3 Cara Membuka Website Yang Di Blokir Tanpa Proxy


Tidak dapat dipungkiri bahwa konsumen suka dengan produk gratis namun tidak demikian dengan pembuat produk. Inilah situasi dilematis era digital yang mengganggu kenyamanan pembuat produk. Semakin banyak situs yang menawarkan produk premium secara gratis.

Akibat dari kondisi ini adalah beberapa otoritas di negara-negara tertentu memerintahkan ISP situs-situs tersebut untuk di blokir. Namun terkadang aktivitas situs-situs tersebut tidak melulu berkaitan dengan kegiatan “piracy”, seperti memblokir website karena website tersebut tidak mengikuti kebudayaan atau kebiasaan negara tertentu. Untuk beberapa pengguna internet hal tersebut mungkin tidak masalah namun untuk beberapa pengguna internet lainnya tindakan seperti itu dipandang sebagai sikap otoriter yang mengambil kebebasan berinternet secara global.

Beberapa contoh kasus ini seperti pemblokiran 200 situs streaming Piala Dunia 2014 di India atas perintah High Court negara itu, pemblokiran situs pornografi oleh Pemerintah Jepang karena tidak sesuai dengan kebudayaan negara itu.

Dalam postingan ini notordinaryblogger tidak dalam posisi menentukan mana yang baik dan buruk, mana yang benar atau salah. Postingan ini hanya memberikan alternatif yang bisa ditempuh pengguna internet untuk membuka website yang di blokir tanpa proxy dengan cara-cara yang tidak melanggar hukum.

Mungkin sudah banyak orang yang tahu langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk membuka website yang di blokir namun tentu masih banyak lainnya yang belum tahu cara melakukannya. Postingan ini akan bermanfaat untuk mereka. Inilah triknya:

#1 Trik Menulis Ulang URL untuk Membuka Website yang Di blokir

Trik mudah membuka website yang di blokir ini terkadang berfungsi dengan baik namun belum tentu dapat berfungsi pada semua website. Trik ini akan berfungsi dengan baik pada website yang meng-host situsnya pada VPS atau Dedicated Server dan memiliki unverified SSL untuk nama domain situs tersebut. Jadi secara singkat apa yang harus Anda lakukan adalah seperti ini:

Buka tab alamat situs pada browser Anda

Ketimbang menuliskan www.urlwebsitetujuan.com atau http://www.urlwebsitetujuan.com, cobalah menulis https://www.urlwebsitetujuan.com.

Jika URL website tujuan Anda memiliki unverified SSL maka Anda akan mendapatkan notifikasi keamanan seperti “Anda akan mengunjungi situs “unverified/untrusted” dan sebagainya. Klik saja “Proceed anyway” (untuk pengguna Chrome) atau “add exception certificate” (untuk pengguna firefox) untuk sampai ketujuan.

#2 Trik Mengganti DNS untuk Membuka Website yang Di blokir

DNS merupakan sebuah server yang memiliki semua informasi seluruh website di dunia. Secara umum saat sebuah negara memblokir website berdasarkan ISPs negara itu, mereka memblokirnya dalam server DNS mereka sendiri, jadi siapapun yang menggunakan DNS itu tidak akan bisa membuka website yang di blokir. Konsep yang sama telah dipakai banyak perusahaan multinasional untuk akses internal kantor mereka. Namun jika Anda menggunakan DNS Google atau OpenDNS kemungkinan besar Anda akan bisa membuka website yang di blokir. Trik ini biasanya berfungsi dengan baik untuk pengguna internet BSNL. Untuk memanfaatkan gadget Anda berikut ini caranya:

Pengguna Windows Vista, 7,8, 8.1

  • Pengguna Windows Vista dan 7, klik start>Control Panel>Network and Internet>Network and Sharing Center. Pengguna Windows 8, tekan windows key+ C > klik Search di bagian kanan > ketik Control Panel di search bar > pilih Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center.
  • Pilih Change Adapter setting, di bagian kiri.
  • Klik kanan “Internet Connection” , dimana Anda mengalami masalah membuka website dan klik Properties.
  • Pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/P) dan klik Properties
  • Klik tombol radion di sebelah “Use the following DNS Server address”. Jika Anda ingin menggunakan DNS Google, masukan 8.8.8.8 sebagai “Preferred DNS Server dan 8.8.4.4 sebagai Alternate DNS Server. Jika Anda ingin menggunakan OpenDNS, gunakan 202.67.220.220 dan 202.67.222.222 . Setelah memasukan kode angka itu, klik “OK”.

