Raih Omzet Tebal Sampai Puluhan Juta dengan Modal Tipis


Raih Omzet Tebal Sampai Puluhan Juta, Mau?

Seperti sudah bukan rahasia lagi bahwa internet memberi sejuta peluang kepada penggunanya. Dengan bantuan internet ide usaha semakin mudah terlaksana bahkan dengan modal tipis sekalipun. Salah satu peluang usaha untuk raih omzet tebal sampai puluhan juta ini adalah dengan menjadi reseller.

Bentuk bisnis reseller yang sudah populer saat ini ada dua. Pertama, sebagai reseller Anda sama halnya seperti penjual pada umumnya, menjual barang, melayani pembeli, menyetok barang dagangan sampai menyelesaikan proses pembayaran. Kedua, sebagai reseller Anda berperan sebagai dropship. Kali ini Anda (dropshipper) hanya sebagai perantara. Tugas utama Anda adalah meneruskan pesanan calon pembeli ke penjual. Barang dagangan tetap menjadi milik penjual bukan Anda. Tanggung jawab pengiriman juga ada pada penjual bukan Anda.

Mana yang paling pas untuk dicoba?

Reni Yanuarni, pemilik toko online tokobundaonline.com memainkan kedua skeam reseller. Produk utamanya adalah tas boncengan sepeda motor. Atas produk ini ia menjalankan skema reseller pada umumnya.

Reni melakukan semuanya mulai dari pemesanan sabuk boncengan sepeda motor langsung dari pembuatnya. Dari situ ia sanggup mendapatkan margin 50%. Melalui websitenya ia menjual produk seharga Rp 110.000,- per buahnya. Dalam satu bulan setidaknya ia selalu berhasil mencetak penjualan 50 sampai 60 buah produk. Untuk bisa mendapatkan margin 50% dia minimal harus memesan 2 lusin kepada produsen.

Produk lainnya adalah tas travel. Untuk tas travel ini Reni menggunakan skema dropship. Cukup mahalnya harga satu tas travel membuatnya memilih untuk menggunakan skema dropship. Harga satu tas travel bisa mencapai Rp 200.000 sampai Rp 450.000. Untuk menggunakan model reseller biasa Reni akan membutuhkan banyak modal namun tidak dengan skeam dropship.

Skema dropship juga tidak menyulitkan Reni terkait pengemasan dan pengiriman barang pesanan. Ia cukup meneruskan pesanan dari pengunjung website toko onlinenya ke produsen. Setelah pembayaran selesai, produsen akan mengirimkan produk ke pembeli atas nama Reni sebagai pengirimnya.

Ikuti  tren

Kunci utama untuk mencoba peruntungan usaha melalui skema reseller ini adalah jumlah modal yang dimiliki dan waktu yang tersedia. Jika Anda ingin memulai usaha dengan modal tipis dan waktu sempit dropshipper bisa menjadi pilihan yang pas. Tugas utama dropshipper adalah menemukan pembeli.

Tantangan lainnya adalah menemukan produk yang memiliki prospek cerah. Bisnis internet menyebabkan peluang setiap produk sama bagusnya mulai dari yang unik, murah sampai mahal dan berkualitas.

80 Juta Per Bulan Dari Reseller Produk Kosmetik

Retno Ummy membuktikan bahwa kecermatan dalam mengamati pasar memegang peranan penting untuk berhasil raih omzet puluhan juta rupiah sebagai reseller. Ia memulai bisnis reseller kosmetik sejak 2010. Di awal perjalanan bisnisnya ia hanya berhasil mencetak penjualan Rp 2 juta per bulannya. Saat ini dia berhasil membukukan Rp 80 juta per bulan.

Produk kosmetik sudah banyak tersedia di pasaran dan berbagai tempat, lantas bagaimana Retno Ummy tetap berjaya membukukan omzet puluhan juta sebagai reseller produk ini? Ia cermat dalam mengamati pasar. Ia menuturkan bahwa dari pengamatannya distributor produk kosmetik hanya menjangkau kota-kota besar saja. Masih banyak penduduk di kota-kota lain yang belum terjangkau oleh produk kosmetik tersebut. Nah, itulah yang menjadi taget pasar dia. Pelanggan produk kosmetiknya berasal dari Kalimantan, Papua, beberapa kota kecil di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pelanggannya pun ada yang seorang reseller juga.

Selain memasarkan produk secara online, ia juga memiliki gerai kosmetik di Bogor. Namun ia mengakui tingkat penjualan toko online lebih besar dibandingkan gerai kosmetiknya.

Ingin Menjadi Reseller Yang Berhasil Raih Omzet Puluhan Juta? Ini Tipsnya

Dari pengalaman-pengalaman sukses para reseller tersebut, dapat disimpulkan beberapa faktor penting yang membawa mereka kepada kesuksesan raih omzet puluhan juta rupiah. Faktor itu adalah :

  1. Cerdas dalam mengenali tren pasar. Misalkan sebuah tas travel memiliki usia maksimal 1 tahun.
  2. Jangan takut bekerjasama dengan reseller lainnya. Memang keuntungan yang didapatkan semakin sedikit namun seorang reseller tentu memiliki jaringan pemasaran sendiri, oleh karenanya kerjasama antar sesame reseller dapat meningkatkan penjualan produk.
  3. Jaga hubungan baik dengan produsen. Sebagai seorang reseller, kita harus menjaga hubungan baik dan rasa saling percaya dengan produsen barang dagangan. Jangan mudah tergiru dengan harga murah yang ditawarkan produsen lain jika hubungan Anda dengan produsen lama sudah sangat baik.

Image courtesy of FreeDigitalPhotos.net

Terima kasih sudah membaca, semoga tulisan ini bisa menginspirasi dan memberi ide usaha bagi Anda, sukses selalu


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+