16 Cara Menulis Artikel yang Banyak Dicari di Internet


Ngeblog untuk bisnis berarti siap tidak hanya untuk berkompetisi tapi juga memahami cara menulis artikel yang banyak dicari di internet. Untuk blogger yang mayoritas kontennya berupa tulisan tentu akan berlomba menciptakan artikel yang banyak dicari namun tentu tidak setiap hari ide dapat muncul dengan mudah.

Pemahaman akan artikel yang banyak dicari di internet akan mempercepat pertumbuhan blog Anda menjadi terkenal dan ramai pengujung. Jika sudah demikian tentu saja peluang komersial akan semakin mudah datang dan Anda bisa mengelolanya sebagai sumber penghasilan.

Anda seorang blogger? Jika ya maka sudah sepantasnya Anda memahami jenis-jenis artikel yang banyak mendatangkan pengunjung. Namun bagaimanakah artikel yang masuk kategori ini? Inilah pengalaman notordinaryblogger dalam menulis artikel yang banyak dicari di internet.

“Bagaimana”

Jenis artikel pertama yang banyak dicari di internet adalah artikel yang menjelaskan suatu cara. Anda bisa dengan mudah membuat judul artikel dengan “bagaimana (jelaskan apa yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca)”. Notordinaryblogger sudah menerapkan trik ini pada artikel bagaimana Anda bisa menghasilkan uang lewat blog. Artikel kategori “bagaimana” atau dalam bahasa asing dikenal dengan istilah “how to” sepertinya memang memberi sinyal khusus kepada mesin pencari bahwa artikel ini menjawab secara spesifik suatu permasalahan. Jika sudah demikian, kemungkinan besar artikel Anda akan diindeks oleh mesin pencari.

“Pilihan Cara”

Jenis artikel yang banyak dicari di internet selanjutnya adalah “pilihan cara”. Maksudnya adalah Anda memberikan lebih dari satu cara untuk mendapatkan hasil tertentu. Notordinaryblogger menerapkan trik ini dalam artikel 10 cara mendapatkan uang dari internet tanpa ngeblog. Dalam artikel ini jelas bahwa pembaca akan disodorkan dengan lebih dari 1 cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan uang dari internet tanpa harus ngeblog. Strategi menulis konten cara ini bisa memberi sinyal kualitas pada mesin pencari yang berarti pembaca akan diberi banyak alternatif untuk dicoba.

“Kemudahan”

Masih berkaitan dengan artikel “Pilihan Cara” kemudahan berarti artikel yang Anda berikan menawarkan kemudahan tertentu kepada pembaca. Dalam artikel contoh sebelumnya, maka notordinaryblogger mencoba menawarkan kepada pembaca cara-cara yang bisa ditempuh untuk menghasilkan uang dari internet “tanpa” ngeblog. Ya. Inilah kuncinya. Jika menghasilkan uang dengan ngeblog merupakan suatu cara yang sudah lazim, maka dari itu menghasilkan uang dari internet tanpa ngeblog menjadi suatu hal yang baru dan menarik perhatian pembaca.

“Spesifik”

Seiring perkembangan algoritma Google maka semakin spesifik sebuah artikel menjelaskan sesuatu semakin besar kemungkinan artikel itu mendatangkan banyak pembaca. Jenis artikel spesifik adalah artikel yang menjelaskan secara detil akan suatu permasalahan yang dibahas. Ke-spesifikan artikel juga biasanya dapat dilihat dengan mudah dari judulnya. Misalkan “Cara Mudah Memanfaatkan Informasi Mendasar dari Data Google Analytics untuk Meningkatkan Traffic Sebuah Blog” Bisa dipahami bukan?

“Daftar”

Artikel yang memberikan daftar tertentu cenderung mendapat banyak perhatian karena mengesankan pilihan yang diberikan untuk pembaca. Misalkan 10 Restoran Seafood yang Menjual Paket Hemat di Jakarta Pusat tentu akan lebih menarik minat dibandingkan Restoran Murah di Jakarta Pusat. Pengunjung yang datang membaca judul artikel yang pertama cenderung akan melakukan aksi lanjutan ketimbang pengunjung yang membaca judul artikel kedua.

“Tips atau Panduan”

Tips dan panduan seolah memiliki kekuatan magis dalam menarik minat pembaca internet. Dua artikel notordinaryblogger panduan meningkatkan domain authority dan tips seo untuk blogger menjadi artikel populer sejak artikel itu diterbitkan.

“Mitos atau Fakta”

Mitos dan kebalikannya, fakta akan menarik rasa penasaran dari pembaca. Terlebih jika suatu topik yang dilemparkan berkaitan erat dengan topik yang sedang hangat diperbincangkan seperti 10 Fakta Donald Trump tidak akan menjadi Presiden Amerika Serikat dalam Waktu Dekat tentu akan menyedot perhatian banyak pihak karena di saat bersamaan sedang berlangsung proses politik yang menentukan siapa calon presiden Amerika Serikat.

