Cara Ganti Password Gmail

  • 4
    Shares

Cara ganti password gmail ini sangatlah penting diketahui dengan keamanan dan kenyamanan kamu beraktivitas online menggunakan email.  (baca: cara membuat gmail) Tentu saja, mengganti email secara periodik merupakan tindakan pencegahan agar email tidak mudah diretas pihak lain. Namun terkadang terlalu banyak email malah membuat pusing sendiri. Pada nyatanya, terkadang kamu bakal menerima informasi dari gmail jika seseorang berupaya masuk ke email kamu namun gagal. Jika sudah demikian, sangat disarankan kamu ganti password gmail. Jika sudah demikian, apa yang harus dilakukan?

Cara Ganti Password Gmail dari Dashboard

Mengganti password gmail lazim dilakukan sebagai tindakan pengamanan atau kelupaan password. Sebuah akun gmail sekarang ini penting karena sekaligus akses untuk seluruh akun google seperti blogger, youtube dan  gmail. Jadi sebuah password gmail tidak hanya untuk email saja.

Tahapan Ganti Password Gmail

Buka akun gmail kamu. Jika kamu sudah login, lihatlah dibagian kanan atas layar ada ikon Cog (roga bergerigi). Klik ikon tersebut maka akan muncul menu dropdown.

Dari pilihan menu yang diberikan, pilihlah Help atau Bantuan

Dari menu Help atau bantuan akan diberikan lagi menu dropdown. Klai ini pilihlah Change or reset password.

Selanjutnya akan diberikan tahap ganti password gmail.Tahapannya adalah klik link “My Account” yang disediakan, pilih signing in to google, kemudian pilih password dan ganti password lama dengan password baru.

Klik “Sign in to my account”. Akan terlihat tampilan di bawah ini:

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya. Di menu ini pilihlah link ke Signing in to Google

Selanjutnya pilihlah “Password” seperti diberi tanda merah pada gambar.

Kamu juga melihat 2 step verification. Maksud cara ini adalah menambahkan cara login dengan kode yang dikirimkan ke nomor HP yang didaftarkan. Dari sisi keamanan cara ini jelas meningkatkan keamanan karena setiap login kamu harus masukan password ditambah kode khusus yang di sms ke nomor HP terdaftar. Dari sisi kepraktisan, cara ini semakin ribet. Pilihlah yang sesuai kenyamanan kamu.

Setelah kamu klik password, akan ada pilihan memasukan password lama. Sebelum kamu ganti password kamu akan diminta verifikasi dulu (masukan password lama). Selanjutnya kamu diberikan opsi untuk menuliskan password baru sebanyak dua kali untuk konfirmasi.

Selesai, kamu sekarang sudah berhasil menerapkan cara ganti password gmail ini.

Praktik Cara Ganti Password Gmail Secara Berkala

Para praktisi keamanan digital menyarankan pengguna untuk mengganti password email secara berkala. Setelah kamu tahu cara ganti password gmail ini tentu saja mengganti password berkala bukan lagi perkara sulit. Selamat mencoba


  • 4
    Shares
  • 4
    Shares

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+