Strategi Marketing Konten Untuk Bisnis

Bagian 6 Belajar Internet Marketing

Untuk Anda yang sudah berminat mempelajari internet marketing dan sudah belajar sendiri tentu sudah mendengar jutaan kali istilah marketing konten atau strategi marketing konten. Istilah ini sangatlah sederhana tapi tahukah Anda apa maknanya?

Marketing konten bermakna seperti kata itu terdengar, artinya itu adalah proses menarik dan menumbuhkembangkan basis konsumen blog/website Anda melalui konten berkualitas.

Dengan kata lain sebuah strategi marketing konten merupakan sebuah investasi.

Jika sudah demikian maka marketing konten merupakan sebuah bagian dari kerangka marketing secara umum.

Karena itu marketing konten akan memerlukan sebuah sudut pandang strategis.

Marketing konten akan mentarget pengunjung yang datang dari berbagai jalur penjualan yang sudah Anda siapkan.

Jangan salah kaprah tentang marketing konten. Marketing konten bukanlah media sosial, blog personal ataupun corporate blog. Sama seperti praktik marketing lainnya, marketing konten memerlukan komitmen sampai sistem dan sebuah standar tersendiri. Marketing konten sebaiknya dilakukan secara akuntabel untuk mendapat hasil akhir yang bisa diukur.

Strategi Marketing Konten adalah Strategi Membangun Hubungan Baik

Marketing konten lebih dari sekedar menciptakan dan membagikan konten. Marketing konten merupakan alat yang jika dimanfaatkan dengan baik akan memposisikan brand bisnis Anda sebagai yang terdepan.

Marketing konten merupakan sebuah seni menciptakan dan menyebarluaskan konten berkualitas dan relevan untuk menarik, mendapatkan dan terhubung dengan konsumen potensial dengan tujuan membuat konsumen mengikuti anjuran aktivitas yang mendatangkan profit.

Strategi marketing konten dapat dimulai dengan bercerita sebuah konsep yang menjadi kebutuhan konsumen potensial Anda.

Tehnik cerita yang baik akan membuat konsumen merasa tertantang, khususnya jika Anda seorang pemasar atau pemilik usaha yang memiliki latar belakang pengetahuan pemasaran. Melalui marketing konten, Anda tidak bisa dan jangan pernah berniat menjual. Daripada berusaha menawarkan sesuatu secara frontal kepada konsumen potensial, lebih baik Anda fokus kepada mengarahkan perhatian konsumen kepada brand bisnis Anda dan melalui kepemimpinan Anda di bidang sesuai keahlian Anda sendiri. Berpikirlah tentang mengarahkan prospek kepada jalur pembelian yang sudah tercipta. Penjualan akan terjadi sebagai aktivitas alami atas hubungan baik yang terjadi dari proses yang Anda bangun dengan konsumen potensial melalui strategi marketing konten.

Qualcomm menerapkan strategi marketing konten ini dengan efektif dengan membuat konten inofativ untuk membuat pengunjung selalu tertarik. Satu hal yang tidak dilakukan secara terang-terangan kepada setiap pengunjung yang datang adalah “menjual”

Bagian 6 Internet Marketing Beranda Qualcomm

Ketimbang menghasilkan konten dari tim pemasaran, qualcomm menggunakan keahlian jurnalis, pemimpin usaha dan blogger di bidang teknologi. Dengan strategi marketing konten seperti itu qualcomm mencba untuk membuat brand bisnisnya berada di posisi teratas dari para pesaingnya. Mereka tidak membicarakan dirinya sendiri melainkan mereka membicarakan topik bahasan yang diperhatikan oleh para pembaca.

