sekedar memasarkan produk di Instagram.

Jadilah Ahli Terapkan Cara Memasarkan Produk di Instagram

Jika Anda ingin berhasil terapkan cara memasarkan produk di Instagram perhatikanlah hal penting berikut ini:

  • Sampaikan ajakan yang jelas
  • Identifikasi preferensi konsumen
  • Identifikasi lokasi keuntungan
  • Edukasi, beri pilihan dan ulangi
  • Analisa dan optimalisasi

Kesemuanya bisa dilakukan secara manual dan otodidak. Namun untuk memperjelas, tidak ada salahnya jika memiliki sebuah panduan berkualitas sekaligus mentor dari praktisinya langsung yang terpercaya.

 

Selamat mencoba

Leave a Reply

CommentLuv badge

Tiket Pesawat Murah Diskon 10% Kode Promo "Tiket150" Hanya Sampai 3 Juli 2017Pesan tiket
+