Categories: Kesehatan

Semua Tentang Kanker Prostat Anda Perlu Tahu

Share

Apa itu kanker prostat?

Kanker prostat adalah penyakit serius yang menyerang ribuan pria setiap tahun yang berusia setengah baya atau lebih. Sekitar 60 persen dari kasus terjadi pada pria yang lebih tua dari usia 65 tahun.

Prostat adalah kelenjar kecil yang ditemukan di perut bagian bawah pria. Itu terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi uretra. Prostat diatur oleh hormon testosteron dan menghasilkan cairan mani, juga dikenal sebagai air mani. Semen adalah zat yang mengandung sperma yang keluar dari uretra saat ejakulasi.

Ketika pertumbuhan sel yang abnormal dan ganas muncul – yang disebut tumor – terbentuk di prostat, itu disebut kanker prostat. Kanker ini dapat menyebar ke area lain dari tubuh. Dalam kasus ini, karena kanker terbuat dari sel-sel dari prostat, itu masih disebut kanker prostat.

Menurut Yayasan Perawatan Urologi, kanker prostat adalah penyebab kedua kematian akibat kanker pada pria di Amerika Serikat.

Jenis kanker prostat

Sebagian besar kasus kanker prostat adalah jenis kanker yang disebut adenokarsinoma. Ini adalah kanker yang tumbuh di jaringan kelenjar, seperti kelenjar prostat.

Kanker prostat juga dikategorikan berdasarkan seberapa cepat ia tumbuh. Ini memiliki dua jenis pertumbuhan:

• agresif, atau tumbuh cepat

• tidak agresif, atau tumbuh lambat

Dengan kanker prostat yang tidak agresif, tumornya tidak tumbuh atau tumbuh sedikit dari waktu ke waktu. Dengan kanker prostat yang agresif, tumor dapat tumbuh dengan cepat dan dapat menyebar ke area lain dari tubuh, seperti tulang.

Penyebab kanker prostat dan faktor risiko

Tidak ada penyebab kanker prostat yang diketahui. Seperti semua kanker, itu bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk riwayat keluarga atau paparan bahan kimia tertentu.

Apa pun faktor pemicunya, itu mengarah pada mutasi sel dan pertumbuhan sel yang tidak terkendali dalam prostat.

Siapa yang berisiko?

Sementara kanker prostat dapat terjadi pada pria mana pun, faktor-faktor tertentu meningkatkan risiko Anda untuk penyakit ini. Faktor-faktor risiko ini termasuk:

  • usia yang lebih tua
  • riwayat keluarga kanker prostat
  • etnis atau ras tertentu – misalnya, pria Afrika-Amerika memiliki risiko lebih besar terkena kanker prostat
  • obesitas
  • perubahan genetik

Tempat tinggal Anda juga bisa berperan dalam risiko kanker prostat Anda.

Usia kanker prostat

Seperti disebutkan di atas, usia adalah faktor risiko utama untuk kanker prostat. Penyakit ini paling sering terjadi pada pria yang berusia lebih dari 65 tahun. Penyakit ini terjadi pada sekitar 1 dari 14 pria berusia antara 60 dan 69 tahun.

Gejala kanker prostat

Beberapa bentuk kanker prostat tidak agresif, sehingga Anda mungkin tidak memiliki gejala apa pun. Namun, kanker prostat lanjut sering menimbulkan gejala.

Jika Anda memiliki tanda atau gejala berikut, jangan ragu untuk menghubungi dokter Anda. Beberapa gejala kanker prostat dapat disebabkan oleh kondisi lain, jadi Anda perlu pemeriksaan. Dokter ahli dapat memastikan Anda menerima diagnosis dan perawatan yang benar.

Gejala kanker prostat dapat mencakup masalah kemih, masalah seksual, dan rasa sakit dan mati rasa.

Masalah kencing

Masalah kemih adalah gejala umum karena prostat terletak di bawah kandung kemih, dan mengelilingi uretra. Karena lokasi ini, jika tumor tumbuh di prostat, itu bisa menekan kandung kemih atau uretra dan menyebabkan masalah.