Jangan Sekedar Ngeblog

Marketing konten lebih dari sekedar menulis blog. Ada banyak jenis jalur yang membuat brand bisnis Anda dapat dimanfaatkan untuk terhubung dengan konsumen potensial. Beberapa diantaranya adalah:

Konten Video

Sebuah konten video untuk marketing konten bisa menjadi hiburan sekaligus edukasi untuk mewakili brand bisnis Anda. Fokus pada topic khusus yang terkait dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Seperti sudah diungkap sebelumnya, sebuah usaha start-up bernama Dollar ShaveClub memanfaatkan strategi marketing konten melalui konten video untuk launching produk dan mendapatkan perhatian konsumen potensial mereka melalui penciptaan konten video yang menghibur sekaligus edukatif. Konten video mereka menyebar dengan segera dan menghasilkan 12000 konsumen berlangganan dalam beberapa hari launching produk.

Portal Konten dan Microsite

Ini merupakan perantara yang didesain untuk menarik dan mendidik pembaca tentang topik yang menarik minat mereka. Sebagai contoh Qualcom menyediakan sebuah portal konten yang dinamakan qualcomm spark untuk menarik minat konsumen potensial

Contoh lainnya dari learnvest yang memberikan sumber edukatif kepada konsumen tentang pilihan kehidupan finansial mereka. Portal konten itu menyediakan kisah-kisah dan strategi aplikatif dari para praktisi yang berhasil mengelola uang secara efektif dalam hidupnya.

Ebook

Ebook merupakan jenis konten yang lebih panjang dibandingkan konten video maupun portal konten. Sebuah ebook sebaiknya di desain untuk tujuan edukasi. Salah satu pelaku strategi marketing konten dengan memanfaatkan ebook edukatif adalah Wealthfront yang mengeluarkan ebook tentang panduan karir. Wealthfront merupakan perusahaan software manajer investasi yang menyediakan layanan konsultasi keuangan online. Lantas kenapa karir yang dibuat topik ebook mereka? Target mereka adalah kalangan profesional muda yang berdasarkan riset mereka memiliki kemampuan finansial untuk melakukan investasi sesuai bidang usaha wealthfront.

Ebook seperti apa yang sebaiknya Anda buat? Lakukanlah riset terlebih dahulu karena semakin tinggi target konsumen potensial Anda semakin tinggi juga biaya ebook yang seharusnya Anda keluarkan sebagai bagian dari strategi marketing konten. Atau Anda juga bisa membuat ebook sendiri namun pertimbangkan target konsumen Anda. Notordinaryblogger sudah menerapkan cara ini tidak lama sejak blog ini dibuat. Ini ebooknya.

Infographics

Infographics merupakan alat marketing konten dengan kombinasi cerita dan penyampaian data secara visual. Kuncinya adalah untuk bercerita secara visual, mengurai topik rumit kedalam materi visual yang menarik dan mudah dicerna.

Kelas Online

Satu cara untuk membangun hubungan baik dengan pengunjung adalah dengan membuka kelas online sesuai keahlian Anda. Anda bisa mengajar kelas online melalui email, video, atau toko usaha Anda.

Terdengar rumit? Sebenarnya konsep kelas online yang paling sederhana menurut penulis. Anda bisa membangun kelas online sendiri melalui diskusi di kolom komentar blog/website (jika tersedia). Salah satu tanda ketertarikan pembaca adalah dengan munculnya komentar atas konten yang disajikan. Jika itu terjadi, terlebih jika komentar yang muncul berbobot (memberi masukan, kritik atau saran) maka Anda bisa membuatkan hidup dengan terus menjaga diskusi. Tanpa disadari kelas online pun tercipta dalam blog/website Anda.

Webinar

Satu cara yang sangat berharga dalam hal membangun komunitas pelanggan adalah untuk mengadakan webinar. Webinar merupakan sebuah seminar hanya saja dilakukan secara online. Sebuah webinar dapat dilakukan dengan biaya murah atau bahkan gratis. Kekuatan webinar ada di jangkauannya yang luas untuk mengakomodir berapapun jumlah peserta seminar di seluruh dunia.

