Tanaman Pembersih Udara Sekaligus Hiasan Rumah


Tanaman hias pembersih udara ini penting untuk kamu yang ingin udara lebih segar di rumah.

Untuk kamu pecinta tanaman rumah akan semakin indah sekaligus menyehatkan. Kenapa bisa demikian? Karena beberapa tanaman memiliki fungsi menyehatkan yaitu membersihkan udara. Tentu saja kualitas udara di sekitar tanaman itu akan semakin segar jika demikian. Penasaran tanaman apa saja yang mempunyai fungsi ini? Siapkan catatan kamu ya ….

Lidah Mertua

Tanaman hias pembersih udara yang pertama adalah lidah mertua. Tanaman ini sangat terkenal dan tidak sulit lhoo untuk mendapatkannya. Tanaman lidah mertua atau sansevieria ini punya kemampuan untuk membuat udara bersih dari polusi. Tanaman lidah mertua ini bentuknya unik karena daunnya mirip bentuk lidah. Ada motif putih dan kuning di daunnya. Sebagai tanaman hias, lidah mertua tidak hanya menambah keindahan rumah tapi juga kondisi ruangan semakin sehat dan bebas kotoran.

Peace Lily

Tanaman hias peace lily merupakan tumbuhan pembersih udara lainnya. Tumbuhan ini menawan dengan daun mengkilat berwarna hijau ditambah bunga putih berelopak mirip daun. Tanaman peace lily tumbuh subur di tempat teduh dengan suhu 27 derajat celcius. Paparan sinar matahari sangat penting untuk peace lily. Sebagai tanaman hias, peace lily cocok untuk ditanam didalam maupun luar ruangan. Peace lily tidak sekedar membersihkan udara tapi juga mampu memudarkan racun seperti ammnia, etil asetat, benzene, alcohol, xilena, aseton, tricholoreethylene metal dan formaldehyde.

Pakis

Tumbuhan pakis dikenal sebagai tanaman liar dan banyak terdapat di hutan. Keunikan pakis adalah bulu halus di bagian daunnya. Yang membuat menarik adalah tanaman pakis ini juga menyejukkan. Dari banyak jenis pakis, yang punya fungsi membersihkan udara adalah pakis boston. Tidak hanya membersihkan, pakis boston juga melembabkan udara. Media tanam pakis boston cukup mudah dengan memakai pot.

Tanaman Laba-Laba

Nama kerennya adalah spider plant. Seperti namanya, karakteristik tanaman ini adalah daun panjang menjuntai ke bawah ibarat kaki laba-laba. Tanaman ini mempunyai warna daun bercorak putih atau kuning menambah kecantikan tanaman ini. Kelebihan utama spider plant adalah kemampuan menyerap racun udara. Selama dua hari, tanaman ini sanggup menyerap racun sampai 90 persen. Itu sebabnya tanaman ini cocok di simpan di teras atau dalam ruangan.

Sirih Gading

Tanaman hias pembersih udara lainnya adalah sirih gading. Bentuk tanaman hias ini juga cantik. Batang yang dimiliki menyerupai tanaman rambat dilengkapi daun lebar dengan corak putih. Tanaman ini dikenal dengan nama Photos. Tumbuhan ini tahan hidup di suhu dingin dengan sedikit paparan sinar matahari.

Pot gantung merupakan media tanam ideal sirih gading agar semakin cantik penampilannya. Di pot gantung, daun sirih gading akan menjuntai ke bawah. Daun sirih gading inilah yang punya kemampuan menyerap kandungan racun di udara. Jika ingin udara dalam rumah bersih, sirih gading cocok untuk tanaman dalam ruangan.

Bunga Krisan

Bunga krisan juga dikenal dengan nama bunga seruni. Warna bunga menawan ditambah aroma yang wangi. Karena wanginya ini bunga ini kerap ditempatkan di kamar atau ruangan kerja. Tujuannya untuk memberikan nuansa santai dan menenangkan. Tidak hanya wangi, bunga krisan dapat menyerap beberapa zat berbahaya dalam udara seperti benzene. Jika sudah begitu, udara dalam ruang akan semakin sejuk dan segar.

English Ivy

Jika melihat namanya mungkin tanaman ini berasal dari Inggris ya. Nama lain English ivy adalah hedera helix. Kemampuan membersihkan udara semakin menawan karena tampilan English ivy sangat cantik. Sebagai tanaman merambat, English ivy semakin menarik untuk ditanam dalam pot. Keunggulan English ivy adalah menyerap partikel kecil dalam udara seperti debu dan bulu halus.

Untuk kamu yang punya masalah pernafasan, English ivy cocok untuk ditanam di rumah.

Lidah Buaya

Tidak hanya berkhasiat untuk rambut rontok parah. Lidah buaya juga merupakan tanaman hias pembersih udara. Kekuatannya adalah menetralkan kandungan racun dalam udara seperti formaldehida, benzene dan beberapa kandungan kimia lainya.

Lidah buaya memang terkenal dengan kahsiatnya untuk kesehatan dan kecantikan seperti menyuburkan rambut, penyembuh luka, dan lain sebagainya. Ternyata lidah buaya merupakan tanaman hias yang serba bisa, loh! Di samping kegunaan-kegunaannya untuk kesehatan dan kecantikan, lidah buaya juga memiliki kemampuan untuk menetralisir racun benzene, formaldehida, dan bahan kimia lainnya.

Heart Leaf Philodendron

Tanaman bernama asing ini punya bentuk daun yang menarik perhatian. Sebagaimana namanya, bentuk daun tanaman hias ini mirip hati. Jenis tanaman ini merambat, jadi akan cantik jika ditanam dalam pot menggantung. Daun tanaman heart of philodendron ini beracun karena mampu menyerap polutan udara dengan sangat baik.

Pilih Tanaman Hias Pembersih Udara

Itulah semua pilihan tanaman hias pembersih udaranya. Jika masih ada bayi yang belajar jalan atau merangkak di dalam rumah, mungkin menempatkan tanaman hias ini di jendela kamar atau luar ruangan pilihan terbaik. Karena namanya bayi usia tersebut ia akan memakan semua benda yang bisa diraih.

Ingatkan tanaman hias ini berkemampuan menyerap racun udara? Jadi wajar jika daun-daun tanaman ini mengandung racun cukup tinggi karena semua racun udara yang terserap akan menempel di daunnya.

Jadi dengan pilihan tanaman hias pembersih udara, rumah sehat dan sejuk sekaligus menawan. Semoga bermnanfaat dan jangan lupa bookmark artikel ini agar kamu punya panduan mudah memilih tanaman hias menyehatkan.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+