Bagaimana Media Sosial Mengambil Peran dalam Komunitas Bisnis Indonesia?

Media sosial mengambil peran dalam komunitas bisnis merupakan fenomena yang tak terhindarkan. Sudah bukan rahasia lagi bahwa pengguna internet di Indonesia semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Internet telah memotong berbagai masalah jarak dan waktu dalam berinteraksi antar sesama manusia apapun tujuannya. Berbagai kemudahan yang ditawarkan telah berimbas kepada tumbuh pesatnya tren media sosial yang ada di Indonesia.

Media sosial sendiri, sebagai bagian dari internet telah membawa banyak perubahan kepada komunitas sosial Indonesia, tidak terkecuali komunitas bisnis Indonesia. Sesuai dengan namanya, media sosial merupakan perantara sesama manusia dalam bersosialisasi dalam dunia internet. Katakan saja sebuah kejadian penting di Singapura dapat dengan mudah diketahui oleh masyarakat Indonesia melalui sebuah tweet, atau foto-foto suatu kejadian penting di Amerika Serikat dapat dengan mudah dinikmati oleh pengguna facebook di Indonesia.

Media sosial mengambil peran dalam komunitas bisnis dengan meyediakan ruang yang lebih luas untuk berbagi informasi secara global.  Memang, jika kita berbicara media sosial kita tidak bisa melepaskan perkembangan internet itu sendiri, karena internetlah pemicu ledakan penggunaan media sosial saat ini. Tanpa internet maka media sosial sulit berkembang seperti saat ini.

Pengguna internet Indonesia menggunakan media sosial untuk pertemanan atau networking melalui akun media sosial mereka (facebook, twitter, g+, linkedin, dsb), menulis blog, sampai bisnis.

Dari berbagai jenis media sosial yang tersedia mana yang paling menguntungkan?

Mengacu pada laporan socialbakers.com, facebook merupakan media sosial dengan jumlah “fans” terbesar Indonesia. Ini berarti bahwa facebook merupakan lahan yang memiliki potensi sangat menguntungkan untuk komunitas bisnis terlepas pada efektif atau tidaknya pesan bisnis disampaikan melalui media sosial facebook tersebut.

Facebook Media Sosial Paling Populer di Indonesia

Tanda-tanda bahwa facebook merupakan media sosal berpengaruh untuk komunitas bisnis di Indonesia cukup kentara jika diperhatikan dengan seksama. Bukti pertanda itu tampak dari penggunaan facebook sebagai media sharing informasi pada sebagian besar website papan atas di Indonesia yang masuk 5 besar daftar alexa.

Gambar screenshots

peringkat 5 besar alexa Indonesia

Media sosial memberi ruang gerak bagi mayoritas pengguna Indonesia untuk lebih bebas dalam berekspresi. Tidak sedikit pengguna media sosial yang malu-malu pada dunia nyata menjadi lebih bebas dan berani berekspresi di media sosial (terlepas dari palsu tidaknya akun media sosial orang itu). Setidaknya perubahan perilaku ini membuat media sosial digemari penggunanya di Indonesia.

Di sisi lain, infrastruktur internet sangatlah mendukung perkembangan pengguna media sosial Indonesia dimana saat ini biaya internet semakin bersaing sedangkan biaya perjalanan antar pulau yang masih relatif tinggi membuat mayoritas masyarakat bergantung pada kemudahan fasilitas internet yang ditawarkan dimana media sosial termasuk di dalamnya.

Lantas bagaimana media sosial mengambil peran dalam komunitas bisnis Indonesia?

Sebagai media untuk konektivitas maka pada dasarnya media sosial mengambil beberapa peran komunitas bisnis yaitu membangun jejaring, menangkap pesan konsumen dan peluang untuk bisnis kelas menengah. Ketiga hal ini tidak bisa diremehkan artinya bagi komunitas bisnis.

Membangun Jejaring Pemasaran

Dalam sebuah perusahaan berskala besar dengan cabang-cabang di dalam maupun luar negeri, media sosial dapat membuka konektivitas kepada seluruh stakeholders di perusahaan itu misalnya sesama karyawan perusahaan itu sendiri.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kesibukan pekerjaan dapat membuat manajer penjualan minuman soda di Jakarta tidak begitu mengenal manajer penjualan minuman soda di Medan. Kehadiran media sosial dapat memecahkan kebuntuan konektivitas antara kedua manajer tersebut. Mereka dapat dengan mudah berbagi informasi penjualan melalui media sosial. Inilah bagaimana media sosial mengambil peran dalam komunitas bisnis.

Minuman soda di atas hanyalah sebuah contoh, masih banyak perusahaan lain seperti alfamart, indomaret, carefour, hypermart yang dapat memanfaatkan media sosial untuk saling terhubung dalam berkomunikasi dengan cabang perusahaan di kota lain memecahkan permasalahan bisnis yang sedang dihadapi.

Kemajuan sebuah perusahaan bisnis kerapkali datang dari sebuah ide cemerlang salah satu karyawan yang muncul dari percakapan. Media sosial pada dasarnya mempermudah terjadinya percakapan berbagai pihak, suka atau tidak suka, percakapan dari media sosial bisa memicu kemajuan suatu komunitas bisnis.