Biaya yang muncul dari sebuah webinar adalah perangkat lunak yang Anda butuhkan untuk mengadakan sebuah webinar atau bahkan menyewa ahli untuk mengadakan webinar itu.

Beragam cara yang disampaikan diatas sangatlah bermanfaat namun jangan pecah fokus karena Anda hanya perlu menyesuaikan mana yang paling sesuai dengan model bisnis yang Anda kembangkan dan ketersediaan pasar untuk bisnis Anda.

Apapun yang anda lakukan, lakukanlah dengan sebaik mungkin. Selalu ada ruang untuk menciptakan lebih banyak konten seiring perkembangan bisnis Anda.

Marketing Konten akan Menjadi Media Pendatang Trafik Terbesar

Blog/website papan atas mengembangkan trafik organik mereka dari marketing konten. Strategi marketing konten tidak mahal dan mampu memberikan hasil secara cepat.

Inilah 3 kunci utama untuk sukses menjalankan marketing konten.

  • Berikan konten yang detil dan konsisten. Sebuah konten yang pendek cenderung mendapatkan lebih sedikit link dari blog/website lain. Jangan menjadi terbebani untuk menghasilkan banyak konten setiap hari. Prioritaskan kualitas diatas kuantitas.
  • Manfaatkan gambar untuk membuat artikel mudah dipahami. Internet dipenuhi dengan informasi oleh karena itu buatlah konten yang mudah dipahami maka pembaca akan mengingat Anda yang berarti trafik Anda akan meningkat.
  • Jaga konsistensi. Jika Anda tidak sanggup memberikan konten baru secara regular, akan sangat sulit mendapatkan keuntungan. Pastikan Anda sanggup menjaga konsistensi memberikan konten baru bagi pembaca.
  • Buat judul yang menarik perhatian. Jika judul konten Anda membosankan tidak ada yang mau membacanya. Konten Anda perlu menarik perhatian, punya sudut pandang, dan berbicara kepada pembaca untuk menjawab masalah mereka. Judul artikel memiliki kesempatan untuk membuat kesan pertama yang tak terlupakan.

Website ternama seorang penulis profesional, Copyblogger menjelaskan bahwa 8 dari 10 orang akan membaca judul artikel namun hanya 2 diantara 10 yang akan membaca dengan seksama seluruh isi artikel Anda.

Judul artikel sebaiknya pendek, menggoda, dan menarik.

Buat Konten Sebagai Bagian dari Mekanisme Trafik Referal

Proses pembuatan konten hanyalah 20% dari ramuan marketing konten. Sisanya adalah menyebarluaskan konten itu. Sebagai tambahan untuk membuat konten yang berkualitas, Anda perlu melakukan usaha berkelanjutan untuk menarik perhatian.

Satu cara paling umum untuk mendatangkan pengunjung rutin yang sering diajarkan para guru internet marketing adalah melalui email marketing. Itu merupakan cara yang tepat dan tentu Anda bisa mencobanya. Namun apa yang dilakukan notordinaryblogger?

Mengusung blog dengan dua bahasa dan menjalankan blog secara part-time dan tenaga manusia yang minim tentu waktu adalah musuh terbesar admin. Setelah memutar otak berpikir bagaimana membuat blog ini bertahan dan tumbuh besar, maka strategi konten marketing untuk mendatangkan trafik yang digunakan bukanlah email marketing (mungkin jika blog ini satu bahasa email marketing cara yang paling tepat) melainkan “konten berkualitas” dan “media sosial”.

Konten Berkualitas untuk Mendatangkan Trafik Referal

Konten berkualitas yang menjadi fokus adalah konten hasil riset dengan penjelasan yang serinci mungkin. Konten ini jelas akan memakan waktu dalam pembuatannya namun konten semacam ini sangatlah bermanfaat untuk membuat brand notordinaryblogger semakin dikenal dikalangan pembaca (blogger). Target yang dikejar dengan fokus menciptakan konten seperti ini adalah “returning visitors”( indikator google analytics yang mencatat pengunjung yang selalu kembali ke blog/website berdasarkan rekaman algoritmanya) dan referral trafik dari media sosial seperti facebook atau twitter.