Pengguna iOS, Android dan Blackberry 10

Untuk Pengguna iOS

  • Jika Anda menggunakan iOS yang terkoneksi pada jaringan WiFi berikut ini caranya:
  • Buka “Setting” > ketuk WiFi> ketuk WiFi network yang menjadi koneksi gadget Anda.
  • Ketuk DNS dan ubah dua nilai menjadi Google DNS atau Open DNS (seperti sudah dijelaskan sebelumnya). Kedua nilai ini harus dipisahkan dengan koma dan spasi (8.8.8.8, 8.8.4.4)

Untuk Pengguna Android

  • Buka “Setting” > ketuk Wi-Fi
  • Tekan lama “WiFi Network” yang Anda gunakan > ketuk “Modify Network”
  • Ketuk “box” disebelah “Show Advance Options. Turunkan tampilan layar.
  • Ketuk DHCP > pilih Static IP > turunkan tampilan layar dan ubah DNS 1 dan DNS 2 (sebagaimana dijelaskan sebelumnya)

Pengguna Blackberry 10

  • Setting > Network and Connections > ketuk wiFi. Sekarang hubungkan gadget ke sebuah jaringan WiFi
  • Tekan agak lama jaringan WiFi yang sudah terhubung > ketuk “Edit”
  • Turunkan tampilan layar dan matikan fitur “AutoObtain IP”. Setelah itu, Anda akan melihat banyak “option” seperti IP Address, DNS dan gateway. Ubah menjadi OpenDNS atau Google DNS pada tahap ini (seperti dijelaskan sebelumnya).

Pengguna Windows 8 Smartphone

Sayangnya, pengguna smartphone windows 8 tidak memiliki fitur ubah DNS secara manual.

#3 Trik Browser Extension untuk Membuka Website yang Di blokir

Jika Anda menggunakan Google Chrome dan jika Anda bisa mengakses Chrome web store, Anda dapat mengunduh sebuah extension keren bernama ZenMate untuk membuka website yang di blokir. Sebenarnya cara ini menggunakan proxy namun dengan bantuan browser extension ini maka Anda tidak akan merasakan adanya “proxy” karena semua dilakukan secara otomatis dan gratis.

Yang perlu Anda lakukan adalah menginstal extension ini dan membuka akun gratis di ZenMate dan mulai browsing dengan ZenMate proxy server. Cara membuka website yang di blokir ini sangatlah mudah, gratis dan handal.

ZenMate tidak hanya untuk Google Chrome, extension ini juga berfungsi untuk FireFox dan Opera sampai iOS dan Android juga. Tertarik? Silahkan download extension ini:

Download ZenMate

Extension lainnya adalah Torch.

Bagaimana Torch bisa membuka website yang diblokir tanpa proxy? Apa sih Torch?

Ini merupakan web browser berbasis proyek chromium. Sama seperti google chrome namun dengan fitur lebih baik. Torch dilengkapi fitur Torrent downloader, facebook styler, media grabber, mesin pencarian, download accelerator, alat share media sosial, Hola dan sebagainya. Terdengar lengkap bukan? Torch memang berambisi untuk menjadi teratas dalam hal browser extension.

Gimana cara membuka website yang di blokir dengan Torch?

  • Download Torch (link ada di bawah) dan ikuti pentunjuk instalasinya
  • Setelah install selesai, gunakan Torch Browser dan cobalah buka situs apapun yang diblokir di negara Anda
  • Anda akan melihat laman “error”. Sekarang inilah saatnya menggunakan keajaiban Torch. Klik tombol “hola for torch”.
  • Anda akan melihat pop up halaman dengan informasi beberapa negara. Pilihlah satu negara secara acak dan biarkan teknologi Torch bekerja.

Mau Torch? Klik Download dibawah ini:

Download Torch



Siap Membuka Website yang Di blokir Tanpa Proxy?

Di era teknologi saat ini dimana hidup kita hampir didominasi oleh internet, hampir pasti sulit untuk memblokir sebuah website dari pengguna internet apapun yang dilakukan terhadap ISPs.

Bebas Browsing, Streaming, Download. Mau?

Ingatlah bahwa “Kita adalah apa yang kita lakukan”. Jadi jika kita menggunakan informasi cara membuka website yang di blokir tanpa proxy ini dengan baik kitapun akan menjadi pribadi yang baik. Bijaklah dalam menggunakan internet agar kita bisa mendapatkan semua hal positif dari perkembangan internet di kehidupan kita. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+