Categories: Kesehatan

Harga Oximeter, Cara Baca Oximeter dan Fungsinya Anda Wajib Tahu

Share

Harga oximeter ini penting sekali diketahui untuk Anda yang ingin membeli salah satu alat kesehatan penting ini. Oximeter atau dikenal dengan sebutan Pulse oxymeter merupakan alat yang dipakai untuk mengetahui nilai kadar oksigen yang ada di dalam darah (SpO2). Umumnya oximeter juga dilengkapi dengan pengukur detak jantung (HR atau heart rate) penggunanya.

Ulasan kali ini akan berbagi manfaat jika Anda membaca sampai tuntas. Manfaat tadi meliputi kadar oksigen dalam darah yang normal, cara membaca oximeter, harga oximeter dan fungsi oximeter. Yuk mulai satu persatu tingkatkan pemahaman Anda akan oximeter

Kadar Oksigen Dalam Darah Yang Normal

Kadar oksigen dalam darah dinamakan tingkat saturasi oksigen. Dalam istilah medis, Anda mungkin kerap mendengarnya sebagai PaO2 pada kadar udara darah dan O2 sat ketika menggunakan denyut Ox (Oximeter). Untuk memahami tingkat kadar ini berikut ini panduan singkatnya:

Kondisi kadar oksigen dalam darah normal: sebuah kondisi ABG oksigen normal untuk paru-paru sehat ada di kisaran 80 sampai 100 milimeter mercury (mm Hg). Jika denyut Ox mengukur kadar oksigen darah Anda, bacaan normalnya akan berkisar pada 95 dan 100 persen.

Namun demikian, dalam Penyakit Paru-Paru Obstruktif Kronis (COPD) atau penyakit paru-paru lainnya, kisaran kadar oksigen tadi mungkin tidak terlalu tepat. Dokter Anda akan memberitahu kadar pasti untuk kondisi kesehatan tadi. Sebagai contohnya, tidak wajar untuk penderita COPD akut untuk menjaga denyut jantungnya pada tingkatan 88 sampai 92 persen.

Kondisi kadar oksigen dalam darah di bawah normal: kondisi di bawah normal yang dimaksud di sini disebut hypoxemia. Semakin rendah kadar oksigennya semakin parah hypoxemia yang dialami. Kondisi itu dapat mengarah pada komplikasi jaringan dan organ tubuh lainnya.

Umumnya sebuah bacaan PaO2 dibawah 80 mm Hg atau denyut Ox dibawah 95 persen masuk kategori rendah. Sangatlah penting untuk mengetahui kadar darah yang normal bagi Anda, khususnya jika Anda memiliki kondisi paru-paru kronis. Dokter akan dapat memberikan rekomendasi lebih baik untuk perhatian yang dibutuhkan jika informasi kadar oksigen darah Anda diukur dengan akurat.

Kondisi kadar oksigen dalam darah di atas normal: Jika Anda tidak perlu bantuan untuk bernafas, sulit untuk kadar oksigen menjadi terlalu tinggi. Dalam banyak kasus, tingginya kadar oksigen muncul pada orang yang rutin menggunakan oksigen tambahan. Kondisi itu dapat terdeteksi melalui ABG.

Page: 1 2 3 4