Tren Big Data Kamu Wajib Tahu

Sadarkah kamu akan tren big data sekarang ini? Hal paling mudah ditemukan pada google photos. Jika kamu mengupload foto ke google photos, beberapa saat kemudian kamu akan disajikan data akan wajah yang relevan, lokasi, keinginan sampai pertumbuhan anak dari bayi sampai besar.

Contoh sederhananya saja, kamu bakalan diberi sara pengelompokan “Liburan ke Beijin bulan Mei 2012” karena google photos mengidentifikasi Great Wall di latar foto. Tidak berhenti di sana, google juga dapat membuat film sederhana mengisahkan pertumbuhan anak berjudul “mereka tumbuh cepat”.

Tentu saja kehebatan Google photos membuat semuanya otomatis itu banyak memukau pengguna internet, terkesan kamu punya asisten pribadi.

Contoh sederhana lainnya saat Facebook menyarankan teman yang akrab untuk kamu sekaligus memberikan animasi penuh kreasi bercerita akan momen berharga. Bisa juga facebook menyiapkan video kreatif saat perayaan ulang tahun kamu.

Hal seperti ini terkesan untuk tujuan hiburan. Di balik itu, aplikasi yang sangat serius rupanya akan semakin dikembangkan untuk sektor usaha dan hal ini akan menjadi “lumrah” dimulai tahun 2017. Chatbot akan menjadi lebih dari sekedar asisten pribadi kamu. Media ini juga akan menjadi penasehat untuk memberi masukan akan keputusan-keputusan penting.

Sebagai pemilik usaha, chatbot dapat dimanfaatkan untuk menyajikan data berupa laporan matang yang mudah dimengerti. Contohnya” siapkan informasi cabang usaha yang paling beri masukan keuntungan” dilanjutkan “kenapa cabang usaha itu bisa memberi keuntungan?”

Chatbot seperti ini juga akan menjadi alat pengumpul data yang efisien untuk tenaga pemasaran sampai auditor perusahaan divisi distribusi. Hanya mengambil foto terhadap outlet yang sudah dikunjungi, auditor bisa mengetahui porsi produk pesaing dan produk sendiri yang dipajang.

Tidak hanya itu, kantor pusat juga akan mendapatkan entry kunjungan dari auditor dan sales yang dibandingkan dengan perencanaan untuk mengukur produktivitas mereka.

Lebih luas lagi, dunia akan semakin terhubung dengan media informasi berkat aplikasi internet. Alat sensor harga terjangkau akan semakin mudah didapatkan, dan diinstal program buatan sendiri terhubung ke smartphone melalui internet mengalirkan informasi bermanfaat mulai dari cctv, suhu, tekanan darah, detak jantung dan lainnya.

Data yang terkumpul tidak didiamkan melainkan dianalisa secara otomatis. Mekanisme ini akan menguntungkan sektor kesehatan. Memanfaatkan data seperti itu, sebuah rumah sakit akan mampu memberikan respon kepada pasien yang berobat dengan lebih baik. Semua informasi kesehatan akan tersedia secara realtime.

Kemudahan lain seperti sebuah perencanaan untuk meeting onsite berkaitan dengan arus lalu lintas agar para pelaku usaha menggunakan waktu dengan efisien. Tren big data ini akan luas sekali penerapannya bahkan bergantung pada imajinasi.

Tren Big Data untuk Sektor Bisnis

Hal paling din anti mungkin arah tren big data untuk sektor bisnis. Dengan menerapkan teknologi yang menjadi bagian big data seperti aplikasi Machine Laerning, algoritma Artificial Intelligence, Face Recognition, Landmark Recognition, dan lainya, kegunaan big data tersebut menjadi sangat kuat dan tak terhindarkan.

Tren ini bisa didapatkan melalui mekanisme managed service didukung beberapa pemain utama global seperti Amazon, Google, Microsoft dan lainnya dengan harga bersaing. Bagaimana? Siap menghadapi tren big data?

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+