Memilih Web Hosting Terbaik untuk Bisnis Ngeblog


Memilih web hosting terbaik merupakan bagian penting dalam tips ngeblog. Jika Anda bermaksud bisnis saat membuat blog, maka pilihan web hosting yang tepat akan sangat membantu.

Apa yang dimaksud dengan Web Hosting?

Jika kita mengutip pengertian web hosting dari wikipedia, maka dapat diartikan sebagai berikut :

Web Hosting merupakan suatu bentuk layanan “jasa penyewaan tempat” di Internet yang memungkinkan Anda baik sebagai individu maupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di internet.

“Penyewaan tempat” tersebut dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat diakses oleh banyak pengguna dari semua tempat secara simultan.

Menjadi pertanyaan kemudian adalah kapan kita harus menggunakan jasa web hosting berbayar?

Bukan rahasia lagi bahwa sudah banyak penyedia jasa web hosting berkualitas yang ada.

Dikatakan kebetulan karena, memang banyak pilihan yang tersedia. Dan kunci utamanya ada pada diri kita sendiri sebagai konsumen jasa web hosting. Ya, di situlah kunci utamanya. Sebagai konsumen tentu kita memiliki intuisi dalam memilih suatu produk. Untuk memiliki pemahaman yang baik akan suatu produk maka mau tidak mau ya kita harus menggunakannya sendiri.

Banyak yang bilang, pengalaman merupakan guru terbaik, dan dalam hal memilih web hosting terbaik prinsip itu dapat berlaku. Tidak sedikit blogger mengatakan suatu jasa web hosting A adalah yang terbaik dan blogger lain mengatakan jasa web hosting B yang terbaik.

Dalam tahap awal mencari informasi “mana yang terbaik” tentu bisa jadi Anda kebingungan, karena bisa dipastikan bahwa selalu ada plus minus atas review jasa web hosting di internet.

Kembali ke pertanyaan kapan Anda harus menggunakan jasa web hosting berbayar? Jawabannya tentu pada saat Anda merasa siap menjalaninya. Mengapa demikian? Karena ada biaya yang harus dikeluarkan.

Pada saat Anda melakukan aktivitas yang mengeluarkan biaya tentu Anda memerlukan perhitungan yang baik, jangan sampai uang yang Anda habiskan terbuang percuma.

Kuncinya ada pada diri Anda sendiri, jika sudah siap, pelajari produknya dan tentukanlah pilihan

Mengapa web hosting berbayar? Bukankah gratis lebih baik?

Perdebatan ini sepertinya tidak akan pernah ada habisnya karena pada faktanya banyak yang menggunakan blog gratisan untuk bisnis. Bagaimana hasilnya? Tentu bervariasi.

Terlepas dari perbandingan hasil yang didapatkan dengan berbisnis menggunakan blog gratis atau berbayar, apa yang saya yakini tentang bisnis online adalah :

“aktivitas online tidak jauh berbeda dengan aktivitas offline, terlebih jika Anda berbicara bisnis. Anda tidak akan bisa lepas dari kepercayaan, komitmen, dedikasi, dan citra baik sebagai seorang pelaku usaha online”.

Mungkin sama halnya dengan Anda, saya juga mengawali hobi blog dengan blogspot (blog gratisan). Lantas kenapa saya memutuskan menggunakan blog berbayar dari wordpress dan menggunakan jasa webhosting? Karena saya merasa siap, dan ingin mengelola blog secara lebih profesional. Saya melihat blog sebagai sebuah hobi yang memiliki nilai investasi finansial.

Saya melihat peluang part-time blogger sebagai lahan investasi sekaligus sarana menyalurkan hobi menulis tentang blogging. Sebagai suatu lahan investasi, berarti ada aspek bisnis di dalamnya. Sebenarnya kita tidak bisa melarikan diri dari aspek “bisnis online” jika sudah mulai melirik segala macam bentuk kegiatan “menghasilkan uang online” tidak peduli sekecil apa pun itu (meskipun hanya US$ 0.001).

Jika sudah berbicara bisnis baik itu menghasilkan satu sen atau pun jutaan rupiah (atau ribuan sampai ratusan ribu dollar) maka kita tidak bisa melepaskan diri dari hal-hal seperti kepercayaan, komitmen, dedikasi dan citra baik.

Mana yang paling baik?

Atas apa yang sudah saya rasakan, hal yang paling mempengaruhi pengembangan blog saya adalah kepercayaan.

Pada saat saya mengembangkan blog gratis saya kesulitan untuk membangun network dengan blogger mancanegara sedangkan basis blog saya adalah blog berbahasa inggris. Hal ini jelas sangat merugikan. Bahkan saya masih ingat, johnchow secara tegas menolak blog gratisan untuk menjadi penulis tamu di blog-nya.

Menurut saya guest blogging merupakan jalan pintas dalam membangun jejaring online. Jika sebuah blog ternama dengan trafik tinggi menolak guest blogging saya, jelas itu sebuah kerugian.