“Gratis”

Tidak bisa dipungkiri, kata “gratis” jelas mendatangkan banyak perhatian orang tidak terkecuali dalam informasi internet. Hal ini sudah terbukti dari ebook seo artikel gratis yang dibagikan notordinaryblogger kepada pembaca setia blog ini. Postingan itu sangat membantu mendongkrak popularitas notordinaryblogger meskipun jarang sekali update.

“Aneh”

Sebuah artikel yang memiliki nuansa aneh juga akan menarik minat pembaca untuk datang dan melihat sendiri informasi yang ditawarkan. Sebuah contoh informasi mudah ini adalah Kisah Sukses Sales Mobil yang Tidak Bisa Menyetir. Artikel ini akan mengundang rasa penasaran dan secara instan menarik minat pembaca meskipun untuk jangka pendek.

“Kontroversial”

Tentu saja sebuah artikel kontroversial akan menarik minat pembaca karena itu berarti ada sesuatu yang berbeda yang ditawarkan. Jika Anda berminat untuk membesarkan blog dengan trik artikel kontroversial Anda perlu berhati-hati karena “kualitas artikel” harus dijaga agar nuansa kontroversial mendapat dukungan penuh dari pembaca.

“Menghibur”

Artikel yang sekedar menghibur tentu menjadi penghilang penat bagi banyak netter yang juga mencari cara mengisi waktu luang. Artikel-artikel seperti kehidupan olahragawan, artis, musisi, perkembangan dunia fashion bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para netter untuk sekedar mengisi waktu luang atau menambah wawasan sambil menunggu aktivitas lainnya.

“Update Informasi”

Informasi yang memperbarui sebuah informasi yang lebih dulu muncul bisa menjadi daya pikat pembaca. Terlebih jika artikel sebelumnya memang sudah mendapat banyak sorotan, tentu saja update atas artikel itu akan semakin membuat banyak orang ingin tahu. Lazimnya, perusahaan media akan menerapkan update informasi ini dengan sangat baik karena mereka cenderung didukung dengan sumber daya yang memadai.

“Download”

Seiring perkembangan teknologi smartphone sekarang ini semakin banyak orang yang ingin mendownload langsung sesuatu dari internet untuk gadgetnya. Nah, jika Anda salah satu blogger penyedia sumber download yang terpercaya, ini merupakan berita positif karena Anda bisa dengan mudah mendapatkan banyak pengunjung dengan konten-konten yang siap di download pengunjung.

“Sendiri”

Jangan salah bahwa sekarang ini eranya mandiri. Dengan bantuan internet semuanya sekarang tidak mustahil untuk dilakukan sendiri. Mulai dari membuat kue, bermain gitar, sampai bermain saham semuanya bisa berkat panduan dari internet. Ingin mengambil keuntungan dari jenis artikel ini? Pastikan Anda membahas suatu cara yang bisa dilakukan sendiri. Misalkan, cara membuat ebook sendiri yang tentu akan menarik minat mereka yang ingin membuat ebook secara mandiri. Ingin menarik minat pembaca yang mau mahir bermain gitar secara mandiri? Sudah tahu kan judul artikel apa yang harus digunakan?

“Panjang (detil dan spesifik)”



Inilah yang akan sedikit menantang banyak blogger sekarang ini. Sejak jamannya algoritma Google pasca 2014 kualitas menjadi yang terdepan dalam internet marketing. Ini sebabnya, panjang akan menjadi faktor penentu kesuksesan Anda membuat artikel yang banyak dicari di internet. Artikel panjang disini bukan berarti terlalu bertele-tele melainkan panjang berarti kesempatan untuk menjelaskan secara lebih detil. Berikan gambar, ilustrasi atau penjelasan dari kata-kata sedetil mungkin. Dengan demikian pembaca akan semakin mudah memahami yang sekaligus mengurangi bounce rate blog Anda. Ini berarti hanya satu, blog Anda berkualitas. Jika sudah demikian tentu semakin banyak pengguna internet mencari blog Anda atas artikel yang ditawarkan tadi.
“Mengandung Kata Kunci (Phrase Keyword)”

Kata kunci phrase keyword merupakan kata kunci yang berupa kalimat panjang bukan sekedar dua kalimat saja. Contoh mudah dalam jenis artikel ini adalah tips menulis blog bahasa inggris yang memang ditargetkan untuk blogger Indonesia yang ingin menulis blog dalam bahasa inggris. Atau panduan meningkatkan domain authority, atau cara membuat ebook sendiri. Semuanya merupakan strategi membuat artikel yang banyak dicari di internet yang memasukan phrase keyword kedalamnya hasil dari riset keyword yang menguntungkan.

Siap Menerapkan 16 Cara Menulis Artikel yang Banyak Dicari di Internet?

Dari kesemua cara menulis artikel yang sudah dijelaskan dalam postingan ini, cara manakah yang paling sering Anda lakukan? Bagaimana hasilnya? Apakah sepadan dengan waktu yang Anda habiskan untuk menciptakan artikel itu? Silahkan berikan masukan atas postingan cara menulis artikel yang banyak dicari di internet ini.


5 Comments

  1. ajay kumar kalva April 8, 2016
  2. iimherbalshop April 15, 2016
  3. titan April 16, 2016
  4. Tatang Tox April 18, 2016
    • Okto April 18, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+