Masalah kemih dapat meliputi:

• sering perlu buang air kecil

• aliran yang lebih lambat dari biasanya

• perdarahan saat buang air kecil (hematuria)

Masalah seksual

Disfungsi ereksi mungkin merupakan gejala kanker prostat. Disebut juga impotensi, kondisi ini membuat Anda tidak bisa mendapatkan dan mempertahankan ereksi. Darah dalam air mani setelah ejakulasi juga bisa menjadi gejala kanker prostat.

Nyeri dan mati rasa

Kanker metastasis adalah kanker yang telah menyebar ke area lain dari tubuh tempat pertama kali terjadi. Ketika kanker prostat bermetastasis, itu sering menyebar ke tulang. Ini dapat menyebabkan rasa sakit di area berikut:

• panggul

• punggung

• dada

Jika kanker menyebar ke sumsum tulang belakang, Anda mungkin mati rasa di kaki dan kandung kemih.

Tanda-tanda awal kanker prostat

Sementara salah satu dari gejala di atas dapat menjadi indikasi pertama Anda bahwa Anda memiliki kanker prostat, gejala kemih lebih cenderung muncul lebih awal daripada gejala lainnya.

Penting untuk diingat bahwa sebagian besar gejala ini juga dapat disebabkan oleh kondisi lain yang bukan kanker. Kondisi-kondisi ini termasuk benign prostatic hyperplasia (BPH) dan prostatitis.

Jadi, meski penting untuk mengetahui gejala apa pun yang Anda miliki, ingatlah bahwa ada kemungkinan mereka tidak disebabkan oleh kanker.

Ada yang berpendapat, tidak satu pun dari kondisi ini menyebabkan darah muncul di urin Anda. Jika Anda memiliki gejala ini, hubungi dokter Anda segera.

Darah dalam urin Anda mungkin disebabkan oleh sesuatu selain kanker, tetapi sebaiknya didiagnosis sesegera mungkin. Cari tahu lebih lanjut tentang kemungkinan gejala awal kanker prostat dan kapan harus menghubungi dokter Anda.

Pemeriksaan dan diagnosis kanker prostat

Screening untuk kanker prostat seringkali tergantung pada preferensi pribadi Anda. Ini sebagian besar karena sebagian besar kanker prostat tumbuh lambat dan tidak menyebabkan masalah kesehatan.

Itu juga karena hasil dari tes antigen spesifik prostat (PSA), yang dapat menjadi bagian dari screening, dapat menyebabkan kesalahan diagnosis kanker. Untuk kedua alasan ini, screening dapat menyebabkan kekhawatiran yang tidak perlu dan perawatan yang tidak dibutuhkan.

Rekomendasi penyaringan

ACS memang memiliki rekomendasi penyaringan untuk pria ketika mereka semakin tua. Mereka merekomendasikan bahwa selama ujian tahunan, dokter berbicara dengan pria dari usia tertentu tentang pro dan kontra screening untuk kanker prostat. Percakapan ini disarankan untuk usia berikut:

• Usia 40: Untuk pria dengan risiko sangat tinggi, seperti mereka yang memiliki lebih dari satu kerabat tingkat pertama – seorang ayah, saudara lelaki, atau anak lelaki – yang menderita kanker prostat pada usia lebih muda dari 65 tahun.

• Usia 45: Untuk pria berisiko tinggi, seperti pria Afrika-Amerika dan pria dengan kerabat tingkat pertama yang didiagnosis pada usia lebih muda dari 65 tahun.

• Usia 50: Untuk pria yang berisiko rata-rata kanker prostat, dan yang diperkirakan akan hidup setidaknya 10 tahun lagi.

Satuan Tugas Layanan Pencegahan AS (USPSTF) sekarang merekomendasikan bahwa pria berusia 55 hingga 69 tahun harus memutuskan sendiri apakah akan menjalani tes antigen khusus prostat (PSA), setelah membicarakannya dengan dokter mereka.

USPSTF menyimpulkan bahwa potensi manfaat dari screening berbasis PSA untuk pria berusia 70 tahun ke atas tidak melebihi kerugian yang diharapkan.

Alat untuk diagnosis

Jika Anda dan dokter Anda memutuskan bahwa screening untuk kanker prostat adalah pilihan yang baik untuk Anda, dokter Anda kemungkinan akan melakukan pemeriksaan fisik dan mendiskusikan riwayat kesehatan Anda. Mereka juga akan melakukan satu tes atau lebih, yang mungkin termasuk:

• Digital rectal exam (DRE): Dengan pemeriksaan ini, dokter Anda akan memasukkan jari bersarung ke dalam dubur untuk memeriksa prostat Anda. Mereka bisa merasakan jika ada benjolan keras pada kelenjar prostat Anda yang bisa jadi tumor.