Di sisi lain, berbagai tawaran interview online terhadap blogger mancanegara selalu kandas. Apalagi menjadi seorang guest blogger, bisa dikatakan e-mail permintaan saya tidak mendapat tanggapan sama sekali. Saya hanya berpikir, apa yang salah dengan blog gratisan?

Dari sekian banyak informasi yang saya dapatkan, semuanya mulai mengerucut pada satu jawaban : kepercayaan.

Jika Anda seorang blogger, dan berniat untuk membangun sebuah bisnis melalui blog Anda tentu Anda akan memerlukan dukungan dari orang lain. Jika Anda ingin orang lain mendukung Anda maka buatlah  mereka percaya, bangunlah kredibilitas Anda sebagai seorang blogger dan seorang pelaku usaha online.

Kemudian, saya mulai membuat sebuah rencana, rencana akan blog baru (bukan gratisan) yang akan saya kembangkan. Namun kendala berikutnya adalah biaya. Biaya menjadi sosok tersendiri yang bisa sangat menakutkan bagi seorang pemula dan memulai sebuah bisnis (baik online maupun offline).

Saya terpaku cukup lama dalam hal biaya, namun saya teringat kisah-kisah sukses pengusaha (apa pun bidang usaha mereka). Dimana hampir selalu ada kesamaan bahwa kisah sukses seseorang diawali dengan jatuh-bangun (bahkan kerugian secara finansial).

Bukan berarti saya mau rugi, saya hanya berpikir … saya tidak akan pernah tahu jika saya tidak mencoba dan berusaha. Jadi, terbentuklah notordinaryblogger di bawah wordpress dengan jasa web hosting berbayar (setelah melalui berbagai macam pertimbangan tentunya).

Perubahan yang sangat terasa?

Hal signifikan yang sangat terasa dalam upaya saya membangun jejaring online dengan blogger mancanegara adalah terbukanya peluang (apa pun itu).

Jejaring Online untuk Promosi Blog

Blogger-blogger mancanegara mulai tertarik atas tawaran interview yang saya tawarkan. Interview online merupakan jalan pintas untuk mempromosikan diri saya sendiri dan blog saya kepada komunitas interviewee (pihak yang saya wawancarai), yang notabene mereka sudah cukup ngetop dengan blognya masing-masing. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi blog saya yang masih baru tentunya, nebeng ngetop 😀

Selain interview, tentu komentar-komentar yang tadinya tidak pernah muncul sekarang mulai ditampilkan oleh sang pengelola blog (problogger.net, thinktraffic.net, smartpassiveincome.com, jhonchow.com, dll).

Dan yang paling menguntungkan adalah kesempatan guest blogging. Mengapa paling menguntungkan? Karena kegiatan ini memberikan efek berantai atas peluang-peluang  tidak terduga yang saya dapatkan.

Melaui guest posting yang saya lakukan, alhamdulillah saya mendapat kesempatan menjadi interviewee (yang diwawancara) oleh Andi Leeman dari timsminions.

Dari pengalaman itulah saya mulai berpikir, begitu bermaknanya sebuah kredibilitas dan kepercayaan dalam sebuah bisnis (online).

Memilih Web Hosting Terbaik Versi Anda

Setiap kita pasti memiliki pertimbangan masing-masing dan saya percaya pengalaman merupakan guru terbaik karena saya sendiri sudah merasakannya.

Terlepas dari blog gratis atau berbayar, web hosting mana yang terbaik, tetaplah berusaha dan jangan putus asa. Jika Anda kecewa dengan web hosting yang sedang digunakan, mungkin saatnya Anda beralih. Banyak pilihan web hosting berkualitas yang tersedia dengan harga sangat terjangkau.

Jika Anda tidak yakin, tanyakanlah pada orang yang Anda percaya untuk menggali informasi lebih banyak tentang kualitas produk layanan web hosting tersebut.

Bagi saya pribadi tentu jaminan kualitas dan layanan 24 jam non-stop merupakan hal penting, karena saya tidak begitu mahir akan hal-hal teknis maka sudah pasti saya akan memerlukan bantuan untuk mengatasi permasalahan teknis yang muncul, kapan pun masalah itu muncul.

Notordinaryblogger sendiri menjatuhkan pilihan ke hostgator dengan semua pertimbangannya. Tujuan awalnya adalah untuk mentarget trafik Amerika. Namun kini seiring pertumbuhan teknologi sekarang ini sudah banyak hosting Indonesia berkualitas. Namun karena belum pernah ada masalah serius dengan host lama, notordinaryblogger tidak beralih.

Sumber feature image : www.cfdynamics.com

Setiap orang pasti memiliki pilihan dan pengalamannya masing-masing terhadap web hosting.  Bagaimana dengan Anda? Bagaimana cara Anda memilih web hosting terbaik?


2 Comments

  1. Pingback: Materi Tugas 1 TIK | fadillarisablog Februari 2, 2016
  2. Zikri Januari 10, 2017
  3. Yoga Juni 13, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+