4 Pilar Utama Sukses Jualan Online

Pilar Utama Sukses Jualan Online? Apa saja?

Jualan online merupakan salah satu alternatif bisnis yang menjanjikan saat ini karena penjual bisa menjangkau konsumen secara luas. Dengan bantuan koneksi internet, penjual bisa menjangkau konsumen dimanapun mereka berada.

Jualan online saat ini gampang-gampang susah karena semakin banyak orang yang mencoba peruntungan dengan membuka toko online. Alhasil, persaingan antar sesama penjual online sangatlah ketat dan hanya mereka yang berhasil menjaga performanya yang dapat bertahan dan sukses jualan online.

Bagi rekan pembaca yang sedang bimbang dalam memulai jualan online atau sudah memiliki toko online namun sedikit ragu untuk melanjutkan, maka ketahuilah 4 pilar utama sukses jualan online berikut ini:

Menggunakan website yang baik dan profesional dalam ber jualan online
Website atau blog adalah tempat berjualan, etalase dan wakil dari produk yang dijual dan sekaligus pribadi penjual. Memang pada dasarnya blog gratis bisa dimanfaatkan untuk berjualan, namun sebagai pengusaha yang serius tentu kita akan memilih web hosting berbayar. Profesionalisme dan kredibilitas penting sekali di mata konsumen bukan? Pilihlah kombinasi warna desain website yang baik, gunakan tren warna desain website sebagai pertimbangan untuk menarik minat konsumen yang datang dan melihat-lihat website kita. Desain website yang mudah dan sederhana akan memberi hasil maksimal dalam menciptakan penjualan. Berikanlah petunjuk mudah untuk melihat produk sampai membeli produk yang ditampilkan dalam website kita.

Berikan informasi yang jujur dan mencukupi tentang produk yang dijual
Informasi pelengkap produk sangatlah penting dalam jualan online. Spesifikasi produk, harga yang diberikan sampai gambar produk merupakan aspek penting dalam jualan online. Sudah menjadi sifat pembeli untuk melihat barang dan memeriksa barang yang akan dibelinya, hal ini lazim karena sebagai pembeli kita ingin memastikan uang dihabiskan dengan baik. Dalam konsep jualan online, pembeli tidak mungkin melihat langsung barang sebelum membayar, oleh karenanya informasi lengkap tentang produk yang dijual akan sangat membantu menciptakan penjualan. Dalam memberikan informasi tersebut, kejujuran penjual sangatlah penting. Jualan online tidak akan pernah sukses jika tidak dilandasi kejujuran informasi yang diberikan penjual kepada pembeli. Kejujuran penjual akan memberikan kredibilitas di mata konsumen yang pada akhirnya akan menimbulkan efek promosi berantai. Konsumen yang puas akan kualitas produk dan kejujuran penjual online dengan senang hati akan merekomendasikan sebuah toko online kepada rekan-rekannya.

Berikan informasi tentang bagaimana transaksi bisa dilaksanakan
Tantangan dalam jualan online adalah menjaga kepuasan pembeli sampai barang diterima. Secara umum, pengiriman barang akan melibatkan jasa pihak ketiga. Nah, untuk memudahkan, cantumkanlah harga jasa pengiriman barang ke berbagai lokasi yang dijangkau oleh layanan penjualan toko online. Dengan informasi bermanfaat ini, pembeli dapat memperhitungkan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli sebuah barang dari toko online. Selain biaya pengiriman, informasi tentang garansi juga penting sekali untuk disampaikan. Jika memang ada mekanisme garansi tentu pembeli semakin senang untuk membeli. Jangan lupa untuk menjelaskan mekanisme garansi yang diberikan dengan sejelas-jelasnya sehingga konsumen paham dengan baik.

Informasi waktu pelayanan jualan online
Sebagai sebuah bisnis, maka layanan konsumen memegang peranan penting. Layanan konsumen yang baik akan membuat pembeli selalu kembali. Berikanlah informasi layanan konsumen sesuai kemampuan kita sebagai penjual.

Jika kita hanya mampu memberikan layanan konsumen melalui email maka jelaskanlah hal tersebut. Jangan buai konsumen dengan informasi layanan konsumen yang berlebihan jika tidak ingin reputasi toko online kita hancur.

Jika kita berkomitmen untuk sukses jualan online, perhatikan kecepatan dalam merespon setiap pertanyaan konsumen karena itu menunjukkan perhatian kita kepada konsumen. Konsumen yang diperhatikan cenderung akan melakukan pembelian karena mereka merasa menemukan penjual yang tepat untuk mereka.

Jika respon terlalu lambat, bisa jadi konsumen memilih berbelanja di tempat lain yang memiliki layanan konsumen lebih baik.

Bookmark Pilar Utama Sukses Jualan Online

Ketahuilah bahwa konsumen ingin tahu secara detil tentang berbagai hal khususnya dalam jual beli online, oleh karena itu jika kita ingin sukses jualan online, kita harus siap dengan layanan konsumen yang prima.

4 Comments

  1. Ibrahim Lubis Oktober 19, 2014
  2. HUSSEIN Oktober 29, 2014

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+