• Tes antigen spesifik prostat (PSA): Tes darah ini mendeteksi kadar PSA Anda, protein yang diproduksi oleh prostat.

• Biopsi prostat: Dokter Anda mungkin memesan biopsi untuk membantu memastikan diagnosis kanker prostat. Untuk biopsi, seorang penyedia layanan kesehatan mengambil sepotong kecil kelenjar prostat Anda untuk diperiksa.

• Tes lain: Dokter Anda mungkin juga melakukan pemindaian MRI, CT scan, atau pemindaian tulang.

Dokter Anda akan membahas dengan Anda hasil tes ini dan membuat rekomendasi untuk langkah selanjutnya yang mungkin diperlukan.

Tes PSA

Tes darah PSA memeriksa jumlah antigen spesifik prostat yang ada dalam darah Anda. Jika kadarnya tinggi, ini bisa berarti Anda menderita kanker prostat.

Namun, ada banyak alasan mengapa Anda dapat memiliki jumlah PSA yang tinggi dalam darah Anda, sehingga hasil tes dapat menyebabkan kesalahan diagnosis dan perawatan yang tidak perlu.

Oleh karena itu, USPSTF sekarang merekomendasikan bahwa pria berusia 55 hingga 69 tahun memutuskan sendiri apakah akan menjalani tes PSA, setelah membicarakannya dengan dokter mereka.

Namun, tes PSA masih sesuai dalam kasus-kasus tertentu, seperti untuk pria berisiko tinggi kanker prostat. Juga, jika Anda sudah dikonfirmasi memiliki kasus kanker prostat, tes ini masih disetujui untuk stadium kanker atau penilaian.

Sebelum Anda mempertimbangkan untuk menjalani tes darah PSA, bicarakan dengan dokter Anda tentang risiko dan manfaatnya.

Skala Gleason

Jika Anda menjalani biopsi prostat, Anda akan menerima skor Gleason. Ahli patologi menggunakan skor ini untuk mengklasifikasikan tingkat sel kanker prostat. Tingkat ini berarti seberapa besar sel-sel abnormal terlihat seperti kanker, dan seberapa agresif pertumbuhan mereka.

Skor Gleason lebih rendah dari enam berarti sel Anda tidak menunjukkan tanda-tanda kanker, sehingga risiko Anda rendah. Jika skor Anda tujuh atau lebih tinggi, dokter Anda kemungkinan akan melihat skor Anda dan tingkat PSA Anda untuk menilai sel.

Misalnya, skor Gleason dari 7, dengan tingkat PSA antara 10 hingga 20 ng / mL, berarti bahwa sel kanker telah diidentifikasi – tetapi kanker tersebut kemungkinan tidak agresif, dengan sel yang tumbuh lambat.

Skor Gleason 8 atau lebih tinggi, dengan kadar PSA lebih besar dari 20 ng / mL, menunjukkan tumor yang lebih lanjut. Itu berarti risiko Anda terkena kanker agresif lebih tinggi.

Stadium kanker prostat

Dokter Anda kemungkinan akan menggunakan hasil dari tes PSA dan skor Gleason Anda untuk membantu menentukan stadium kanker prostat Anda. Tahap ini menunjukkan seberapa lanjut kanker Anda. Informasi ini membantu dokter Anda merencanakan perawatan Anda.

Alat lain yang digunakan dalam menentukan stadium kanker prostat adalah sistem pementasan American Joint Committee on Cancer (AJCC) TMN. Seperti banyak jenis kanker lainnya, kanker prostat dipentaskan menggunakan sistem ini berdasarkan:

  • ukuran atau luas tumor
  • jumlah kelenjar getah bening yang terlibat
  • apakah kanker telah menyebar (metastasis) ke situs atau organ lain

Stadium kanker prostat berkisar dari 1 hingga 4. Penyakit ini paling lanjut pada stadium 4.

