5 Cara Mudah Meningkatkan Keuntungan Bisnis ala McDonald

Tidak semua perusahaan besar lahir sebagai raksasa. Dalam 6 bulan misalnya, Mc Donalds merubah wujud bisnisnya dan tumbuh dua kali lebih cepat dari prediksi wall street. Dari pengalaman itu inilah 5 cara mudah meningkatkan keuntungan bisnis sebagaimana dilakukan oleh McDonald.

Kesuksesan McDonald menunjukkan pandangan salah akan lambatnya pergerakan perusahaan besar yang tidak bisa beradaptasi pada perubahan.

Steve Easterbrook menjadi CEO McDonald sejak Januari 2015 lalu dan sejak itu pula ia bergerak cepat. Ia menutup ratusan outlet yang tidak berkinerja baik dan membawa kembali menu sarapan setiap hari, memfokuskan menunya, mempercepat waktu layanan konsumen, dan meningkatkan gaji karyawan. Semua itu tujuannya hanya satu yaitu membuat karyawan dan konsumen senang.

Perubahan ini berkontribusi pada peningkatan penjualan McDonald dalam dua tahun yang melebihi 2,7% prediksi pengamat bisnis.

Menjadi latar belakang utama kesuksesan ini adalah kesetiaan, sebuah konsep bisnis klasik yang dapat digunakan perusahaan manapun untuk mempercepat arus keuntungan bisnis. Ide kesetiaan adalah jika suatu perusahaan memiliki karyawan yang bahagia maka mereka akan menularkan kebahagiaan itu pada konsumen.

Konsumen yang bahagia akan selalu membeli dari Anda untuk jangka waktu yang lama dan mengajak teman-temannya melakukan hal yang sama.

Efek nyata dari kebahagiaan itu adalah menurunnya biaya marketing, karena Anda tidak perlu melakukan iklan berlebihan untuk mendatangkan konsumen dan tentunya semakin besar keuntungan dari konsumen setia itu.

Inilah 5 Cara Mudah Meningkatkan Keuntungan Bisnis ala McDonald

 

Menciptakan Budaya Setia

Jika Anda ingin menggunakan kesetiaan ini, sebaiknya ini menjadi dasar budaya perusahaan Anda. Jika perusahaan Anda terlalu fokus kepada kompetisi dan “memeras” tenaga karyawan, supplier Anda, dan konsumen Anda, mungkin sudah waktunya Anda memerlukan pimpinan baru untuk membawa budaya yang diperlukan perusahaan.

Budaya setia didasarkan pada nilai khusus, konsumen adalah raja dan karyawan itu penting, dimana hal ini harus diterjemahkan dalam dasar perekrutan, pelatihan, promosi dan pengaturan SDM perusahaan.

Menciptakan budaya perusahaan yang tepat tidak akan menghasilkan sesuatu secara instan namun ini merupakan pondasi yang sangat dibutuhkan keempat cara selanjutnya.

Merekrut Orang yang Tepat

Menyoal perekrutan, anda tidak dapat memiliki sebuah bisnis dengan budaya setia kecuali orang yang Anda rekrut sesuai.

Proses rekrutkmen harus memastikan bahwa calon karyawan sesuai dengan nilai-nilai perusahaan dalam situasi yang tidak normal. Salah satu yang dilakukan maskapai Southwest Airlines adalah melakukan rekrutmen dengan mekanisme grup, memberikan grup itu sebuah proyek dan meminta grup itu saling mempresentasikan hasilnya satu sama lain.

Southwest Airlines akan memilih calon karyawan yang mau menyemangati grup lain daripada mereka yang hanya fokus menghasilkan yang terbaik untuk presentasi grupnya sendiri.

Dengarkan Konsumen

Saat Anda sudah memiliki budaya perusahaan dan merekrut karyawan yang tepat kini saatnya untuk mendengarkan konsumen.

Alasan utama kenapa McDonald meraih pertumbuhan pesat adalah responnya atas kemauan konsumen. Sejak lama konsumen meminta McDonald menawarkan menu sarapan setiap hari di media sosial seperti Twitter.

Sampai datangnya CEO baru (Easterbrook), McDonald tidak melakukan apapun atas permintaan konsumen itu. Dibawah pimpinan Easterbrook, McDonald mempersiapkan keperluan untuk mewujudkan permintaan konsumen dalam waktu sekitar 6 bulan.

Hasilnya tentu bisa ditebak, semakin banyak orang datang untuk membeli makanan mereka.

Mengukur Potensi Promosi Konsumen

Salah satu prinsip dasar organisasi adalah menyelesaikan apa yang harus diukur.

Sebuah budaya setia dalam perusahaan akan bekerja dengan sangat baik jika Anda mengukur seberapa besar kemungkinan konsumen akan merekomendasikan bisnis Anda kepada teman di lingkungannya.

Untuk mengukur potensi promosi konsumen (PPK) Anda harus memiliki target survey konsumen dan Anda harus mengumpulkan informasi dan menganalisanya di setiap outlet/cabang bisnis Anda.

Toko dengan nilai PPK tinggi kemungkinan besar akan tumbuh paling cepat. Dan toko seperti itu akan mampu memberikan panduan praktis yang dapat dibagikan pada toko-toko lain untuk meningkatkan performa bisnis secara keseluruhan.

Beri Bonus Karyawan Seiring dengan Tingkat Kepuasan Konsumen

Akhirnya, saat karyawan Anda bahagia, mereka akan membuat konsumen bahagia.

Memberikan gaji lebih besar untuk karyawan membantu McDonald untuk meningkatkan kepuasan karyawan sekaligus kepuasan konsumen. Sebagai efek dari penambahan biaya gaji, Anda bisa fokus ke layanan yang membuat konsumen senang. Pemberian bonus untuk peningkatan PPK bisnis Anda juga berkorelasi pada peningkatan keuntungan.

Itulah 5 cara mudah meningkatkan keuntungan bisnis ala McDonald

Kesuksesan McDonald untuk bangkit dengan cepat menghadapi persaingan bisnis telah memberikan ilustrasi pembelajaran yang sangat berharga untuk menerapkan prinsip jitu meningkatkan keuntungan bisnis yang tentu akan memberi ide semua pihak yang ingin meraih sukses yang sama.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+