10 Langkah Sukses Bisnis Kuliner Online

Sukses bisnis kuliner menjadi impian Anda?

Saat ini bisnis online menjadi satu trend dan sangat menjanjikan. Banyak barang bisa diperjualbelikan secara online mulai dari produk elektronik, kendaraan, peralatan rumah tangga, peralatan elektronik, termasuk makanan. Berbagai situs online menyediakan berbagai barang yang bisa dikirim ke semua tempat memakai jasa pengiriman paket. Namun tahukah Anda jika ada satu bisnis yang biasanya dilakukan secara offline saat ini tengah gencar dilakukan secara online yakni bisnis kuliner. Ada beberapa alasan bisnis kuliner dilakukan dengan cara online salah satunya adalah keterbatasan market pasar.

Cara memesan barang atau makanan melalui situs website sangat menguntungkan konsumen, disamping tidak ribet harga yang ditawarkan biasanya sangat kompetitif. Setiap konsumen pasti memilih barang atau makanan dengan harga murah, namun tidak ada salahnya jika dalam suatu pesta, konsumen lebih memilih memesan makanan melalui situs online. Pada zaman serba canggih seperti saat ini siapa yang tidak mengenal internet, dari anak-anak hingga orang tua sekalipun pernah merasakan akses internet.

Sukses bisnis kuliner memang identik dengan bertemu langsung ke konsumen, mungkin terlihat susah, namun bisnis kuliner online yang menggunakan media internet tetap bisa dilakukan. Ada beberapa tips yang harus dilakukan untuk membuat sukses bisnis kuliner berbasis online, berikut ulasannya.

  1. Buat Merek Menarik dari Produk Anda

Sebelum menentukan sistem pemasaran dan jenis kuliner apa yang akan dipakai, alangkah baiknya jika Anda menentukan nama merek yang nantinya mampu menarik konsumen di media internet. Buatlah nama yang mudah diingat dan mudah diucapkan oleh konsumen. Percantik logo bisnis Anda, dan usahakan pakai warna lebih terang dan simple.

  1. Ciptakan Desain Website yang Menarik

Untuk menjaring konsumen yang lebih banyak mengoptimalkan promosi dengan memakai website bisa menjadi satu solusi. Desain website menarik akan mengundang banyak mata konsumen. Karena untuk sukses bisnis kuliner online tentu saja Anda harus memperlihatkan detail makanan dengan sempurna. Selain menyajikan detail makanan yang menarik kemudahan dalam memesan dan memilih menu juga menjadi satu perhatian penting. Nantinya konsumen akan menilai dengan sendirinya bahwa bisnis kuliner yang Anda jalankan kredibel dan meyakinkan.

  1. Berikan Kesan Pertama yang Menarik Bagi Konsumen

Bisnis kuliner online harus memberikan kesan pertama menarik bagi konsumen pertama. Tambahkan video cara memasak atau memproduksi makanan, namun jika makanan yang Anda produksi membutuhkan resep rahasia dan tidak dipublikasikan maka gunakan saja foto beresolusi tinggi atau katalog makanan. Gunakan jasa fotografer professional untuk menghasilkan gambar foto berkualitas dan bila jasa foto yang dipakai sudah banyak terkenal bisa mencantumkan nama sang fotografer dalam foto.

  1. Buat Menu Andalan

Setiap warung makan atau restoran pasti memiliki menu makanan utama. Anda bisa menggunakan menu tersebut untuk menarik pelanggan, caranya berikan testimonial dari berbagai konsumen di website Anda tentang rasa, dan harga dari menu makanan tersebut. Dengan begitu konsumen akan lebih tertarik dan percaya bahwa masakan di restoran Anda termasuk berkelas.

  1. Berikan Deskripsi Terhadap Makanan

Konsumen akan mencoba makanan yang dijual secara online dari deskripsi makanan di website. Anda bisa menjelaskan deskripsi secara umum termasuk keunggulan dan bahan pembuatnya. Bila perlu berikan penjelasan mengenai masakan utama dan jika Anda resep rahasia boleh saja di tulis di website. Tulis semenarik mungkin dan ciptakan emosi konsumen sehingga produk Anda akan lebih banyak diminati. Usahakan dalam penjelasannya dibuat singkat dan jangan terlalu panjang.

