Trik Menjaga Arus Kas Selalu Sehat

Sebelumnya sudah dibahas mengenai pengertian arus kas termasuk sedikit permasalahan arus kas. Untuk kali ini, akan dibahas cara menjaga arus kas selalu sehat. Tentu saja semua orang ingin arus kas selalu sehat. Tidak ada yang mau dibilang tidak sehat apalagi kondisi keuangannya. Untuk menjaga arus kas Anda selalu sehat, setidaknya ada empat trik menjaga kesehatan arus kas. Inilah triknya:

4 Cara Menjaga Arus Kas Selalu Sehat

Yang pertama adalah membuat catatan akan arus keuangan secara periodik. Masukan semua informasi akan pendapatan selama periode 30 hari. Selain itu masukan juga semua informasi pengeluara dalam periode yang sama tersebut.

Aktivitas membuat catatan arus kas ini bermanfaat untuk memahami penting tidaknya pengeluaran yang dilakukan. Dari situ juga Anda bisa memahami alasan-alasan yang membuat Anda membeli produk. Bisa karena kepentingan bisa juga karena emosi atau pengaruh lainnya.

Pengeluaran yang bersifat emosional pada dasarnya tidak terencana dan dalam beberapa kasus dapat berulang tanpa disadari. Tujuan utama pencatatan adalah untuk menghentikan kebiasaan pengeluaran yang bersifat emosional ini. Jika pengeluaran ini dapat Anda kendalikan, tentu saja kondisi arus kas Anda akan semakin baik.

Yang kedua adalah memberikan tingkat prioritas pengeluaran. Pada dasarnya ada pengeluaran yang bersifat pokok, penting dan konsumtif. Keperluan pokok Anda meliputi sandang, pangan, papan. Pengeluaran penting misalnya pendidikan dan kesehatan. Untuk pengeluaran konsumtif akan berkaitan dengan unsur kesenangan.

Yang ketiga adalah untuk melakukan evaluasi terhadap arus kas. Atas evaluasi ini Anda akan mendeteksi permasalahan pada arus kas. Jika sudah demikian maka perbaikilah masalah itu secepatnya.

Yang terkahir adalah konsisten. Setelah proses evaluasi selesai dan Anda melakukan perbaikan, Anda harus konsisten menerapkan perbaikan tadi. Jika tidak konsisten, bisa diprediksi masalah akan datang kepada arus kas Anda lagi dan lagi.

Itulah kesemua trik sederhana menjaga arus kas selalu sehat. Punya pengalaman menjaga arus kas? Silahkan berbagi.

2 Comments

  1. hafidz November 1, 2016
  2. lutfi November 12, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+