Konsep Seminar Yang Menarik Profesional Wajib Tahu

Share

Konsep seminar yang menarik seperti apa kira-kira? Pertanyaan ini pasti Anda miliki jika mendapat tugas atau job penyelenggara seminar. Apa sebenarnya seminar itu? Untuk dapat memahami konsep seminar yang menarik, perlu dipahami dulu makna seminar itu sendiri.

Seminar merupakan suatu aktivitas yang bertujuan untuk membagikan ilmu dan tips dengan tujuan utama untuk mengedukasi peserta.

Biasanya peserta terdiri dari kalangan mahasiswa dan karyawan yang memiliki tujuan tertentu.

Untuk mahasiswa, seminar seolah menjadi sesuatu yang krusial karena beberapa universitas mensyaratkan sertifikat seminar untuk dokumen wajib kelulusan perguruan tinggi.

Untuk dunia kerja, seminar dapat menjadi wadah efektif dan efisien untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja. Karenanya, seminar menjadi bagian penting dalam karir pekerjaan seseorang.

Penyelenggara Seminar

Penyelenggaraan seminar akan membutuhkan kerja sama tim yang sangat baik. Tujuannya supaya seminar dapat berjalan lancar sesuai dengan yang ditargetkan sehingga semua peserta seminar merasakan manfaat terselenggaranya seminar.

Karena alasan itu, tidak jarang organisasi/perusahaan menggunakan jasa event organizer untuk menjalankan seminar yang sukses.

Terserah Anda akan menggunakan jasa event organizer seminar atau dikelola sendiri. Sebagai pedoman, ada beberapa hal penting yang krusial dalam membuat konsep seminar yang menarik. Apa saja?

Penetapan Tujuan Seminar

Seminar pada prinsipnya menjadi ajang mengeksplorasi sebuah ide. Karenanya seminar itu berbeda dengan pelatihan. Dalam pelatihan, ada sebuah keahlian yang dibawakan oleh trainer yang menguasainya. Melalui pelatihan, terjadi sebuah proses transfer ilmu.

Peserta Seminar

Seminar merupakan satu pertemuan yang semua para pesertanya terlibat aktif. Dalam seminar seperti itu, tidak ada pembicara dan peserta.

Tidak ada perbedaan signifikan antara pembicara dan peserta. Karenanya seminar dibedakan dari kuliah, di mana ada seorang pengajar membawakan suatu tema atau ide, dan peserta kuliah mendengarkan kemudian bertanya. Pengajar adalah seseorang yang menguasai tema, sedangkan peserta adalah pihak yang mempelajari tema tersebut.

Tema Seminar

Tema seminar sebaiknya menjadi pegangan bagi pelaksana seminar. Sebuah event organizer yang profesional dituntut berpikir secara kreatif dalam semua situasi dan kondisi. Sebuah kreativitas dari seorang pelaksana seminar dapat mengubah tema seminar tersebut menjadi daya tarik para peserta untuk menghadiri acara seminar tersebut.

Materi Seminar

Materi seminar yang tepat sasaran adalah salah satu poros penyelenggaraan seminar yang efektif. Komunikasi antara panitia organisasi dan event organizer serta para pembicara seminar sebaiknya dilakukan beberapa kali sampai ada kesepahaman bersama. Karenanya, event organizer akan membutuhkan seseorang yang mempunyai skill komunikasi yang baik agar dapat berkomunikasi secara aktif terkait materi seminar tersebut.

Pembicara dan Moderator

Pembicara dan moderator merupakan dua hal krusial untuk terlaksananya seminar. Pada saat pembicara mulai membosankan para peserta seminar, seketika itu moderator harus bisa mengatur ritme, membawa suasana peserta, dan memeriahkan kembali suasana seminar.

Atau pada saat pembicara sangat baik membawakan materi,  pada saat itulah moderator harus mengatur waktu dengan baik.

Pada waktu bentuk diskusi panel dipilih sebagai cara penyampaian seminar, seorang moderator pun dituntut memberikan porsi yang tepat.

Panitia

Panitia tidak dapat terlepas dari sebuah konsep seminar yang menarik.

Panitia terdiri dari penyelenggara, dan mungkin event organizer. Pembagian tanggung jawab wajib dipahami sebelum acara seminar berlangsung.

Panitia sendiri memiliki beberapa pembagian tugas, misalkan panitia acara seminar yang menangani jadwal, waktu acara, relasi dengan pihak perusahaan, sampai perijinan tempat atau lokasi acara seminar.

Mungkin dibutuhkan panitia di bagian marketing yang berperan sebagai pemasaran, termasuk panitia konsumsi dan panitia bagian dokumentasi.

Tempat Seminar

Pilihan tempat tentu akan mempengaruhi kualitas seminar Anda. Mulai dari fasilitas indoor maupun outdoor dapat mendukung tema dan konteks seminar.

Seminar memasak jelas mewajibkan adanya demo memasak. Seminar keamanan gedung tentu mewajibkan beberapa praktik pengamanan misalkan memadamkan api menggunakan alat pemadam kebakaran. Pertimbangkanlah tempat yang sesuai untuk seminar.

Target Peserta Seminar

Penetapan target peserta tertentu tidak kalah penting dalam merancang konsep seminar yang menarik.

Peserta yang tepat akan membantu menghidupkan seminar atau bahkan membuat seminar menjadi berkelanjutan karena tingginya antusiasme peserta. Itu karena Anda mengundang peserta yang tepat.

Contoh pengaturan seminar socratis di ruang kelas dengan audiens sekolah menengah atas

Tentu saja peserta seminar remaja anak sekolah berbeda responnya dengan peserta anak kuliah. Akan berbeda juga dengan peserta karyawan kantor atau kalangan direktur perusahaan.

Contoh seminar profesional kedokteran

Contoh seminar nasional ekonomi digital

Pemakaian Teknologi/Aplikasi Pendukung

Kemajuan teknologi sekarang ini memudahkan aktivitas Anda. Tidak terkecuali kebutuhan seminar.

Pemakaian aplikasi yang tepat dapat mendukung terwujudnya konsep seminar yang menarik menjadi luar biasa.

Bayangkan saja ketika mentarget peserta seminar Anda sudah dapat meminta masukan mereka melalui sebuah survey interaktif.

Kemudian setelah seminar selesai survey dapat kembali dilakukan untuk mengukur keberhasilan konsep seminar Anda.

Salah satu aplikasi survey profesional. Cek disini

Survey sederhana seperti itu sangatlah kuat dalam membentuk brand seminar, brand organisasi, ataupun brand perusahaan. Yang karenanya peserta seminar akan terkesan dan bertindak sebagai promotor sukarela untuk seminar-seminar lain yang Anda selenggarakan.

Buat Konsep Seminar yang Menarik

Sampai sini tentu Anda sudah banyak mendapat gambaran konsep seminar seperti apa yang akan menarik bukan? Tunggu apa lagi segera buat konsep seminar ideal Anda dan yakinkan semua pihak untuk mewujudkannya.