Penjelasan Lengkap Apa Itu Artikel Pilar

Artikel pilar merupakan bagian penting dari sebuah blog. Tanpa disadari sebenarnya banyak blogger yang sudah membuat artikel jenis ini namun masih bertanya-tanya apa sebenarnya artikel pilar itu. Singkat kata artikel pilar merupakan bagian inti sebuah blog yang membuat blog itu bisa bertahan dan bersaing dengan para komeptitornya di internet. Nah, inilah tujuan postingan kali ini, yaitu untuk menjelaskan semua tentang artikel pilar.

Apa Itu Artikel Pilar

Artikel pilar merupakan konten blog yang berupa artikel dan sudah dirancang khusus untuk menarik minat pengunjung blog sekaligus menyediakan solusi bagi para pembacanya. Semua blogger professional atau blogger pemula sekalipun yang ingin berbisnis melalui blognya selalu memiliki artikel pilar dalam blog mereka.

Saat sebuah blog baru lahir, sebaiknya Anda siap menampilkan artikel pilar sebanyak mungkin karena pada umumnya artikel pilar dengan mudah terindeks di mesin pencari dan mendatangkan banyak pengunjung.

Cara Membuat Artikel Pilar

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara membuat artikel pilar hal termudah yang bisa dilakukan adalah dengan mengetahui jenis-jenis artikel pilar yang ada. Jika dikelompokan, maka secara umum hanya ada 3 jenis artikel pilar yaitu:

Artikel Penjelasan

Artikel penjelasan biasanya memiliki judul “Bagaimana cara ….” Yang ditujukan untuk mengajarkan pembaca tentang suatu topic. Misalkan, “bagaimana cara menurunkan berat badan dalam seminggu”. Saat Anda menerbitkan artikel jenis ini, maka artikel itu sebaiknya menyampaikan proses tahap demi tahap untuk mengajari apapun yang Anda ingin ajarkan asalkan Anda benar-benar mengajarkan sesuatu bukan sekedar “spam” untuk menarik pengunjung blog.

Artikel Definisi

Artikel jenis ini sepertinya sudah cukup jelas bukan? Dengan artikel jenis ini berarti Anda menjelaskan sesuatu. Misalkan “Apa itu Polyester?” . Artikel pilar seperti ini bisa memberikan informasi singkat kepada pencari informasi sekaligus menjadi konten penjelasan atas artikel-artikel lainnya yang sedikit membahas tentang topik yang berkaitan.

Artikel Daftar

Konten ini sepertinya sudah banyak diketahui para blogger dimana tentu saja artikel ini bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat. Misalkan adalah 10 Template Blog Gratis SEO Friendly. Artikel jenis ini biasanya mudah dicerna pembaca, informatif dan menarik.

Apakah Artikel Pilar Harus Panjang?

Artikel pilar akan menjadi daya tarik bagi blog penerbitnya apapun niche blog itu. Biasanya artikel pilar disusun dengan baik, memiliki informasi terpercaya dan menggugah minat pembacanya tentang suatu topik yang berkaitan dengan tema blog penerbit itu.

Setelah mengetahui apa itu artikel pilar, pertanyaan paling umum selanjutnya adalah “Apakah artikel pilar harus panjang?” Umumnya sebuah artikel pilar memang cukup panjang atau pada kisaran 500 sampai 1200 kata. Namun pada kenyataannya, panjang sebuah artikel tidak begitu berarti tanpa didukung substansi artikel itu sendiri. Maka dari itu, jika Anda bertanya-tanya apakah artikel pilar harus panjang, maka jangan terlalu khawatir. Kunci dari artikel pilar adalah informatif, bermanfaat dan mudah dipahami. Tulislah artikel pilar sepanjang yang dibutuhkan untuk menjelaskan informasi yang diperlukan.

Kenapa Artikel Pilar Itu Penting?

Melihat secara luas, artikel pilar merupakan pondasi (layaknya fungsi pilar bangunan) dari blog Anda yang akan terus menerus mendatangkan pengunjung ke blog Anda. Sekalipun Anda pemilik toko online, memiliki sesuatu untuk dijual saja tidaklah cukup untuk mendatangkan kesuksesan. Konsumen saat ini sangatlah haus akan informasi dan ingin tahu banyak hal. Dalam hal inilah artikel pilar akan memiliki fungsi memberikan nilai tambah pada blog Anda.

Misalkan saya menjual jam tangan online dan produk itu menampilkan deskripsi dan fitur, mungkin tidak akan cukup membuat konsumen tertarik membelinya. Banyak pembaca yang ingin membaca review produk dari konsumen lain yang sudah lebih dulu membeli. Untuk artikel pilar produk jam tangan tersebut saya bisa melakukan riset terkait sejarah dari brand jam tangan, dan proses pembuatannya kemudian cari informasi beberapa ahli tentang jam tangan tersebut. Artikel ini tentu saja akan memberikan nilai tambah kepada blog Anda dimata konsumen untuk berpikir lebih lama sebelum akhirnya memutuskan pembelian.

Berapa Banyak Artikel Pilar Yang Harus Dibuat?

Seperti sudah sedikit dibahas sebelumnya, semakin banyak semakin baik. Namun sebagai langkah awal, memiliki 10 artikel pilar pada sebuah blog baru sepertinya sudah cukup untuk menarik minat pengunjung dalam jumlah lebih banyak. Jadi sebelum Anda mempromosikan sebuah blog baru secara besar-besaran ada baiknya mempersiapkan artikel pilar lebih dulu untuk menarik minat setiap pengunjung dan merubahnya menjadi pembaca setia. Semakin banyak artikel pilar yang bisa Anda buat tentu saja semakin kokoh blog Anda di dunia internet.

Siap Membuat Artikel Pilar Untuk Blog Anda?

Nah, itulah semua tentang artikel pilar sebuah blog. Jika Anda masih penasaran kenapa trafik blog Anda masih saja rendah mungkin Anda belum pernah merencanakan untuk membuat artikel pilar di blog Anda.

Mulailah dari hal-hal sederhana dalam membuat artikel pilar, jika Anda memang menyukai topik blog yang Anda mulai tentu saja ini bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

CommentLuv badge

Butuh Uang Cepat Tanpa Jaminan? Waktu Proses Hanya 2 Hari Secara Online. Ajukan Pinjaman