Bagian 6 Returning Visitors

Dari screenshot data trafik notordinaryblogger diatas bisa dilihat bahwa returning visitors dari Januari 2013 – Januari 2016 sebesar 12,9%. Dengan jumlah pengguna sebanyak 691.326 maka per bulan sebesar 19.203. Maka pengunjung rutin notordinaryblogger setiap bulan (tanpa email marketing) adalah sebanyak 2.477 (secara rata-rata mudah).

Media Sosial untuk Mendatangkan Trafik Referal

Selain konten berkualitas notordinaryblogger fokus kepada media sosial untuk mendatangkan trafik sebagai pengganti email marketing. Seperti sudah diungkap sebelumnya bahwa konten berkualitas akan memancing pembaca untuk berbagi konten itu. Saat ini hampir semua orang memiliki akun facebook maka jika kita memberi jalan pembaca untuk berbagi konten kita di facebook, akan semakin besar peluang blog kita menerima trafik tambahan dari media sosial itu.

Satu cara mudah mencuri trafik dari facebook adalah dengan membuat sebuah fanpage. Terkait fanpage, notordinaryblogger juga menerapkan cara yang sedikit berbeda dengan cara yang diajarkan para guru internet marketing yang mencantumkan Fanpagenya di blog agar memudahkan pengunjung segera menjadi pengikut. Lagi-lagi karena konsep dua bahasa akhirnya notordinaryblogger hanya fokus memasarkan fanpage di facebook tanpa mengandalkan blog. Yang diandalkan adalah kualitas konten yang dibagikan melalui fanpage itu sendiri yang ditargetkan menarik fans-fans baru setiap harinya. Hasilnya? Silahkan lihat sendiri:

Bagian 6 Internet Marketing Fanpage

 

Teknologi blog saat ini khususnya wordpress (mengingat notordinaryblogger menggunakan wordpress premium) sudah menyediakan alat (plugin) media sosial yang bisa otomatis menyediakan tanda beberapa medsos sekaligus. Alhasil semakin besar peluang blog kita mendapat tambahan trafik dari media sosial.

Bagian 6 Internet Marketing Trafik Referal Media Sosial

Screenshot diatas menunjukkan trafik referal 3 tahun terakhir dari notordinaryblogger. Untuk media sosial facebook dan twitter bisa dilihat masing-masing mendatangkan pengunjung sebanyak 17.301 dan 14.016. Ini berarti sebulan notordinaryblogger mendapatkan trafik dari kedua media sosial itu sebanyak 869 pengunjung.

Dengan pertimbangan strategi marketing konten itu hanya perlu investasi pikiran, tenaga dan waktu maka bisa dibilang hasilnya lumayan dalam menjaga kuantitas trafik di luar trafik organik yang seharusnya didapatkan melalui email marketing yang tidak dijalankan di notordinaryblogger.

Indikator Sukses untuk Diperhatikan

Marketing konten bergarga untuk menghubungkan Anda dengan konsumen di semua segmen jalur penjualan. Pastikan Anda mengawasi indikator yang tepat untuk memaksimalkan program marketing konten Anda.

Interaksi

Indikator ini akan menilai hubungan yang Anda bangun dengan prospek dan konsumen. Perhatikan informasi berikut ini untuk menangkap konsep pentingnya:

  1. Pageview: jumlah halaman yang dilihat di website Anda dalam kurun waktu tertentu
  2. Average visit duration: Berapa lama pengunjung menghabiskan waktu di blog Anda
  3. Return visit: Jumlah pengunjung yang sama kembali (lebih dari satu kali) ke blog Anda dalam kurun waktu tertentu
  4. Bounce rate: Persentase pengunjung yang berkunjung ke blog Anda kemudian segera meninggalkannya. Baca juga cara menurunkan bounce rate blog.

