6 Aktivitas Pada Hari Minggu Tingkatkan Produktivitas Seminggu Berikutnya

Aktivitas pada hari minggu untuk tingkatkan produktivitas seminggu berikutnya penting untuk Anda yang tidak suka hari Senin. Sulit memang untuk tidak membenci hari Senin. Hari itu menandai selesainya kesenangan dan kebebasan akhir pekan Anda apalagi kalau saat long weekend. Sekalipun Anda menyukai pekerjaan, suasana untuk kembali di hari Senin dapat memberikan situasi tidak terkendali bahkan untuk Anda orang yang teratur dan terencana. Banyak orang melakukan hal ini sehingga harus mengulang segalanya setiap hari Senin.

Ketahuilah bahwa pada dasarnya hari Senin tetap akan datang suka atau tidak. Menurunnya produktivitas tidaklah harus terjadi setiap hari Senin kembali datang. Kunci utama untuk mengisi aktivitas pada hari minggu tingkatkan produktivitas seminggu berikutnya adalah dengan membuat beberapa kebiasaan di hari Minggu. Dengan begitu Anda akan membuat diri Anda semakin semangant, bersinar dan efisien dalam bekerja tanpa harus mengurangi waktu bersantai di hari Minggu. Tips dalam postingan ini akan membantu Anda melakukan hal itu.

Curi Waktu Satu Jam untuk Menjadi Pribadi yang Teratur

Mungkin kata “curi” terlalu berlebihan namun intinya adalah untuk membuat kebiasaan dengan memaksa diri Anda untuk itu. Periksa jadwal di smartphone, buatlah jadwal untuk Anda di hari Minggu. Mungkin hal ini terlihat konyol dilakukan apalagi saat Anda menikmati pertandingan sepakbola di televisi di Sabtu malam. Sekalipun terasa begitu yakinlah jika pada akhirnya kebiasaan ini akan berbuah manis.

Mengambil tidak lebih dari satu jam waktu di hari Minggu Anda untuk mengantisipasi minggu berikutnya dengan persiapan. Aktivitas ini akan membantu Anda bebas dari rasa khawatir. Periksa kalender, email dan pesan dari teman-teman Anda. Buatlah daftar aktivitas mulai dari yang terpenting untuk dilakukan mulai dari pagi hari.

Jika Anda ingin aktivitas di hari Minggu lebih menyenangkan untuk persiapan hari Senin, coba lakukan rutinitas paling berat lebih awal ketimbang menunda sampai detik-detik terakhir. Anda tahulah rutinitas seperti mencuci pakaian, sampai menyusun pakaian sehingga Anda tidak kesulitan mencari baju untuk dipakai ke kantor pada hari Senin. Selesaikan rutinitas seperti itu sejak pagi di hari libur sehingga Anda dapat bersantai dengan tenang.

Makan Makanan Sehat

Jika Anda berencana untuk makan di pesta atau restoran lakukanlah di hari Jumat dan Sabtu karena makanan yang asal di hari Minggu bisa membuat stres hari Senin semakin parah. Mengkonsumsi makanan berat (apalagi ditambah alcohol) di hari Minggu dapat berujung pada keletihan di hari Senin pagi.

Makanan seimbang dan lezat di hari Minggu yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks akan menyediakan energi. Ditambah serat dari buah-buahan dan sayuran untuk membantu kelancaran pencernaan. Tinggalkan alcohol ganti dengan banyak air putih. Alkohol akan menyebabkan dehidrasi sehingga akan membuat kelesuan mental dan menambah stres.

Konsentrasi Pada Hal Positif

Untuk membuat minggu depan semakin produktif, maka aktivitas pada hari minggu selanjutnya adalah untuk konsentrasi pada hal positif. Perjalanan di kereta atau kemacetan jalan tol dapat membawa masalah yang tidak berujung. Mudah untuk jatuh pada kondisi malas di hari Senin karena Anda memikirkan apa yang harus dilakukan. Fokuslah pada hal positif yang bisa terjadi di hari Senin.

Luangkan waktu di hari Minggu untuk memikirkan apa yang dapat membuat Anda lebih menikmati pekerjaan. Ingatlah kembali semasa perjuangan Anda mencari kerja dan semua kerja keras untuk meraih posisi karir Anda saat ini. Untuk kebanyakan orang, momen-momen itu merupakan puncak karirnya. Coba tanya diri sendiri, apa yang berubah sejak Anda memiliki “perasaan” itu? Kemudian apa yang bisa Anda lakukan secara berbeda sekarang untuk membantu Anda mendapatkan “perasaan” itu lagi?

Kebencian akan hari Senin mungkinakan membuat Anda semakin jauh dengan pekerjaan atau mungkin juga berarti untuk melakukan sesuatu yang baru. Jika Anda ingin produktif, fokuslah pada hal positif yang didapatkan dimana masih ada orang lain yang berjuang keras hanya sekedar untuk mencari pekerjaan.

Bersenang-senang Cara Klasik

Aktivitas pada hari minggu lainnya adalah bersenang-senang cara klasik mulai dari bermain monopoli, mengundang teman bermain kartu atau mungkin bermain game PS4 bersama teman. Permainan, hobi dan aktivitas kreatif akan mendorong munculnya kreativitas, tugas individu, membersihkan pikiran dan menambah kepercayaan diri. Beragam aktivitas yang membuat Anda senang berhubungan dengan membaiknya kreativitas menurut Research Gate, sebuah studi yang dirilis Research in Organizational Behaviour.

Jika Anda ingin memulai hari Senin dengan perasaan segar dan penuh inspirasi, maka bersenang-senanglah untuk diri sendiri. Tidak ada batasan waktu berapa lama Anda harus bersenang-senang. Inti dari aktivitas ini adalah untuk tidak bekerja di akhir pekan. Gunakan waktu khusus untuk beraktivitas menggunakan sisi lain dari otak dengan pendekatan yang menyenangkan.

Tingkatkan Kenyamanan Tidur Anda

Sebuah tidur nyenyak di Minggu malam merupakan cara paling efektif untuk mengatasi kesibukan hari Senin. Hal ini akan membantu Anda mengatasi stress hari senin, membuat Anda semakin optimis, memiliki mood selalu baik, penuh semangat dan tidak khawatir berlebihan.

Untuk mempersiapkan tidur nyenyak Anda, cobalah mengkonsumsi makanan sehat, dan menyelesaikan makan malam dua jam setengah sebelum jam 10 malam. Waktu itu merupakan saat dimana pencernaan berlangsung.

Tips tambahan lainnya adalah untuk memiliki aktivitas fisik di hari Minggu. Rilis dari eurekalert menyebutkan bahwa detak jantung yang aktif setidaknya 20 menit sehari dan mengurangi konsumsi alcohol akan membuat kualitas tidur malam hari Anda semakin nyaman.

Siap Tingkatkan Produktivitas Minggu Depan dengan Aktivitas Pada Hari Minggu Ini

Tips ini akan sangat bermanfaat untuk Anda pelajar, karyawan kantoran sampai pengusaha sekalipun. Produktivitas yang maksimal akan membuat aktivitas Anda berujung pada hal yang positif dengan membuat suasana di sekitar Anda juga positif. Jika sudah demikian, sukses bukan hal yang mustahil untuk diraih bukan? Ada pendapat lainnya?

Leave a Reply

CommentLuv badge

Promo Hosting Murah Hanya Rp 29ribuan/bulan Gratis Domain Selamanya! Buruan cuma sampai 5 Mei 2017Beli Hosting Sekarang