Categories: Properti

Info Pipa Limbah Penting untuk Kenyamanan Rumah Tinggal Anda

Share

Masalah pipa limbah mungkin tidak begitu dipikirkan kebanyakan orang yang memiliki rumah. Mendengar kata limbah bukan berarti limbah pabrik. Dalam konteks rumah tangga pipa limbah berarti semua saluran pembuangan air kotor sisa aktivitas rumah tinggal Anda. Penilaian baik tidaknya pipa limbah kebanyakan orang dimulai ketika saluran air pembuangan sudah tidak lancar. Tandanya cukup mudah dikenali seperti genangan di kamar mandi, di tempat cuci piring, dan penyumbatan di tempat-tempat saluran limbah rumah lainnya.

Menggali dan mengganti pipa saluran pembuangan Anda adalah aktivitas yang menakutkan yang menghancurkan struktur rumah, biaya setumpuk, dan tidak menghasilkan apa-apa selain membiarkan Anda kembali hidup seperti biasa. Tetapi memahami jenis pipa untuk air limbah yang Anda miliki sedikit membantu mengurangi rasa sakit karena Anda akan tahu apakah Anda dapat melanjutkan dengan pipa yang sama atau beralih ke pipa yang berbeda. Seringkali, jenis pipa limbah yang mengalir melalui halaman Anda sesuai dengan usia rumah Anda.

Rumah Tua: Tanah Liat, Besi Cor, dan Orangeburg

Pada properti lama yang dibangun sebelum tahun 1950-an, Anda mungkin menemukan pipa tanah liat, pipa besi, atau pipa saluran serat yang disebut Orangeburg.

Tanah liat dan besi tuang adalah jenis pipa saluran pembuangan yang lebih tua dan dapat tetap berada di tanah selama mereka masih memindahkan sampah tanpa kebocoran. Pipa selokan Orangeburg layak diganti jika Anda memiliki tanah terbuka, bahkan jika Orangeburg tampaknya dalam kondisi baik.

Bahkan rumah yang lebih tua mungkin memiliki pipa saluran pembuangan plastik yang lebih baru. Seiring berlalunya tahun, sistem saluran pembuangan memburuk. Ketika penggantian terjadi, biasanya akan diganti dengan pipa plastik.

Rumah Baru: Plastik, Besi Cor, dan Tanah Liat

Rumah yang dibangun sejak tahun 1970-an dan seterusnya cenderung memiliki pipa saluran pembuangan plastik. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, Anda mungkin menemukan saluran pembuangan besi-tua atau tanah liat di rumah baru. Rumah baru (dan bahkan beberapa rumah yang direnovasi) akan sering memiliki pipa baru yang ditanam dan membentang beberapa meter ke halaman. Area halaman adalah tempat pipa saluran pembuangan lama akan mulai kembali dan terus sampai ke saluran pembuangan utama komplek.

Di sebagian besar instalasi saluran pembuangan baru, Anda mungkin akan diarahkan ke arah pipa plastik PVC atau ABS di atas tanah liat dan besi tuang. Sementara pipa plastik tidak diragukan lagi lebih mudah untuk dikerjakan, tanah liat dan besi memiliki titik kuat, seperti rentang hidup dan kekuatan yang lebih lama.

Plastik: PVC dan ABS

Pipa saluran pembuangan plastik untuk instalasi bawah tanah tersedia dalam ABS dan PVC. Kedua jenis pipa memiliki interior yang halus untuk daya dukung yang sangat baik dari bahan limbah padat. Eksterior yang halus juga membantu menahan jangkaran akar.

Pipa saluran pembuangan plastik biasanya merupakan bahan pilihan untuk dikerjakan sendiri karena ringan, mudah dipotong, murah, dan tersedia di cukup banyak tempat. Sebagai manfaat tambahan, pipa plastik dapat diikat ke besi cor dan pipa tanah liat.

Besi cor

Pipa saluran pembuangan dari besi, seperti pipa tanah liat, dikaitkan dengan rumah yang lebih tua, namun masih dipasang sampai sekarang.

Salah satu hal terbaik tentang pipa besi adalah sangat kuat. Pipa selokan berdiameter empat inci dapat menahan lebih dari dua ton tekanan per kaki linier. Sebaliknya, pipa tanah liat, ABS, dan PVC semuanya dapat rusak.

Pipa saluran pembuangan dari besi sangat berat dan sulit untuk dipotong oleh orang lain. Untuk memotong pipa besi di tanah, Anda membutuhkan pemotong pipa tanah, alat khusus yang dapat disewa dari penyedia tertentu.

Pipa besi cor tidak mudah terbakar. Ini bukan masalah untuk instalasi di bawah tanah; tetapi jika Anda memutuskan untuk menggunakan besi cor ke instalasi pipa limbah rumah, Anda dapat merasa aman mengetahui bahwa pipa besi tidak akan meleleh karena api.

Tanah liat

Pipa selokan tanah liat vitrifikasi masih dipakai hari ini, meskipun sebagai pemilik rumah sudah jarang yang memilih ini untuk penggantian saluran pembuangan. Pipa tanah liat berat dan sulit untuk dipotong. Seringkali, pilihan pipa saluran pembuangan Anda ditentukan oleh apa yang ada di toko bangunan Anda, dan tidak ada pengecer besar yang membawa pipa tanah liat.

Sementara pipa tanah liat mungkin tampak kuno, itu adalah bentuk pipa selokan yang layak. Satu manfaat besar dari pipa tanah liat di atas pipa plastik adalah sifat lembam, membuatnya sangat tahan terhadap degradasi kimia.

Karena pipa saluran pembuangan tanah liat memiliki permukaan yang keropos, maka cenderung menarik akar pohon. Akar yang menimpa pipa tanah liat pada akhirnya dapat menyebabkan pipa retak.

Orangeburg

Orangeburg adalah jenis pipa saluran pembuangan serat yang tidak lagi dipasang saat ini.

Pipa selokan Orangeburg yang sempurna dan murni bukanlah sesuatu yang sering Anda lihat. Biasanya, Anda menemukan pipa selokan Orangeburg dalam keadaan runtuh setelah Anda menggali garis saluran pembuangan yang tidak berfungsi.

Orangeburg, pipa saluran serat, dibuat dari serat kayu yang diikat dengan perekat tahan air khusus, kemudian diresapi dengan pitch tar batubara cair.

Orangeburg disukai oleh banyak tukang ledeng saat itu karena ringan untuk dibawa dan mudah dipotong dengan gergaji kayu biasa.

Pipa saluran serat yang dipasang dengan benar di pasir dan kerikil kacang akan bertahan lebih lama dari instalasi yang tidak disiapkan dengan baik. Kebanyakan Orangeburg memiliki umur tidak lebih dari 50 tahun.