Penyebaran Konten

Konsep ini akan menangkap pengaruh, distribusi dan jangkauan konten Anda. Ini merupakan indicator apakah pengunjung menemukan manfaat dari apa yang Anda berikan. Informasi berikut ini akan membantu Anda menilai konsepnya:

  1. Jumlah share media sosial: Share melalui media sosial seperti facebook, twitter dan lainnya memberikan konten Anda kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan publikasi.
  2. Unique visitors: Total angka pengunjung tertarget yang datang ke blog/website Anda dalam kurun waktu tertentu.

Peluang dan Konversi

Pekerjaan paling penting dari seorang marketer adalah mendatangkan peluang dan konversi. Marketing konten seharusnya berbarengan dengan kedua hal ini. Apa saja informasi penting dalam konsep ini?

  1. Leads: jumlah peluang yang langsung atau tidak langsung terkait marketing konten.
  2. Konversi: Jumlah penjualan/pesanan yang datang melalui konten Anda
  3. Signup atau inquiries: Jumlah orang yang menyatakan minat melakukan bisnis dengan Anda setelah mengkonsumsi konten yang Anda sajikan.

Sangatlah penting untuk memahami bagaimana peluang berhubungan dengan brand usaha Anda melalui jalur pembelian. Tergantung dari bisnis Anda, biasanya aka nada beberapa tahap untuk mengubah peluang menjadi penjualan. Marketing konten seharusnya mampu membantu konsumen melalui jalur penjualannya. Proses itu seharusnya “mengena” secara emosional, menyenangkan dan terbuka.

Pendapatan

Berapa banyak penghasilan yang dihasilkan dari program marketing konten Anda? Untuk mengukur aspek ini Anda harus mampu menghubungkan penjualan dengan upaya marketing konten Anda.

Pendapatan rutin: analisa penghasilan yang diberikan program marketing konten Anda dalam kurun waktu tertentu. Lihak persentase penghasilan yang berasal dari marketing konten sama halnya dengan penghasilan dari upaya marketing lainnya yang Anda lakukan.

Nilai Sepanjang Masa dan Biaya Seorang Konsumen

Berapa banyak biaya harus Anda keluarkan untuk mendatangkan 1 konsumen melalui marketing konten? Rata-rata, berapa besar nilai yang akan diberikan konsumen sepanjang bisnis Anda berjalan? Metric ini akan membantu Anda merancang anggaran cerdas untuk strategi konten marketing Anda, untuk memastikan bahwa investasi Anda menghasilkan dan tidak merugikan.

Pengingat Untuk Strategi Konten Marketing Anda

  • Marketing konten lebih dari sekedar ngeblog. Jadilah kreatif dalam menentukan jenis konten yang Anda publikasikan.
  • Jalankan strategi marketing konten secara akuntabel dengan mengawasi kesuksesan melalui indicator yang mendatangkan keuntungan untuk bisnis Anda.
  • Fokus kepada interaksi bukan promosi diri sendiri. Tulislah tentang topik yang membuat pembaca peduli tanpa melakukan promosi berlebihan untuk brand bisnis Anda. Biarkan penjualan terjadi secara alami melalui strategi marketing konten yang Anda jalankan.
  • Satukan marketing konten Anda sebagai bagian dari strategi marketing yang lebih besar.
  • Fokus untuk mengantar konsumen dan prospek melalui jalur penjualan Anda. Buat pengalaman mereka berada di jalur penjualan itu menyenangkan, menarik dan tanpa hambatan. Utamakan hubungan baik diatas transaksi.
  • Jangan menyerah untuk berikan kualitas. Konten Anda sudah seharusnya menjadi luar biasa. Pembaca tidak akan peduli dengan pengalaman biasa saja karena sudah banyak konten berkualitas rendah di internet.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+