Naik Qatar Airways? Apa Aja yang Perlu Diketahui?

Naik Qatar Airways? Mungkin ini akan menjadi satu pengalaman dalam hidup Anda Karena berbagai hal sebut saja alasan religious seperti naik haji atau umroh, karena alasan pekerjaan, alasan studi di negara Eropa sampai alasan liburan.

Apapun alasannya, sekarang ini pengalaman menggunakan Qatar airways bisa saja tidak terhindarkan. Nah, untuk Anda yang penasaran dengan penerbangan Qatar airways ini mulai dari lama penerbangan, fasilitas pesawat, jadwal penerbangan, harga tiket pesawat Qatar airways, jenis pesawat Qatar airways, bagasi Qatar airways, sampai persyaratan visa, postingan ini mencoba untuk menjelaskan.

Tidak perlu berlama-lama, langsung aja yuk …..

Sekilas Qatar Airways

Jika Anda pernah singgah di bandara udara internasional Doha mungkin penasaran kenapa bandara itu tidak pernah sepi penumpang. Kenapa begitu banyak orang naik Qatar Airways? Sekilas tentang Qatar airways ini mungkin akan memberi Anda pemahaman lebih baik.

Qatar Airways merupakan salah satu perusahaan penerbangan termuda yang melayani penerbangan di 6 benua. Qatar airways juga termasuk salah satu yang tercepat perkembangannya untuk industri penerbangan. Maskapai ini menghubungkan 150 kota di dunia setiap harinya. Didukung dengan armada generasi terbaru ditambah kualitas layanan kru pesawat berkualitas baik di pesawat maupun saat di bandara, Qatar Airways jelas menjadi salah satu pemain penting di industri penerbangan dunia.

Karena tingginya aktivitas manusia saat ini, perjalanan udara melibatkan penerbangan singkat, agak lama sampai penerbangan sangat lama sekalipun. Dengan perkembangan teknologi saat ini, Qatar Airways seolah membuktikan bahwa tidak ada satu destinasi dunia yang tidak terjangkau. Seiring dengan makin tingginya aktivitas perjalanan Karena berbagai sebab, Qatar Airways melihat pengalaman di udara sangatlah penting untuk dinikmati penumpangnya.

Qatar Airways pertama kali diluncurkan tahun 1997 dan telah mendapatkan banyak penghargaan sejak itu. Maskapai ini menjadi salah satu penerbangan elit dunia dengan rating bintang lima menurut Skytrax. Terpilih sebagai Airline of the Year versi Skytrax tahun 2011, 2012 dan terakhir tahun 2015, maskapai ini mendapat kepercayaan tinggi dari pengguna transportasi udara dunia.

Pemimpin Qatar Airways sampai dengan April 2017 ini, Akbar Al Baker bertujuan membuat Qatar Airways menjadi pilihan utama penumpang udara dunia dengan menawarkan penerbangan yang diinginkan pada tujuan yang dibutuhkan. Tujuan itu diterapkan kepada semua 40.000 karyawan Qatar Airways setiap harinya.

Sang pemimpin, Akbar Al Baker sangatlah berperan dalam membentuk pertumbuhan Qatar Airways menjadi salah satu tercepat dalam hal perkembangannya. Selain itu Qatar Airways juga berhasil menyabet beragam penghargaan bergengsi dibawah kepemimpinannya sebut saja Airline of the Year tahun 2015, 2012, 2011 dan menjadi runner up tahun 2014 dan 2013 oleh auditor industri dunia Skytrax.

Dulu saat pertama kali menjadi nahkoda Qatar Airways, unit pesawat yang tersedia hanya 4 pesawat mengakomodir penerbangan regional saja. Sekarang ini Qatar Airways didukung 177 unit pesawat terbang melayani 150 destinasi di 6 benua.

Al Baker merupakan Ketua Anggota Eksekutif, AACO (Arab Air Carriers Organisation), anggota dari Jajaran Gubernur IATA (International Air Transport Association) dan Direktur Non-Eksekutif HAH (Heathrow Airport Holdings).

AACO merupakan organisasi yang berperan penting terhadap kemajuan industri penerbangan di negara-negara Arab. IATA merupakan badan regulasi penerbangan dunia dan HAH merupakan perusahaan yang bertanggungjawab atas operasional bandara udara terbesar di Inggris.

Dirinya juga dikenal sebagai individu yang penuh motivasi dalam hal kewirausahaan di Doha untuk lebih dari 25 tahun. Ia juga memiliki ijin terbang sebagai pilot sekaligus CEO dari beberapa perusahaan penerbangan nasional di Qatar termasuk jajaran eksekutif untuk Hammad International Airport, Qatar Aircraft Catering Company, Qatar Aviation Services, Qatar Distribution Company, Internal Media Services dan Qatar Duty Free.

Ia lahir di Doha sebagai lulusan Perdagangan dan Ekonomi. Pengalaman kerjanya ada diberbagai tingkatan Direktorat Penerbangan Sipil Qatar sebelum terpilih menjadi Group Chief Executive di Qatar Airways pada tahun 1997. Melihat sosok di balik kesuksesan Qatar Airways ini sepertinya tidak heran jika semakin banyak penumpang udara dunia makin mantap naik Qatar Airways.

Lama Penerbangan Jakarta-Doha saat Naik Qatar Airways

Pada umumnya penerbangan Jakarta ke Doha memakan waktu 8 jam 35 menit.

Fasilitas Pesawat Qatar Airways

Fasilitas Makanan

Qatar airways menawarkan beragam menu makanan untuk memenuhi kebutuhan diet yang beragam juga. Jika Anda membutuhkan makanan khusus saat memakai penerbangan Qatar Airways, sampaikan informasinya saat melakukan reservasi tiket atau komunikasikan pada kantor Qatar Airways di kota Anda setidaknya 24 jam sebelum keberangkatan. Jika Anda melakukannya, Anda akan mendapatkan menu makanan sesuai keperluan itu. Hal penting lainnya akan fasilitas makanan ini adalah kesemua makanan yang disediakan dalam penerbangan Qatar Airways adalah halal.

Mulai menu untuk bayi, anak-anak, vegetarian, makanan religius (khusus pemeluk agama Hindu), sampai makanan kesehatan untuk penderita darah tinggi dan diabetes disiapkan untuk penumpang Qatar Airways

Menggunakan headphone

Percaya atau tidak, cukup banyak penumpang Qatar Airways kebingungan saat ingin menikmati hiburan audio visual yang disediakan melalui layar televisi dihadapannya. Kebanyakan akan bingung cara menancapkan colokan headphone.

Colokan listrik headphone berada di pegangan kursi sebelah kiri Anda.

Belanja Di Ketinggian 30.000 Kaki

Untuk Anda yang suka berbelanja mungkin akan tergoda dengan tawaran banyak produk selama penerbangan.

Saat naik Qatar Airways, Anda bisa memilih beragam produk koleksi ekslusif dari produk duty free paling laris dari tempat duduk di pesawat Anda. Hal tersebut bisa dicari dengan melihat majalah duty free yang tersedia di setiap kursi di depan Anda. Informasi shopping extravaganze juga menyediakan informasi ini mulai dari koleksi parfum, kosmetik, produk perawatan kulit, jam, perhiasan, aksesoris pakaian, mainan dan kenang-kenangan Qatar Airways. Produk yang ditawarkan selalu diupdate setiap 6 bulan mulai dari produk terlaris sampai produk yang baru muncul. Anda tidak harus membayar dengan mata uang Qatar. Anda bisa membayar dengan beberapa mata uang utama seperti US$, Euro dan mata uang utama lainnya termasuk kartu kredit saat berbelanja di ketinggian 30.000 bersama Qatar Airways.

Katalog barang duty free yang ditawarkan diatas ketinggian 30.000 kaki bisa dilihat disini

Hiburan Audio Visual

Hiburan audio visual disediakan dengan layanan Oryx. Qatar Airways menawarkan pilihan 3000 hiburan mulai dari serial televisi, musik, permainan video, dan banyak lainnya.Bottom of FormUntuk rute Jakarta – Doha ratusan film, game, music, berita sampai dokumenter bisa dilihat disini

Komunikasi Oryx One menyediakan layanan komunikasi yang canggih. Anda bisa tetap terhubung melalui layanan On Air Mobile Service. Koneksi Wifi Onboard juga memudahkan Anda untuk tetap produktif atau terhibur dengan akses tanpa gangguan untuk komunikasi dengan teman, keluarga, kerabat sampai klien kerja.

Saat pesawat berada pada ketinggian 10.000 kaki, Anda bisa menggunakan alat elektronik portable dan mengirimkan SMS atau MMS atau mengakses email dan browsing internet untuk tetap terhubung secara online. Fitur ini tersedia untuk jenis pesawat Airbus A380, Airbus A350, Airbus A319,  Airbus A320, Airbus A321 dan Airbus A330-200 sampai Boeing 787.

Menggunakan Telepon di Pesawat

Nyalakan handphone Anda dan pilih jaringan “OnAir” atau “Aeromobile”. Jika gadget Anda tidak dapat menemukan dan terhubung secara otomatis cobalah lihat di pengaturan jaringan (network setting). Pastikan gadget Anda tidak ada dalam posisi “flight mode”.

Untuk mengirim SMS atau MMS tekanlah “+” kemudian kode negara dan nomor telepon (ingat jangan gunakan 0 di angka pertama tujuan telepon).

Terhubung ke Jaringan Wifi Pesawat

Nyalakan wifi pada laptop, tablet atau smartphone Anda dan pilihlah “OryxOne”. Selanjutnya buka browser internet. Anda akan melihat sebuah portal untuk login. Dari portal itu pilihlah harga yang sesuai.

Gadget personal seperti laptop, tablet dan smartphone perlu dimatikan saat tinggal landas dan mendarat atau ubah pengaturan telepon menjadi “airplane” mode atau flight safe”. Berikan kenyamanan pada penumpang lain yang beristirahat. Matikan nada dering gadget atau ubah pengaturan smartphone ke getar atau silent.

Harga yang dikenakan sesuai biaya roaming internasional dan Anda akan menerima tagihan dari provider komunikasi yang sudah digunakan.

Koneksi wifi ini sudah teruji dan disertifikasi sehingga tidak akan menimbulkan gangguan membahayakan pada pesawat.

Qatar Airways selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan kebutuhannya. Termasuk salah satunya kebutuhan akan wifi saat naik Qatar Airways.

Jadwal Penerbangan Qatar Airways Jakarta Doha

Untuk Rute Jakarta Doha Dalam satu hari tersedia 3 kali keberangkatan antara lain:

Berangkat Pukul 00.20 perjalanan 8 jam 35 menit non-stop. Anda akan tiba pukul 04.55 di Doha. Pesawat yang digunakan adalah Boeing 787-8 Dreamliner dengan nomor penerbangan QR 955

Berangkat pukul 09.00 perjalanan 8 jam 35 menit non stop. Anda akan tiba pukul 13.35 di Doha. Pesawat yang digunakan adalah Boeing 787-8 Dreamliner dengan nomor penerbangan QR 959

Berangkat pukul 19.45 perjalanan 8 jam 35 menit non stop. Anda akan tiba pukul 23.20 di Doha. Pesawat yang akan digunakan adalah Boeing 787-8 Dreamliner dengan nomor penerbangan QR 957

Harga Tiket Pesawat Qatar Airways Jakarta Doha

Untuk tiket pesawat Qatar Airways Jakarta Doha kelas ekonomi terbagi mulai dari Rp 9.685.100,- (Economy Saver), Rp 10.696.100 (Economy Value), Rp 13.770.100,- (Economy Flexi)

Untuk tiket pesawat Qatar Airways Jakarta Doha kelas Bisnis terbagi mulai dari Rp. 36.589.300,- (Business saver), Rp 37.989.300,- (Business value) dan Rp 40.185.300 (Business Felxi)

Memperhatikan kecenderungannya, jika Anda ingin mendapatkan harga tiket terbaik saat naik Qatar Airways, harga tiket paling mahal adalah hari Jumat. Kecuali ada promo Qatar Airways, untuk dapat harga tiket ekonomis cobalah untuk menghindari hari Jumat untuk hari keberangkatan.

Jenis Pesawat Qatar Airways

Qatar Airways memiliki salah satu armada penerbangan termuda dengan rata-rata usia armada 5 tahun. Badan pesawat langsing dari Airbus dan lebar dari Boeing beroperasi untuk jarang dekat, menengah dan jarak jauh pada rute penerbangan internasional.

Qatar Airways Airbus A350

Pesawat ini memiliki fitur seni dan teknologi terkini. Badan pesawat ekstra lebar dan dibuat untuk memberikan pengalaman perjalanan lebih tinggi dengan memaksimalkan efisiensi dan kenyamanan.

Qatar Airways Airbus A380

Pesawat Qatar Airways Airbus A380 ini memiliki fitur 3 kelas untuk konfigurasi penumpang mulai dari First Class, Kelas Bisnis dan Kelas Ekonomi dengan 2 kabin. Saat ini Airbus jenis ini merupakan yang terbesar di industri jet berpenumpang di dunia.

Qatar Airways Boeing 787 Dreamliner

Qatar Airways Boeing 787 dreamliner ini merupakan sebuah karya mutakhir dari teknologi aeronautical dengan pelayanan di udara yang semakin meningkat menawarkan Anda pengalaman terbang yang tidak ada bandingannya.

Qatar Airways Boeing 777

Pesawat ini memiliki fitur kabin dengan kursi yang nyaman, pilihan menu makanan dan kru yang sudah terbukti kualitas layanannya untuk menjamin kenyamanan Anda mencapai destinasi tujuan.

Qatar Airways Airbus A320

Pesawat udara ini mengkombinasikan kemewahan, keleluasaan dan layanan premium dengan teknologi modern.

Bagasi Saat Naik Qatar Airways

Pada umumnya berat bagasi untuk kelas ekonomi adalah 30 kg sedangkan kelas bisnis 40 kg.

Persyaratan Visa Qatar saat Naik Qatar Airways

Visa untuk Transit

Jika Anda hanya transit di Bandara Internasional Hammad – Doha maka Anda tidak membutuhkan visa.

Keluar dari Bandara

Anda dimungkinkan untuk keluar dari Bandara Internasional Hammad – Doha untuk keperluan liburan, city tour, menengok keluarga (jika kebetulan tinggal di Doha) dengan mengurus visa di loket khusus yang disediakan di Bandara Internasional Hammad

Visa Transit di Doha Gratis

Anda tidak dikenakan biaya untuk pengurusan visa transit di Bandara Internasional Hammad

Cara Pengurusan Visa Transit di Doha

Anda bisa mendatangi loket visa transit yang ada di Bandara Internasional Hammad  dengan menunjukkan tiket dan paspor. Petugas bandara akan mengurus ijin Anda untuk bisa keluar Bandara. Atau Anda bisa mengurus visa transit secara online dengan mengisi form di laman ini

Berapa Lama Durasi Visa Transit yang Diberikan

Anda bisa menikmati visa transit mulai dari 5 jam sampai 96 jam. Visa transit ini tidak dapat diperpanjang lebih dari 96 jam.

Menggunakan Wifi Internet Gratis 30 Menit Saat di Bandara Internasional Hammad – Doha

Saat Anda sudah berada di bandara internasional Anda bisa menggunakan fitur Wifi gratis. Fasilitas ini tentu saja berguna untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman atau kerabat menggunakan whatsapp. Caranya adalah dengan bergabung ke Wifi Hammad International Complementary. Jika sudah terhubung ke internet selanjutnya buka browser Anda.

Akan terlihat laman login internet. Pilihlah untuk login menggunakan Kode Booking Konfirmasi (6digit) atau nomor eticket (13 digit). Setelah memasukan kode booking atau nomor eticket Anda hanya perlu masukan nama belakang sesuai dengan yang tertera dalam tiket.

Sekarang Anda sudah bisa menikmati fasilitas wifi gratis selama 30 menit di bandara internasional Doha – Qatar.

Siap Naik Qatar Airways?

Itulah kesemua hal penting yang mendasar perlu diketahui oleh Anda calon penumpang Qatar Airways. Pemahaman Anda akan hal ini akan menambah kenyamanan saat naik Qatar Airways. Punya rencana naik Qatar Airways? Bookmark postingan ini agar Anda tidak lupa tips pentingnya atau bagikan ke teman yang akan bepergian menggunakan Qatar Airways.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Ubah Bakatmu Jadi Uang: Menulis, Desain Grafis, Programing, dll. Cetak Uang Sekarang
+