  1. Perluas Promosi Website Menggunakan Media Sosial

Situs website Anda bisa diklankan ke media sosial sehingga cakupan konsumen menjadi lebih luas. Saat ini banyak produk selain kuliner di iklankan di media sosial, begitu juga dengan bisnis kuliner tentu sangat potensial jika di sebarkan melalui media sosial. Ada satu hal yang perlu diperhatikan dalam promosi bisnis di media sosial dimana deskripsi produk tidak bisa dijelaskan panjang lebar. Buat deskripsi singkat padat dan menarik bila perlu pilih foto paling menarik agar konsumen lebih tertarik. Gunakan fitur tagging untuk mengajak teman Anda melihat postingan dan bisa berkomentar. Maksimalkan dalam membalas komentar dimana isinya pasti mengenai produk yang Anda tawarkan.

  1. Jangan Buat Konsumen Kecewa

Produk yang Anda tawarkan harus bisa memuaskan pelanggan, apalagi Anda menawarkan makanan melalui website dimana konsumen tidak bisa merasakan secara langsung makanannya. Utamakan kualitas rasa dan harga, jangan sampai Anda membiarkan keperayaan konsumen menurun hanya karena rasa makanan berbeda tidak seperti yang diharapkan.

  1. Beri Pelayanan Terbaik

Jika sukses bisnis kuliner online adalah target Anda, tentu harus memberikan pelayanan maksimal bagi konsumen. Bentuk pelayanan terbaik bisa dari menanggapi setiap pemesanan dan membalas komentar dengan cepat. Dengan hal itu maka konsumen akan benar-benar percaya bahwa produk yang Anda jual berkualitas dan tidak main-main. Ibaratkan bahwa pelanggan adalah raja, layani dengan baik maka Anda akan mendapat banyak keuntungan.

  1. Berikan Jaminan Setiap Pengiriman Barang

Perjalanan meraih sukses bisnis kuliner online bisa sangat rentang terhadap waktu, Anda harus bisa menentukan jenis makanan yang awet untuk beberapa hari atau bahkan beberapa minggu. Karena nantinya pangsa pasar Anda berada di dalam dan luar kota maka perlu memperhatikan cara pengiriman. Makanan seperti kue tart dan semacamnya memiliki sifat segera dikonsumsi, maka dari itu peran pendingin dalam ekspedisi dapat memperpanjang durasi makanan. Sebuah jaminan bisa menjadi satu solusi dalam mendapatkan perhatian pelanggan, berikan jaminan berupa uang kembali atau mengganti jika terjadi kerusakan atau kecelakaan. Satu lagi gunakan sistem pembayaran bayar ditempat untuk mencegah keraguan pelanggan.

  1. Cari Inovasi Baru

Tambah menu makanan baru dan selalu update isi konten website atau ubah tema website untuk menandakan website Anda benar-benar aktif. Carilah sebuah strategi dalam penjualan mungkin bisa dimulai dengan mencari referensi resep masakan baru yang sangat digemari masyarakat. Ketahui dan pelajari lingkungan, menu apa saja yang sedang digandrungi.

Itu tadi beberapa tips yang bisa Anda gunakan dalam menjamin jalan sukses bisnis kuliner online. Tidak berbeda jauh dari bisnis-bisnis online lainnya dimana pemilik harus bisa mengelola seluruh aspek mulai dari promosi hingga pengiriman. Setiap bisnis pasti memiliki resiko, maka dari itu para pelaku usaha baik itu pemula maupun senior harus memperhatikan faktor diluar teknis.

Siap Sukses Bisnis Kuliner?

Bisa diibaratkan Anda memiliki satu bisnis usaha kuliner di dua tempat yakni didunia maya dan nyata. Tinggal bagaimana Anda mengontrolnya untuk menjadi satu bisnis yang menguntungkan. Bila Anda tidak memiliki bekal banyak mengenai bisnis ini, bertanyalah kepada orang lain yang sudah banyak makan asam garam meraih sukses bisnis kuliner online. Bertukar informasi mengenai resep, cara penyajian, dan perawatannya. Usahakan target konsumen meliputi semua usia jadi Anda bisa mendapat keuntungan lebih karena makanan dan tempat yang ditawarkan dapat diakses oleh semua golongan usia.

Artikel ini merupakan karya penulis freelance notordinaryblogger, Stepanus Bernadi dan terbit pertama kali di notordinaryblogger.com pada hari Selasa, 15 Desember 2015

Stepanus Bernadi adalah penulis freelance kelahiran D.I Yogyakarta 25 tahun lalu. Studi terakhirnya di Prodi Komunikasi, AKINDO (Akademi Komunikasi Indonesia). Berbagai tulisan sudah cukup banyak ditayangkan di beberapa situs website internet sejak tahun 2013 hingga 2015.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+