Peranan Manajemen Keuangan Bagi Perusahaan

  • 6
    Shares

Peranan manajemen keuangan bagi perusahaan tidak kalah penting dengan aspek manajemen lainnya. Manajemen keuangan dari sebuah usaha kecil akan fokus pada lebih dari sekedar keakuratan pembukuan dan keseimbangan akun kas. Anda harus mengatur keuangan sehingga tidak belanja berlebihan dan selalu siap dengan semua pengeluaran termasuk distribusi keuntungan. Tanggung jawab keuangan Anda akan berpengaruh pada semua aspek perusahaan. Sebuah perusahaan yang mencatat rekor penjualan mengesankan namun manajemen keuangannya buruk, kemungkinan besar akan hancur.

Belanja Modal

Pembelian aset dapat menciptakan pemasukan untuk perusahaan. Semua pertimbangan keuangan harus menciptakan keseimbangan antara hasil dari pendapatan dan aset dengan jumlah biayanya. Jika Anda mengelola belanja modal dengan efektif, Anda tidak akan membebani perusahaan dengan meminjam dana terlalu besar untuk pembelian aset. Di sisi lain, perusahaan tidak memiliki proyeksi pendapatan untuk melunasi pinjaman itu.

Kas Operasional

Anda harus mengelola arus kas sehingga perusahaan selalu memiliki dana cukup untuk membayar biaya rutin. Ini berarti Anda harus memperhatikan kapan tagihan jauth tempo dengan jatuh tempo pendapatan. Anda bisa mengelola arus kas dengan mempersingkat jangka waktu pembayaran konsumen. Misalkan sebelumnya konsumen bisa membayar 60 hari setelah transaksi menjadi 20 hari setelah transaksi. Selain itu juga Anda bisa menegosiasikan jatuh tempo pembayaran dengan pihak ketiga (bisa bank, vendor, distributor, dll). Jika Anda gagal mengelola arus kas dengan efektif, Anda mungkin tidak mampu membayar kewajiban dan menjaga kelancaran operasional perusahaan.

Baca: Apa Pengertian Arus Kas

Menurunkan Pengeluaran

Peranan manajemen keuangan bagi perusahaan selanjutnya adalah efisiensi pengeluaran. Salah satu tanggung jawab manajemen keuangan adalah untuk memastikan pengeluaran seminim mungkin. Anda bisa memintakan harga diskon pada pihak ketiga, mengurangi jumlah karyawan, mengurangi penggunaan energi dan membeli bahan-bahan dalam jumlah besar. Jika Anda tidak mengawasi dan mengelola biaya, perusahaan akan selalu harus meningkatkan penjualan secara dramatis. Kenaikan penjualan menjadi solusi mudah untuk menutup biaya yang keluar.

Perencanaan Pajak

Tugas manajemen keuangan mencakup perencanaan untuk pajak. Peran manajemen keuangan ini untuk memastikan bahwa perusahaan punya kas cukup untuk membayar perkiraan pajak jatuh tempo. Selain itu juga waktu pembelian aset penting untuk memaksimalkan keuntungan. Misalkan jika Anda mengetahui jika pajak tahun ini tidak akan setinggi pajak tahun depan, Anda bisa menunda pembelian aset penting sampai tahun depan saat perusahaan membutuhkan keringanan pajak. Kegagalan dalam merencanakan pajak dan memaksimalkan potongan dapat menyebabkan perusahaan membayar berlebih pajaknya.

Pahami Peranan Manajemen Keuangan Bagi Perusahaan

Itulah kesemua peranan manajemen keuangan bagi perusahaan. Mulai dari memastikan kelancaran aset, operasional perusahaan, efisiensi pengeluaran, menaikan profit, sampai perencanaan pajak. Ada peran lain yang belum dibahas?


  • 6
    Shares
  • 6
    Shares

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+