Tips Hadapi Persaingan Bisnis Kamera yang Ketat?

  • 4
    Shares

Persaingan bisnis kamera bisa dikatakan sangatlah sengit. Hampir di semua segmennya sangatlah ketat. Tidak terlepas kamera digital single lens reflex atau lebih dikenal sebagai DSLR. Meskipun serbuan smartphone sangatlah deras, pasar DSLR masih tetap tumbuh. Ini dikarenakan adanya kekhususan segmen dan hasil DSLR memiliki perbedaan mendasar dengan smartphone.

Hal menarik yang patut diperhatikan adalah hanya ada dua pemain besar di bisnis DSLR yaitu Nikon dan Canon. Dikarenakan di tanah air ini pemain besarnya sudah ditebak, pangsa pasar pun terbagi rata. Persaingan posisi atas selalu terjadi. Dengan demikian, penguasaan pangsa pasar tidak terlalu mencolok bedanya.

Menempati posisi atas silih berganti tergantung dari peluncuran produk baru. Jika dirata-rata, penjualan dari DSLR di Indonesia setiap tahun berkisar 50 ribu sampai 60 ribu unit. Untuk pangsa pasar kamera secara keseluruhan Nikon berada di posisi dua di Indonesia. Hal ini diutarakan General Manager of Imaging Division PT Nikon Indonesia, Sukimin Thio.

Nikon sudah dikenal sebagai kameranya para profesional dan mempunyai rentang harga lebih tinggi dibanding pesaing produk sekelasnya. Meskipun demikian, pada prinsipnya tidak ada produk sejenis yang head to head berdasarkkan spesifikasinya. Posisi Nikon adalah sebuah kamera untuk kalangan profesional. Namun kini Nikon sudah melebarkan pangsa pasar ke para penghobi serius di dunia fotografi. Ditambah lagi saat ini juga Nikon memasuki entry level.

Baca: Haruskah Beli Kamera GoPro?

PT Nikon Indonesia mengakui jika selama ini kebanyakan produk Nikon menyasar segmen medium dan profesional. Kini Nikon juga mulai mengenalkan produk mirrorless yang sedang naik popularitasnya.

Meningkatnya permintaan mirrorless ini beriringan dengan tren video blog (atau vlog) yang memunculkan banyak sekali vlogger. Sebagai perkenalan citra bahwa produk Nikon tepat untuk pemula Nikon gencar menggelar kampanye pemasaran di kota-kota besar dengan target kalangan muda.

Nikon serius ingin menyasar kalangan muda sebagai basis konsumennya sekarang ini. Untuk harapan masa mendatang, pangsa pasar non-profesional ini dapat menjadi tulang punggung pertumbuhan Nikon.

Baca: Strategi Untuk Memenangkan Persaingan Bisnis

Nah bagaimana? Siap hadapi ketatnya persaingan bisnis? Ambil pelajaran dari Nikon ya? Pertama Anda perlu sigap melihat tren pasar seperti apa atas produk yang dimiliki. Selanjutnya gencar melakukan kampanye untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda ke target konsumen yang dituju. Semoga sukses ya.


  • 4
    Shares

2 Comments

  1. ibrahim Februari 12, 2018
  2. ade sunandar Februari 14, 2018

Leave a Reply

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+