Categories: Keuangan

Apa Pengertian Laku Pandai Itu?

Share

Pengertian laku pandai mungkin mulai hinggap karena banyak orang mulai menggeluti istilah ini. Industri perbankan gencar mencapai nasabah di penjuru daerah dengan melalui agen Laku Pandai. Sebuah program layanan keuangan tanpa keberadaan kantor ini tak hanya menguntungkan lembaga keuangan, tetapi juga memberi peluang penghasilan untuk mitra usaha. Apa saja kriteria dan keuntungannya?

Laku Pandai kependekan dari dari Layanan Keuangan Tidak ada Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif. Sebuah program yang dimulai oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini berupa penyediaan layanan perbankan dan jasa keuangan yang bukan melalui jaringan kantor, melainkan dengan melalui kerja sama dengan pihak lain yang menggunakan sarana teknologi informasi.

Pihak lain yang bekerja sama dengan penyelenggara Laku Pandai diberi nama agen. Sederhananya, agen Laku Pandai bertindak sebagai kepanjangan tangan bank maupun lembaga keuangan lainnya dalam menyediakan layanan kepada masyarakat sesuai kesepakatan yang terjalin.

Related Post

Lembaga jasa keuangan di bawah pengawasan OJK diperbolehkan menjadi penyelenggara Laku Pandai, seperti perbankan, pasar modal, asuransi, dana pensiun, lembaga pembiayaan, pergadaian, dan  lembaga keuangan mikro (LKM). Namun, untuk menjadi penyelenggara harus mendapat restu terlebih dahulu dari OJK dengan memenuhi sejumlah persyaratan.

Agen Laku Pandai tidak lain dari perpanjangan tangan lembaga keuangan untuk mewujudkan kondisi keuangan yang inklusif di kalangan masyarakat. Maksud keuangan inklusif adalah sebuah kondisi di mana seluruh masyarakat bisa mencapai akses layanan keuangan dengan mudah dan lebih efisien memanfaatkan jasa lembaga keuangan.

Baca: Tips Sukses Investasi Emas

Page: 1 2 3 4 5 6 7