Categories: Properti

Dekorasi Kamar Ukuran Kecil: Cara Ciptakan Rasa Nyaman

Dekorasi kamar ukuran kecil sangat menantang kreativitas pembuatnya dalam menemukan desain yang ideal. Meskipun terdengar sulit, Anda masih memiliki peluang untuk mendapatkan ruang untuk meraih hasil maksimal. Inilah beberapa ide untuk dekorasi kamar ukuran kecil:

Jangan Berantakan

Ini bukanlah saran tapi keharusan. Tumpukan kertas, dokumen tagihan lama, majalah lama, mainan anak, atau benda lain yang berantakan di kamar harus disingkirkan atau ditempatkan di lokasi lain. Jadikan itu sebagai kebiasaan. Membiasakan diri dengan barang berserakan hanya akan membuat kesan sempit kamar tidur ukuran kecil.

Pilih Furniture yang Tepat

Beli Lemari Baju Claret

Daripada menggunakan lemari baju yang lebar, pilih furniture yang ramping dan tinggi dengan beberapa detil dan desain minimalis. Dengan demikian, Anda menghemat ruang sekaligus memberikan ilusi “lega” atas ruang kamar itu. Dalam upaya menghemat ruang, pilihlah matras ukuran queen sized bukan king sized. Sangatlah baik jika Anda dapat memiliki tempat tidur yang memiliki lemari di bawahnya karena ruang itu umumnya hanya akan berisikan debu. Hindari meja samping dan untuk penggantinya pasang tempat penyimpanan di dinding.

Baca: Tips Sukses Bisnis Sewa Kamar dengan AirBnb

Siapkan Semuanya Semudah Mungkin

Selain furniture, Anda dapat memperoleh kesan simple pada dekorasi jendelanya, seprai dan lantai. Hindari pola, material dan ornament yang berat dan pilihlah yang ringan. Pilih seprai yang plain dengan satu pola, gorden ringan yang cocok dengan warna dindingnya. Jika kedua hal tadi tidak penting, tambahan aksesoris jangan diletakan dalam kamar. Letakan aksesoris itu di ruangan lain yang lebih lega. Kosong dan bersih merupakan pilihan terbaik untuk kamar tidur ukuran kecil.



Warna Cat Terang

Jangan gunakan warna cat gelap untuk dinding kamar tidur ukuran kecil. Pilih warna cerah seperti hijau laut, merah muda, atau biru muda. Warna cerah akan menambah kesan lega pada ruangan kamar.

Baca: Contoh Desain Kamar Tidur Ukuran Kecil

Pilih Pencahayaan yang Baik

Untuk dekorasi kamar tidur ukuran kecil, Anda dapat memilih beberapa jenis lampi kecuali lampu lantai. Letakan lampu di dinding untuk hemat ruang. Pasang lampu dengan posisi dekat tempat tidur, yang akan menambah ilusi ruang lega. Cahaya lampu yang lembut merupakan pilihan sempurna.

Letakan Cermin dengan Efektif

Letakan cermin di posisi yang dapat merefleksikan cahaya alami dari jendela. Refleksi cermin memberikan kesan udara pada kamar tidur. Hati-hati untuk tidak meletakan cermin di tempat yang salah. Jika cermin memberikan kesan berantakan, itu hanya akan menambah kesan sempit yang memicu perasaan stres.