Categories: Kesehatan

Apakah Terapi Reiki Dapat Bantu Penyembuhan Kanker?

Share

Reiki merupakan terapi berbasis energi dari Jepang yang mendorong penyembuhan dan kesehatan. Seorang praktisi reiki yang terlatih menggunakan tangannya untuk mentransmisikan energi ke penerima.

Bagaimana Reiki Dilakukan?

Reiki dilakukan oleh praktisi terlatih, menggunakan tangan.

Tangan diletakan di atas tubuh dan “energi kehidupan” akan ditransmisikan.

Banyak pengakuan pasien yang merasakan kehangatan selama sesi terapi Reiki. Sebuah sesi Reiki umumnya akan berlangsung selama 1 jam. Praktisi juga mengklaim bahwa energi terapi dapat diberikan secara jarak jauh.

Apakah Terapi Reiki Membantu Penyembuhan Kanker?

Beberapa pasien kanker mengaku jika Reiki membantu mengelola rasa sakit, rileksasi sekaligus meredakan dampak kemoterapi seperti mual dan masalah perut.

Dalam sebuah kutipan dari uptofate, sebuah sumber elektrik yang digunakan banyak pasien dan dokter untuk mencari informasi mendalam, dapat dilihat bagaimana penyembuhan energi, khususnya dengan Reiki, memiliki citra positif dalam uji coba klinik:

“Terapi energi mencakup penggunaan ruang energi tubuh untuk menyembuhkan dan untuk mengembalikan kesehatan. Mereka yang percaya pada pengobatan energi menggambarkan bahwa gangguan pada ruang energi sebagai penyebab penyakit dan belajar menciptakan keseimbangan energi itu dapat membantu penyembuhan. Sulit untuk mempelajari efektivitas pengobatan energi dikarenakan sifat tidak berwujud dari energi itu sendiri. Reiki merupakan bentuk pengobatan energi dan telah dievaluasi dalam beberapa uji coba klinik untuk penyembuhan stress dan pemulihan kesehatan pasien kanker.

Beberapa, namun tidak semuanya, uji coba menunjukkan hasil positif, meskipun studi yang menunjukan kegunaannya kurang menjelaskan dengan logis dan sulit membedakan antara keuntungan nyata dari energi sebagai obat atau karena keyakinan pasiennya sendiri.

Meskipun tidak ada data ilmiah yang mendukung sepenuhnya akan klaim ini, pengakuan pasien yang mendukung Reiki sangatlah besar. Terapi Reiki ditawarkan bersama dengan terapi massage dan beberapa tambahan terapi lainnya.

Perlu diingat jika Reiki bukanlah alternatif penyembuhan kanker. Reiki tidak digunakan untuk menyembuhkan kanker atau menggantikan perawatan medis pasien kanker.

Reiki merupakan terapi pelengkap yang digunakan untuk mengendalikan emosi dan dampak fisik atas perawatan penyakit pasien kanker.

Bagaimana Menemukan Praktisi Reiki?

Seorang praktisi Reiki umumnya memiliki sertifikat. Tidak jarang Reiki juga ditawarkan melalui beberapa klinik kesehatan.

Anda bahkan dapat memeriksa Praktisi Reiki Internasional yang ada di wilayah Anda.

Harga sebuah sesi terapi Reiki sangat beragam, mulai dari gratis sampai sekitar Rp1,5 juta per sesinya.

Jenis asuransi maupun jaminan kesehatan belum memasukan pengobatan Reiki dalam pertanggungannya

Apakah Terapi Reiki Aman?

Reiki dinilai aman untuk dilakukan sebagai terapi. Tidak ada kecenderungan membahayakan dalam terapi Reiki. Meskipun demikian, sampaikan kepada dokter jika Anda juga menjalani perawatan alternatif atau terapi tambahan ini.