6 Tips Ampuh Cari Kerja Yang Menghasilkan Uang untuk Anak SMA

Masa SMA bisa menjadi masa yang penuh semangat untuk beraktivitas. Akan terasa banyak sekali impian yang ingin diwujudkan dalam berbagai hal. Salah satu impian banyak anak SMA adalah menjadi orang sukses dan kaya raya.

Pada masa ini banyak yang berpikir untuk mulai berbisnis, namun mulai terkendala dengan persoalan klasik yaitu uang untuk modal usaha. Sebagai anak SMA tentu saja memulai sebuah bisnis bukan perkara mudah, terlebih jika kita bukan dari keluarga yang berlebih secara ekonomi. Namun demikian ini tidak berarti kita tidak bisa berbuat sesuatu untuk merubah kondisi finansial kita.

Jika kita sedang mencari cara terbaik untuk menghasilkan uang saat masih sekolah, kerja apa yang menghasilkan uang untuk anak SMA, atau cara menghasilkan uang tambahan saat SMA maka postingan ini akan memberikan beberapa masukan untuk mencapai tujuan itu.

Tambahan uang saku bagi anak SMA bisa berarti banyak hal apalagi jika uang saku itu dihasilkan dari jerih payah sendiri. Kerja keras sejak jaman SMA bisa mengajarkan banyak hal kepada diri sendiri mulai dari menghargai jerih payah orang tua sampai pada kebiasaan kita untuk menghargai waktu dengan melakukan hal positif.

Bagaimana cara kerja menghasilkan uang untuk anak SMA itu? Berikut ini beberapa cara ampuh mewujudkannya.

“Aktif cari pekerjaan karena pekerjaan tidak datang sendiri”

Jika kita masih SMA dan ingin bekerja tentu kita harus mencari pekerjaan yang kita inginkan. Mungkin saat masih SMA kita akan bingung menentukan jenis pekerjaan apa yang cocok untuk dilakukan. Beberapa kriteria pekerjaan yang cocok antara lain mudah dilakukan, tidak mengganggu jam sekolah dan tidak melanggar norma agama, sosial dan peraturan yang berlaku.

Untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan kita harus aktif mencarinya.

Apapun yang kita pikirkan tentang pekerjaan yang diinginkan, aktiflah mencarinya. Siapkan berbagai keperluan mendasar misalnya membuat lamaran kerja dan kirimkan ke tempat-tempat tujuan.

Misalkan ingin menjadi sales promotion boy/girl maka kita harus aktif mencari kenalan di dunia itu, atau mengirimkan lamaran-lamaran kepada perusahaan-perusahaan dan para pihak yang membuka lowongan pekerjaan untuk itu.

Kerja jaga di counter hp? Kita harus mencari kenalan teman yang kerja di counter hp, dan menawarkan diri untuk bisa bekerja di sana.

Jangan mudah putus asa, dan jangan menganggap diri kita rendah dalam melakukan suatu pekerjaan. Ingatlah tujuan awal kita untuk mencari pekerjaan saat masih SMA. Asalkan pekerjaan itu halal, jalankan maka kita akan mendapatkan pengalaman berharga untuk masa depan.

“Beri keuntungan kepada pemberi kerja”

Tantangan mencari pekerjaan yang menghasilkan uang saat SMA adalah pengalaman. Untuk menyiasati hal ini, pencari kerja yang masih sekolah bisa menawarkan pekerjaan secara part-time dengan upah yang lebih murah.

Dengan tawaran ini, pemberi kerja akan memikirkan tawaran kita untuk menyewa tenaga kita melakukan suatu pekerjaan. Jika sudah dipertimbangkan untuk diterima maka kemungkinan mendapatkan pekerjaan semakin besar.

“Pertimbangkan tingkat kesulitan pekerjaan”

Saat masih SMA, kita akan memerlukan tenaga dan pikiran yang prima untuk fokus di sekolah. Jika kedua hal itu terkuras untuk pekerjaan sampingan, maka bisa dipastikan sekolah kita akan terganggu.

Ini tidak berarti kita tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang menghasilkan uang saat masih SMA, ini berarti kita harus mempersiapkan diri jika ingin mencari pekerjaan sambil sekolah, kita harus mempersiapkan semangat, pikiran dan tenaga ekstra untuk itu.

Pekerjaan seperti penjaga toko, penjaga counter hp, SPG atau SPB bisa dikatakan cocok karena tidak terlalu sulit dilakukan dan tidak menguras pikiran.

“Pertimbangkan modal yang dibutuhkan”

Banyak yang tertarik untuk mulai bisnis kecil-kecilan saat SMA. Jika kita memiliki modal untuk itu tidak ada salahnya untuk memulai bisnis rumahan seperti jualan pulsa atau jualan barang-barang yang menjadi kebutuhan teman-teman sekolah.

“Pertimbangkan kemampuan diri kita”

Setiap orang pasti memiliki kelebihan masing-masing, kita hanya perlu mencari tahu di bidang apa yang menjadi kelebihan kita dan mencari peluang dari bidang itu.

Jika kita termasuk dalam murid pandai di sekolah kita bisa menawarkan jasa les privat kepada orang tua yang memiliki anak-anak SD.

Jika kita pandai menjual barang kita bisa menjadi marketing freelance, SPG, atau karyawan toko part-time. Pemberi kerja tentu akan senang jika kita pandai menawarkan barang dagangan yang berujung pada penjualan.

“Pertimbangkan relasi”

Silaturahmi membuka pintu rezeki. Ungkapan ini tidak sekedar ungkapan tapi nyata khasiatnya. Jika kita memiliki saudara, tetangga, teman atau kenalan yang berpotensi besar memberikan kita pekerjaan saat masih SMA, tidak ada salahnya untuk coba menanyakan apakah ada lowongan untuk itu.

Jika diri kita sudah dikenal baik, rajin dan jujur tentu kemungkinan mendapatkan pekerjaan dari orang-orang yang sudah dikenal semakin besar.

Semua peluang yang ada mulai menjadi penjaga toko, SPG, sampai memberi les privat akan semakin mungkin terwujud jika kita memiliki relasi yang kuat dan terjaga dengan baik.

Misalkan, kita ingin menjadi penjaga toko. Peluang ini akan semakin besar terwujud jika kita meminta pekerjaan kepada paman, saudara atau keluarga yang sudah memiliki toko. Hubungan yang tercipta akan saling menguntungkan karena sudah ada relasi dan kepercayaan.

Sama halnya dengan les privat, tentu kita akan lebih mudah diterima untuk memberikan les privat kepada anak-anak dari orang tua yang sudah tahu sifat kita dan perilaku kita. Orang tua akan percaya kepada kita untuk memberikan les privat kepada anaknya. Dengan demikian peluang menghasilkan uang dari pekerjaan semakin besar.

Siap Cari Kerja yang Menghasilkan Uang untuk Anak SMA?

Itulah 6 tips ampuh cari kerja yang menghasilkan uang untuk anak SMA. Ingatlah bahwa sekolah bukanlah perkara mudah, jika kita melakukan dua aktivitas sekaligus itu berarti kita harus siap melakukan sebuah usaha yang serba “ekstra” dibandingkan orang biasa pada umumnya. Selain itu kita harus memegang teguh kejujuran dalam dunia kerja.

Tips Penting lainnya:

Semoga sukses.

2 Comments

  1. Bambang Agustus 2, 2016
    • Okto Agustus 2, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge