Meraup dollar lewat tulisan (berkarir sebagai penulis lepas internasional)

Meraup dollar lewat tulisan? Kenapa tidak jika Anda memiliki keahlian berbahasa Inggris yang sangat baik? Anda suka menulis artikel bahasa Inggris? Anda ingin lebih dari sekedar menulis? Tertarik untuk menghasilkan dollar dari tulisan Anda? Sebaiknya Anda mulai meraup dollar lewat tulisan yang Anda buat. Bahkan Anda dapat bekerja dari manapun Anda berada asalkan tersedia komputer dan koneksi internet.

Jika Anda memiliki keahlian dalam menulis artikel berbahasa Inggris namun tidak tertarik menulis blog, maka alternatif terbaik untuk mencari uang dari internet adalah menjadi penulis lepas internasional.

Tahukah Anda bahwa pekerjaan menulis merupakan salah satu pekerjaan yang menjanjikan, apalagi jika Anda sanggup menulis dalam bahasa Inggris. Banyak sekali peluang yang tersedia dengan imbalan gaji mulai puluhan sampai ratusan dollar baik per jam maupun per pekerjaan. Anda hanya tinggal memilih atas tawaran pekerjaan menulis yang tersedia.

Jika Anda memang suka sekali menulis, namun tidak tertarik untuk membuat blog, maka saatnya Anda untuk meraup dollar lewat tulisan Anda dengan bergabung pada website penyedia lowongan kerja bagi penulis lepas seperti Donanza.

Meraup Dollar Menjadi Penulis Lepas Internasional

Donanza merupakan website untuk penulis lepas yang ingin mendapatkan lebih banyak pekerjaan menulis dan mendapatkan klien secara online.

Donanza akan menyediakan berbagai pekerjaan menulis yang sesuai dengan minat Anda. Hal ini sangat menghemat waktu Anda dalam mencari pekerjaan online.

Bagaimana Anda akan dibayar?

Donanza akan menerapkan sejumlah fee (sesuai kesepakatan Anda dan Donanza) jika klien membayar tulisan Anda. Fee itu merupakan jasa atas kemudahan yang diberikan kepada Anda (penulis lepas) dan klien untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Pembayaran dilakukan melalui media akun online.

Yang Perlu di Perhatikan dalam Meraup Dollar Lewat Tulisan

Yang Anda perlu lakukan hanyalah bergabung pada website tersebut diatas dan mulailah mencari klien. Jika Anda diterima, Anda hanya perlu menunggu bayaran sesuai kesepakatan yang ditawarkan. Namun perlu diingat bahwa Anda akan dikenakan fee dari pemilik website. Tidak perlu khawatir jumlah fee yang diminta relatif kecil sehingga jumlah penghasilan Anda tidak akan terganggu.

Apa yang perlu diingat? Pada dasarnya ada dua hal.

1. Akun online untuk menerima pembayaran

Jika Anda berminat untuk mencoba, pastikan Anda sudah memiliki akun online yang diterima secara internasional. Sebuah akun yang sudah lazim digunakan sebagai alat pembayaran antar negara secara online. Salah satu yang sudah terkenal adalah paypal.

Jika Anda belum memiliki akun online, sebaiknya Anda mendaftarkan diri untuk membuat akun paypal.

2. Minimalisir kesalahan ketik

Jika Anda memang berniat menggeluti dunia freelance writer bahasa Inggris, Anda harus lebih cermat dalam hal kesalahan pengetikan, penggunaan vocabulary, pemilihan grammar dan sebagainya. Ini sangat menentukan kualitas tulisan Anda nantinya.

Semakin baik kualitas tulisan Anda semakn tinggi rating yang diberikan website itu kepada Anda. Pada akhirnya akan semakin banyak juga order tulisan yang akan ditawarkan kepada Anda.

Bahkan penulis lepas dari negara berbahasa Inggris sekalipun akan memerlukan bantuan dalam pengecekan kesalahan ketik. Klien Anda tidak akan menerima kesalahan, mereka ingin kesempurnaan atas artikel yang dibeli.

Apa yang dapat dilakukan? Mau tidak mau Anda harus memiliki rekan terpercaya untuk melakukan pemeriksaan artikel (proof reading) secara profesional. Memang ini akan menimbulkan biaya, namun hasilnya jauh lebih baik.

Jika Anda ingin cara lebih mudah, Anda bisa menggunakan software grammar checker yang terpercaya. Salah satu yang banyak digunakan para penulis lepas internasional adalah grammarly.

Software grammarly dapat memberi informasi penting dalam hal meraup dollar lewat tulisan di dunia online seperti :

Originallitas artikel Anda. Grammarly dapat memberi tahu Anda prosentase keaslian artikel hasil tulisan. Jika ada kemiripan, akan tersedia link yang menuju kepada sumber yang diduga menyerupai tulisan Anda.

Gaya penulisan. Sebagai penulis lepas yang sanggup menulis dengan tema apapun, tentu gaya penulisan akan memperkaya tulisan Anda. Software ini mampu memberikan alternatif gaya penulisan mulai dari casual sampai akademis.

Penggunaan sinonim. Dalam artikel bahasa Inggris, penggunaan sinonim penting untuk memberi nilai tambah tulisan. Software yang mampu memberi referensi atas sinonim kalimat dalam tulisan Anda tentu akan membuat Anda tampak lebih ahli di mata klien.

Kemampuan menangkap kesalahan ejaan. Untuk meniti karir sebagai penulis lepas internasional upaya meminimalisir kesalahan ketik atau ejaan sangatlah berharga. Jika Anda ingin hasil yang cepat dan memuaskan dalam proof reading temukanlah software yang mampu melakukan hal ini.

Mulai Menulis dan Meraup Dollar Lewat Tulisan

Jika Anda mahir menulis bahasa Inggris, ingin mendapat pekerjaan menulis dan ingin segera mulai, tunggu apalagi. Mulailah sekarang.

Menjadi penulis lepas internasional merupakan salah satu cara hidup sukses secara online. Karena Anda tidak memiliki batasan ruang dan waktu, jumlah pekerjaan yang relatif tidak terbatas, dan potensi menghasilkan dollar cukup menjanjikan. Semuanya bisa diraih dari belakang layar komputer Anda.

Selamat mencoba

Sumber gambar : zerovalue.info

 

8 Comments

  1. Budi Majid Desember 6, 2012
    • Okto Desember 6, 2012
  2. Jefry Desember 8, 2012
    • Okto Desember 8, 2012
  3. Pingback: Tips Menulis Blog Berbahasa Inggris Desember 9, 2012
  4. panbran os November 15, 2013
  5. Lutfi Februari 13, 2014
  6. diaztrada Mei 20, 2015
  7. doni Juni 15, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge