4 Tahap Menjalankan Email Marketing dengan Baik

Menjalankan email marketing dengan baik bisa meningkatkan trafik berkualitas. Email marketing merupakan sebuah cara marketing paling senior di dunia digital. Dalam dunia email marketing, media utama email dimanfaatkan untuk memasarkan sebuah produk atau jasa kepada calon konsumen yang tertarget.

Konsumen tertarget tersebut sudah tentu (kemungkinan besar) akan menyerap pesan-pesan marketing yang disampaikan melalui email-email mereka.

Entitas bisnis di seantero dunia telah memanfaatkan email marketing untuk mencapai berbagai tujuan bisnis seperti:

  • Membangun jaringan pemasaran
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen
  • Menambah jumlah penjualan
  • Mempromosikan produk baru
  • Mendatangkan pengunjung ke sebuah website
  • Menjaga atau bahkan meningkatkan loyalitas konsumen atas suatu merek

Nah, jika sudah tahu manfaat email marketing sekarang saatnya untuk mendalami cara menjalankan email marketing yang baik.

Kenapa kita perlu tahu cara menjalankan email marketing dengan baik? Tujuannya hanya satu, agar sasaran yang telah kita tetapkan dalam menjalankan email marketing dapat dicapai dengan cepat dan mudah.

Cara Menjalankan Email Marketing yang Baik

Modal dasar menjalankan email marketing yang baik hanyalah memiliki email. Jadi jika kita sudah tahu cara membuat email, itu merupakan langkah awal yang baik untuk ke tahap yang lebih menarik.

Kita perlu memahami bahwa terdapat beberapa tahapan untuk dapat menjalankan email marketing dengan baik. Untuk memulai mari kita bahas tahap pertama menjalankan email marketing yang baik itu.

Ketahui Siapa Konsumen Kita

Semua orang bisa membuat pesan dalam email marketing sebaik mungkin atau mungkin yang terbaik di dunia. Namun demikian, pesan terbaik di dunia pun akan menjadi sia-sia jika kita tidak tahu siapa konsumen kita atau untuk siapa email marketing itu dijalankan.

Untuk menjadi sukses dalam menjalankan email marketing di tahap pertama ini langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah

Membuat daftar email yang sah. Daftar email ini bukanlah sekedar daftar email orang-orang yang kita dapatkan. Daftar email yang sah adalah daftar email yang diberikan pemiliknya kepada kita karena mereka merasa mendapatkan manfaat dengan melakukan hal tersebut. Bagaimana cara membangun daftar email yang sah ini? Silahkan baca cara membangun daftar email.

Dengan menawarkan sesuatu yang bermanfaat kita dapat dengan mudah mendapatkan daftar email konsumen yang sangat tertarget. Beberapa hal yang bisa ditawarkan misalnya ebook gratis, diskon khusus, tips special gratis, dan sebagainya.

Saat mengumpulkan daftar email ini, cukuplah untuk bertanya nama dan alamat email saja, jangan bertanya yang aneh-aneh karena bisa menyinggung privasi orang tersebut.

Jangan lupa untuk selalu member kemudahan bagi orang tersebut untuk bisa keluar dari daftar email yang kita buat. Berbagai media email marketing saat ini sudah memiliki fitur ini yang dikenal dengan istilah “unsubscribe”.

Jangan pernah menyalahgunakan daftar email yang kita dapatkan untuk kepentingan-kepentingan lain tanpa ijin pemilik email. Ingatlah bahwa kepercayaan yang diberikan pemilik email kepada kita merupakan hal yang utama.

Membuat Isi Email Marketing

Pesan yang menarik dalam sebuah aktivitas email marketing sangat penting untuk membawa kesuksesan dari rencana pemasaran menggunakan media email ini. Membuat isi email marketing merupakan tahap kedua dari proses menjalankan email marketing yang baik.

Perhatikanlah kompetisi yang ada dalam penggunaan email marketing. Luangkan waktu untuk medaftarkan diri ke program newsletter, atau pelanggan/subscribers pesaing kita atau penyedia produk/jasa favorit kita. Dari program email marketing mereka, kita dapat mendapatkan banyak hal bermanfaat dalam belajar memahami isi email marketing yang baik.

Saat kita sudah mendaftarkan diri, dan mulai menerima pesan email marketing dalam email pribadi kita, perhatikanlah apa saja yang membuat kita tertarik untuk melihat isi email yang dikirimkan ke dalam inbox kita.

Manfaatkan email marketing untuk mencapai tujuan yang pas untuk bisa kita dapatkan dari media email misalnya menambah jumlah pengunjung website, memperkuat hubungan dengan konsumen/relasi, sampai mengembangkan brand awareness.

Panjang pendeknya isi email marketing juga berpengaruh. Sebuah tips mendasar email marketing dalam menentukan panjang pendek isi email adalah dari intensitas pengiriman email marketing itu sendiri. Semakin sering kita menjalankan email marketing maka sebaiknya isinya pendek. Sebuah informasi panjang yang diterima setiap hari tentu hanya akan membuat penerima email jenuh dan kehabisan waktu untuk membaca.

Buat isi pesan terkesan pribadi dan santai. Berpikirlah seperti konsumen dan tulis isi email dalam sebuah nada pembicaraan. Pembaca senang melihat bahwa ada manusia yang peduli dibalik jalannya sebuah bisnis. Hal ini bisa terwujud dari cara kita menulis pesan dalam email marketing.

Hindari penggunaan kata GRATIS dalam subjek email karena kata tersebut mudah terdeteksi sebagai spam akibat penyalahgunaan secara berlebihan oleh para pemasar online.

Usahakan untuk selalu jujur dengan subjek email marketing dan pastikan subjek email menggambarkan isinya dengan tepat.

Pemilihan subjek email yang mencuri perhatian penerima email bisa berpengaruh besar apakah pembaca email akan mengambil tindakan sesuai keinginan kita atau tidak.

Jangan lupakan kalimat ajakan di bagian akhir email marketing seperti “jangan lupa bagikan pesan ini kepada teman”. Hal sepele seperti ini bisa membuat pesan kita menyebar tanpa terduga.

Pilih Format Email Marketing yang Pas

Jika kita sudah menemukan isi email yang pas, maka selanjutnya kita perlu tahu cara menyampaikan isi email marketing dengan pas juga. Inilah tahapan yang ketiga dalam menjalankan email marketing yang baik.

Bentuk email marketing seperti HTML atau rich media yang termasuk suara, video, dan animasi terbukti mendapatkan respon yang sangat baik, namun tetap saja bentuk email berupa tulisan penting bagi sebagian besar orang.

Jangan lupa berikan link untuk pembaca melakukan tindakan selanjutnya di bagian akhir email.

Untuk bentuk tulisan, gunakan model poin-poin dan latar belakang putih bersih.

Hindari penggunaan huruf besar atau cetak miring di bagian isi email karena akan membuat pesan sulit terbaca.

Tes email marketing kita ke beberapa akun email milik sendiri untuk melihat seberapa bagus hasilnya untuk dilihat.

Buat penerima email mudah membaca isi email dengan cepat. Hal ini dpaat dilakukan dengan menggunakan huruf besar di bagian judul dalam isi email.

Perhatikan Hasil Email Marketing yang Dilakukan

Jika kita mau memperhatikan seberapa baik email marketing yang dijalankan dengan berbagai strategi yang sudah dipilih kita dapat memahami dengan baik apa saja yang berhasil dan apa saja yang gagal. Dengan demikian, kita sudah selangkah lebih dekat dengan kesuksesan dalam menjalankan email marketing yang baik.

Mengumpulkan hasil melalui sistem pelacak link dan memiliki akses ke sistem pelaporan email marketing yang real-time dapat membantu kita memahami sukses tidaknya email marketing dengan cepat.

Tes email marketing dengan menggunakan berbagai subjek email, judul isi email dan desain email itu sendiri. Sistem pelacak yang tersedia di penyedia jasa email marketing dapat membantu kita memantau hasilnya.

Seiring berjalannya waktu, analisalah hasil email marketing yang dijalankan, gunakan kreativitas untuk terus meningkatkan hasil email marketing kita dengan selalu memprioritaskan manfaat kepada konsumen kita.

Siap Menjalankan Email Marketing dengan Baik?

Itulah 4 tahap menjalankan email marketing yang baik. Email marketing bisa member manfaat besar bagi bisnis jika dilakukan dengan baik. Manfaatkan 4 tahap di atas, kombinasikan dan selalu kembangkan dengan kreativitas yang kita miliki agar hasilnya selalu maksimal.

No Responses

  1. Pingback: Strategi Marketing Konten Untuk Bisnis I Januari 30, 2016
  2. Pingback: Bangun Hubungan Baik Melalui Email Marketing Februari 10, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+