Apa itu Page Rank? Apa yang Blogger Perlu Tahu

  • 3
    Shares

Apa itu page rank? untuk blogger tentu mencari jawaban dari pertanyaan ini sangatlah menarik. Page rank merupakan cara google menentukan arti penting sebuah website. Itu merupakan satu dari banyak faktor yang digunakan dalam menilai halaman website mana yang layak tampil di hasil pencarian.

Sejarah Page rank

Page rank dibentuk oleh pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin di Stanford. Saat Page dan Brin bertemu, cara kerja mesin pencari adalah terhubung ke halaman-halaman website dengan jumlah keyword terbanyak. Ini berarti dengan sistem google yang lama seseorang dapat mempermainkan google dengan mengulang kalimat yang sama berulang kali untuk menempati posisi teratas Google.

Page rank kemudian dipatenkan di Stanford dan nama Page rank sepertinya datang dari Larry Page.

Apa Yang Dilihat Page Rank?

Page rank menilai seberapa penting sebuah halaman website.

Teori yang dikembangkan Page dan Brin adalah sebuah halaman website yang penting di internet itu adalah halaman website yang mengandung banyak link tertuju kepadanya. Page rank menilai jumlah link ibarat sistem voting, dimana setiap link berarti satu suara voting.

Ini menjadi masuk akal karena orang cenderung memberikan link ke konten lain yang relevan sebagai rujukan dan sebuah halaman website yang memiliki banyak link tertuju kepadanya cenderung lebih baik dibandingkan website yang tidak memiliki link mengarah padanya.

Page rank tidak hanya seperti itu. Page rank juga melihat seberapa penting halaman website yang mengandung link. Halaman website dengan Page rank lebih tinggi memiliki nilai lebih dalam โ€œvotingโ€ dengan link mereka dibandingkan halaman website dengan Page rank yang lebih rendah. Jumlah link dalam halaman website yang memberikan link juga diperhitungkan dimana semakin banyak jumlah linknya semakin berkurang bobot nilainya.

Ini juga masuk akal. Halaman website yang penting kemungkinan besar memiliki otoritas dalam memberi informasi berkualitas kepada pencari informasi.

Seberapa penting Page rank itu?

Page rank merupakan satu dari banyak faktor penentu peringkat di hasil pencarian Google, namun jika semua faktor sama bobotnya, Page rank dapat memberi dampak paling besar terhadap peringkat Google. Berbagai tips ngeblog dulu menitikberatkan pentingnya meningkatkan pagerank. Kini Google sendiri sudah mengumumkan pagerank tidak akan ada updatenya lagi.

Apakah ada kelemahan pada Page rank?

Ada beberapa kelemahan dalam Page rank. Banyak orang mengetahui rahasia mendapatkan page rank yang tinggi, datanya dapat dimanipulasi. Google bombs merupakan contoh klasik dari manipulasi Page rank tersebut.

Bentuk manipulasi lainnya adalah link farming. Ini merupakan praktek membuat link tanpa memperhatikan relevansi setiap halaman yang dihubungkan dan seringkali sifatnya otomatis. Jika Anda pernah melihat sebuah website yang berisi koleksi macam-macam link ke website lain, Anda telah menemukan praktek link farming.

Google telah menyesuaikan algoritma mereka untuk menyaring link farm. Ini sebabnya mendaftarkan website ke direktori dengan page rank rendah atau nol mungkin itu ide yang buruk.

Jika Anda mendapati website Anda terkoneksi pada link farm janganlah panik. Dalam banyak kasus ini tidak berdampak pada peringkat Anda. Anda tidak bisa mengendalikan siapa yang memberi link ke website Anda bukan? Yang perlu dilakukan adalah jangan memberi link balik kepada website link farm tersebut dan jangan mendaftarkan website Anda ke sana.

Bagaimana Cara Melihat Page rank?

Page rank diukur dalam skala 1 sampai 10 dan diberikan kepada setiap halaman dalam sebuah website bukan keseluruhan website. Untuk melihat page rank sebuah halaman dapat menggunakan Google Toolbar. Sangat jarang halaman website mendapatkan Page rank 10, khususnya seiring dengan jumlah halaman website yang juga meningkat di internet.

Bagaimana Cara Meningkatkan Page rank?

Setelah Anda memahami apa itu page rank Anda mungkin ingin meningkatkan Page rank. Anda akan membutuhkan backlink, atau pihak lain yang memberikan link ke website Anda. Praktek umum dalam hal ini adalah pertukaran link, jika ingin coba pastikan hanya menukar link yang relevan dan bukan pertukaran dengan website jenis link farm. Anda bisa mendaftarkan diri ke website direktori namun pastikan website direktori pilihan Anda memiliki Page rank yang tinggi (jika memungkinkan).

Setiap Anda menciptakan halaman website baru, Anda bisa memberi backlink sendiri ke halaman-halaman lain yang relevan dalam website Anda sendiri (internal links). Namun ingatlah bahwa internal link tidak sebaiknya dilakuka secara berlebihan.

Sudah Paham Apa Itu Page Rank?

Itulah penjelasan awal tentang page rank yang penting untuk blogger. Selanjutnya jangan lewatkan juga tips Penting lainnya:

Cara terbaik untuk meningkatkan Page rank adalah untuk memperbanyak konten berkualitas yang membuat pihak lain ingin memberikan link ke konten Anda sebagai rujukan atas topik yang dibahas.


  • 3
    Shares
  • 3
    Shares

3 Comments

  1. Lidya April 24, 2014
  2. Nanda Rahmanius April 26, 2014
  3. bung sanjaya Mei 4, 2014
  4. Pingback: Monthly Report April 2014 Mei 29, 2014

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+