Perawatan kanker prostat

Dokter Anda akan mengembangkan rencana perawatan yang tepat untuk kanker Anda berdasarkan usia Anda, status kesehatan, dan stadium kanker Anda.

Jika kankernya tidak agresif, dokter Anda dapat merekomendasikan menunggu dengan waspada, yang juga disebut pengawasan aktif. Ini berarti Anda akan menunda perawatan tetapi melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter Anda untuk memantau kanker.

Jenis kanker yang lebih agresif dapat diobati dengan pilihan lain, seperti:

•operasi

• radiasi

• cryotherapy

• terapi hormon

• kemoterapi

• radiosurgery stereotaktik

• imunoterapi

Jika kanker Anda sangat agresif dan telah menyebar, ada kemungkinan kanker ini telah menyebar ke tulang Anda. Untuk metastasis tulang, perawatan di atas dapat digunakan, selain beberapa perawatan yang lain.

Prostatektomi

Prostatektomi adalah prosedur bedah untuk mengangkat sebagian atau seluruh kelenjar prostat Anda. Jika Anda memiliki kanker prostat yang tidak menyebar di luar prostat, dokter Anda mungkin menyarankan Anda memiliki prostatektomi radikal. Dengan prosedur ini, seluruh kelenjar prostat diangkat.

Ada berbagai jenis prostatektomi radikal. Beberapa terbuka, yang berarti Anda akan memiliki sayatan yang lebih besar di perut bagian bawah. Lainnya laparoskopi, yang berarti Anda akan memiliki beberapa sayatan yang lebih kecil di perut Anda. Cari tahu lebih lanjut tentang jenis opsi bedah dan apa yang diharapkan dengan prostatektomi.

Tingkat kelangsungan hidup kanker prostat

Jika kanker prostat didiagnosis dini dan belum menyebar dari tumor asli, prospeknya biasanya baik. Deteksi dan perawatan dini adalah kunci untuk hasil yang positif. Jika Anda merasa memiliki gejala kanker prostat, Anda harus segera membuat janji dengan dokter.

Namun, jika kanker berkembang dan menyebar di luar prostat Anda, itu akan mempengaruhi pandangan Anda.

Pencegahan kanker prostat

Ada faktor-faktor risiko tertentu untuk kanker prostat, seperti usia, yang tidak dapat Anda kendalikan. Namun, ada orang lain yang bisa Anda kendalikan.

Misalnya, berhenti merokok dapat mengurangi risiko kanker prostat, karena penelitian telah menunjukkan bahwa merokok meningkatkan risiko Anda. Diet dan olahraga juga merupakan faktor penting yang dapat memengaruhi risiko Anda terkena kanker prostat.

Diet

Makanan tertentu dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat, termasuk:

  • tomat
  • sayuran silangan seperti brokoli, kubis Brussel, dan kangkung
  • ikan
  • kedelai
  • minyak yang mengandung asam lemak omega-3, seperti minyak zaitun

Bukti juga menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat meningkatkan risiko kanker prostat, seperti:

  • susu dan produk susu
  • lemak jenuh, yang ditemukan dalam produk hewani
  • daging merah
  • daging panggang

Olahraga

Olahraga mungkin dapat membantu mengurangi risiko Anda terkena kanker prostat stadium lanjut, dan kematian akibat kanker prostat.

Olahraga juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Ini adalah kunci karena penelitian telah menunjukkan obesitas menjadi faktor risiko kanker prostat. Dengan persetujuan dokter Anda, bidik olahraga selama 30 menit hampir setiap hari dalam seminggu.

Bicaralah dengan dokter Anda

Kanker prostat adalah risiko bagi semua pria seiring bertambahnya usia mereka, tetapi jika itu diketahui dan diobati lebih awal, prospeknya umumnya sangat baik. Jadi seiring bertambahnya usia, pastikan untuk melakukan percakapan terbuka dengan dokter tentang risiko Anda.

Jika Anda memiliki gejala yang Anda anggap sebagai kanker prostat, segera bicarakan dengan dokter Anda. Dan bahkan jika Anda tidak memiliki gejala, pertimbangkan untuk mengadopsi gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko Anda.

Pola makan yang kaya akan sayuran dan ikan, serta susu rendah lemak dan daging merah, dipasangkan dengan rencana olahraga yang disetujui oleh dokter Anda, dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat, serta meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.