Menangkap Pesan Konsumen

Potensi komunitas konsumen yang terdapat pada media sosial seperti facebook telah membuat komunitas bisnis tertarik untuk terlibat lebih dalam. Keterlibatan itu tidak hanya untuk meningkatkan penjualan tapi juga untuk menangkap apa kata mereka tentang produk suatu perusahaan.

Namun strategi bisnis melalui media sosial memiliki keunikan tersendiri pada setiap negara. Namun pada dasarnya media sosial membawa perubahan terhadap cara perusahaan menangkap pesan konsumen.

Jika dulu survey konsumen harus dilakukan dengan membawa beberapa puluh konsumen ke suatu ruangan untuk kemudian diberi beberapa pertanyaan untuk dijawab, kini hal itu bisa dilakukan dengan memantau dunia media sosial.

Pemantauan terhadap grup facebook, fanpage facebook, blog, forum dan berbagai komunitas online lainnya dapat memberi masukan kepada komunitas bisnis atas strategi yang diperlukan untuk kemajuan bisnis di masa mendatang.

Kesuksesan suatu bisnis dalam media sosial bukan pada teknik pemasaran melainkan bagaimana sebuah komunitas bisnis dapat bergabung dalam komunitas media sosial tanpa menjadi “tamu tak diundang”. Suatu komunitas bisnis yang ingin mendapatkan manfaat lebih dari media sosial harus bisa melebur kedalam komunitas sosial itu sendiri tanpa terlihat seperti orang asing yang hanya bisa meng-update iklan penawaran di status media sosial-nya.

Peluang Berkembang untuk Bisnis Kelas Menengah

Hal ini sepertinya yang paling fenomenal. Facebook dalam beberapa hal telah berubah menjadi ajang promosi besar-besaran terlepas dari fungsinya sebagai media bersosialisasi. Jika diperhatikan cukup banyak tawaran barang konsumsi seperti obat pelangsing, obat kuat, fashion, paket liburan, dan alat komunikasi elektronik yang menghiasai “wall-facebook” pengguna.

Bahkan tidak menutup kemungkinan sebuah akun palsu bergambar wanita cantik dan seksi dibuat untuk menarik minat pengguna pria yang berujung pada pemasangan tawaran sebuah produk tertentu di “status wall facebook”. Ini menunjukkan begitu potensialnya facebook bagi komunitas bisnis di Indonesia.

Menjamurnya pesan penawaran alat komunikasi elektronik melalui pesan “status wall’ atau “inbox message” facebook menunjukkan tingginya kepercayaan pelaku pada facebook.

Media Sosial Mengambil Peran dalam Komunitas Bisnis

Media sosial telah mengambil peran penting dalam marketing sebuah komunitas bisnis mencapai sasarannya.

Twiter telah berkembang pesat menjadi media yang identik dengan penyampaian berita terkini yang terjadi di sekitar kita atau yang menjadi trending topic pada periode tertentu.

Blog memungkinkan kita berbagi pemikiran tentang berbagai hal dalam konteks yang lebih besar dibandingkan media sosial lain. Namun fokus kita pada topik blog dapat membantu pembaca mengambil manfaat dari blog kita sendiri.

Bisa dikatakan facebook cukup baik untuk riset pasar (trial and error). Coba saja lakukan riset siapa saja yang suka atas produk bisnis Anda. Publikasikan launching produk terbaru bisnis Anda dalam sebuah update status wall facebook. Lihatlah siapa yang memberi “like”, berkomentar atau apapun reaksinya.

Linkedin dipercaya sebagai media penghubung sesama komunitas bisnis. Jangan berusaha memasarkan produk melalui linkedin, jarang sekali konsumen berkeliaran di linkedin. Media sosial ini didominasi para profesional dan komunitas bisnis.

Banyak yang berpikir bahwa ada masanya peran media sosial untuk bisnis akan mengalami masa keruntuhan. Terlepas dari itu semua, saat ini media sosial tetap pada posisinya sebagai media bersosialisasi sekaligus media bisnis online. Sebagai pelaku bisnis, Anda harus mengambil manfaat dari media sosial untuk kepentingan bisnis yang Anda tekuni dengan cara etis dan cerdas. Jangan abaikan bagaimana media sosial mengambil peran dalam komunitas bisnis. Pelajari dan masukan dalam rencana bisnis Anda ke depan.

Image courtesy of Graylink

 

11 Comments

  1. Bisnis Online Master Juni 3, 2013
    • Okto Juni 4, 2013
  2. Ahmad Wibawa Juni 4, 2013
    • Okto Juni 4, 2013
  3. KA Widiantara Juni 9, 2013
  4. Rina Juni 19, 2013
  5. Pingback: Merubah 100 Ribu Menjadi Omset Puluhan Juta Januari 19, 2014
  6. Amim Blog April 24, 2014
  7. uda rino April 14, 2015
  8. ipul Desember 8, 2015
  9. ican Februari 19, 2016
  10. Atley September 5, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge