Tips Ngeblog untuk Pemula Cari Uang Online


Tips ngeblog untuk pemula cari uang online ini penting untuk Anda yang ingin blog sebagai sumber penghasilan tambahan. Jika Anda ingin mendapatkan uang dari ngeblog maka membuat blog popular merupakan kunci sukses. Jika blog Anda hanya menerima sedikit trafik, Anda mungkin tidak cukup berhasil untuk menghasilkan uang lewat blog itu. Terlepas dari cara apapun yang Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari blog, kesuksesan Anda akan diraih jika Anda memiliki komunitas pembaca yang cukup besar. Karena itulah, membuat blog popular dan menambah komunitas pembaca haruslah menjadi bagian penting dalam perjalanan ngeblog Anda.

Ada banyak pilihan untuk bisa menerapkan tips ngeblog membuat blog popular. Hal pertama yang bisa dipertimbangkan adalah untuk mementukan siapa pembaca blog Anda dan untuk siapa Anda menulis blog itu. Sebaiknya Anda menulis sesuatu yang menjadi minat Anda dan tulisan itu akan menarik bagi orang lain. Mungkin Anda sangat menyukai anak kucing dan ingin berbagi cerita tentang kesenangan Anda tersebut, namun mungkin akan sangat sedikit orang yang juga tertarik akan hal itu. Akan lebih baik jika Anda menemukan niche blog dengan cakupan pembaca yang besar dan jelas.

Salah satu tips ngeblog penting untuk pemula adalah Anda tidak perlu menjadi penulis professional untuk memiliki sebuah blog popular. Anda hanya perlu memperhatikan tata bahasa baku dan setidaknya mampu menggabungkan kata menjadi kalimat bermakna. Tidak perlu menjadi penulis ahli jika Anda ingin ngeblog untuk cari uang online.

Pembaca blog mencari informasi yang menarik, relevan dengan minat mereka, bukan suatu hal yang menjadi konsumsi umum. Untuk menambah daya tarik, Anda bisa mengulas sesuatu secara menarik, dengan sudut pandang berbeda, atau bahkan secara controversial. Blog popular tidak pernah membuat pembaca bosan dan memberikan nilai tambah pada kehidupan pembaca. Pastikanlah blog Anda menambahkan suatu manfaat kepada pembaca agar blog Anda mampu memiliki komunitas pembaca dalam jumlah besar dalam waktu singkat.

Menerapkan tips ngeblog popular bukanlah sekedar mendatangkan trafik ke blog Anda. Berbagai cara mendatangkan trafik bisa diterapkan untuk hal ini. Menemukan tempat untuk membangun backlink ke blog Anda merupakan cara yang baik untuk menambah trafik blog. Situs media sosial seperti facebook, reddit, stumble upon, dig, google+, sampai youtube bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan popularitas blog Anda. Ngeblog menggunakan platform ternama seperti wordpress atau blogger juga awal yang baik untuk membuat popularitas blog berkembang dalam waktu cepat.

Terlepas apakah Anda ngeblog dari jaringan blog gratis atau jaringan premium, pastikanlah desain blog Anda tercipta dengan baik. Memang benar bahwa konten adalah raja dan jika blog Anda memiliki konten berkualitas bisa jadi blog Anda akan menerima banyak pengunjung. Desain blog yang baik bisa membantu Anda untuk membuat pengunjung selalu ingin kembali ke blog Anda untuk menerima lebih banyak informasi bermanfaat. Buatlah blog Anda terlihat unik dan elegan namun jangan berlebihan (kelewat unik). Gunakan tren warna website popular termasuk penggunaan font blog-blog popular tersebut.

Membagi postingan blog ke dalam paragraf pendek dengan sub judul merupakan tips ngeblog sempurna untuk membuat konten lebih informative bagi pembaca. Pilihlah warna yang tidak terlalu kontras sehingga teks konten mudah terbaca. Desain blog yang baik akan menghibur pembaca dan membuat mereka ingin kembali lagi.

Apapun pilihan jaringan blog Anda (gratis atau berbayar) pastikan konten blog Anda terindeks mesin pencari. Beberapa cara cari uang dari blog mewajibkan blog Anda untuk terindeks labih dulu sebelum diterima di program publisher PPC atau program publisher CPM mereka. Semakin banyak konten blog terindeks berarti semakin banyak pengunjung yang diterima blog Anda ini berarti semakin besar potensi keuntungan blog Anda.

Semua bentuk monetisasi blog akan membutuhkan jumlah pengunjung yang cukup untuk meraih hasil maksimal. Sebelum Anda mencoba menerapkan trik monetisasi blog, ada baiknya menunggu sampai blog Anda memiliki jumlah kunjungan rutin yang memadai. Jika tidak ada seorang pun yang klik banner PPC di blog Anda, membeli produk atas link afiliasi Anda, atau membaca review produk Anda maka sangat kecil peluang Anda mencari uang dari blog.

Jadi Publisher Iklan

Sekarang Anda sudah tahu tips ngeblog untuk membuat blog popular, kini saatnya mendatangkan keuntungan dari blog Anda. Cara paling mudah dan sering diterapkan banyak blogger adalah untuk bergabung di program publisher iklan. Beberapa publisher besar seperti Google Adsense, idblognetwork dan sebagainya menawarkan peluang bagi blogger untuk bisa mencari uang dari blog. Jika trafik blog Anda memadai, Anda bisa meraup banyak keuntungan dari cara ini.

Program iklan ini akan menampilkan iklan relevan di blog Anda. Untuk bisa menjadi publisher iklan mereka tentu Anda diwajibkan mendaftar sebagai publisher. Setelah diterima Anda berhak menampilkan iklan dan menerima imbalan uang. Cara menampilkan iklan di blog sangatlah mudah, cukup copy paste kode HTML yang disediakan penyedia program ke lokasi-lokasi yang Anda inginkan di blog sendiri.

Untuk memahami lebih lanjut soal menjadi publisher iklan ini silahkan simak ulasan Jadi Publisher Iklan PPC atau Publisher Iklan CPM

Marketing Afiliasi

Jika menjadi publisher iklan tidak sesuai dengan keinginan Anda, atau Anda ingin menambah pundi-pundi dengan mencari cara lain untuk digabungkan dengan program publisher iklan maka marketing afiliasi merupakan cara yang bagus untuk menghasilkan uang dari blog.

Tips ngeblog marketing afiliasi ini jangan diterapkan dengan cara menjual frontal seperti tawaran “ayo beli” melainkan terapkanlah dengan cara bijak melalui rekomendasi atau informasi ulasan sehingga pembaca lebih tergugah untuk mendapatkan manfaat yang sama seperti yang Anda sampaikan dalam konten blog ditambahkan link afiliasi.

Dibandingkan dengan menjadi publisher iklan, marketing afiliasi menawarkan penghasilan jauh lebih besar karena komisi akan Anda dapatkan dari setiap penjualan yang terjadi melalui link afiliasi Anda.

Cara terbaik untuk memastikan pembaca membeli produk afiliasi yang ditawarkan adalah dengan memilih produk yang sesuai dengan niche blog Anda. Misalkan jika Anda memiliki blog dengan niche jalan-jalan Anda bisa menawarkan produk afiliasi berupa koper kabin, jam tangan, sepatu travelling, tiket pesawat murah dan sebagainya. Jika Anda memiliki blog tentang info lowongan kerja namun Anda menawarkan sony playstation 4 tentu kecil kemungkinan aka nada yang membeli produk tersebut dari blog Anda.

Pastikan produk yang Anda tawarkan menarik pembaca sehingga cara Anda menawarkan tidak berlebihan. Jalankan marketing secara alami dan pastikan tampil menyatu dengan blog Anda.

Ada banyak tempat bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan produk afiliasi mulai dari pasar afiliasi produk nyata sampai pasar afiliasi produk digital. Beberapa brand besar biasanya juga memiliki program afiliasi langsung yang ditawarkan kepada siapapun yang tertarik.

Marketing afiliasi bisa menjadi cara yang ampuh menghasilkan banyak uang dari blog. Satu hal yang perlu diingat dalam marketing afiliasi adalah penerapan marketing yang alami dan hindari cara menjual frontal terapkan cara review pengalaman dan rekomendasi.

Cara paling mudah untuk bisa segera memulai marketing afiliasi adalah dengan bergabung ke penyedia program ini (marketplace). Di Indonesia setidaknya terdapat sebuah marketplace besar produk digital yang bisa Anda pertimbangkan yaitu marketplace produk digital.

Ulasan Produk

Tidak sedikit produk dari brand-brand besar akan membayar blogger untuk membuat ulasan atas produk mereka di blog. Jika Anda dibayar untuk berbagi informasi bermanfaat dengan pembaca blog Anda tentu itu merupakan sesuatu yang menarik bukan?

Ada beberapa situs yang akan membantu Anda terhubung dengan perusahaan-perusahaan yang mau membayar Anda untuk membuat artikel ulasan produk mereka. Tugas Anda adalah mulai dari membuat artikel 300 kata, 500 kata sampai 2000 kata atas produk yang mereka tawarkan.

Umumnya perusahaan akan menawarkan Anda melakukan ulasan produk jika melihat blog Anda memiliki tingkat kunjungan yang baik.

Idblognetwork merupakan situs Indonesia yang siap membantu blogger-blogger menerima ulasan produk dari perusahaan besar di Indonesia. Saat ini tidak mudah untuk bisa bergabung di Idblognetwork, Anda perlu rekomendasi dari member yang sudah bergabung lebih dulu di jaringan iklan tersebut.

Bergabung di Komunitas Ngeblog

Jika Anda baru memulai sebuah blog, ada baiknya Anda mempertimbangkan tips ngeblog untuk bergabung ke komunitas ngeblog. Umumnya komunitas blog tersedia secara gratis atau dengan biaya relatif terjangkau. Bergabung di komunitas ngeblog bisa sangat menolong Anda menerima trafik besar dan mendatangkan peluang iklan bertarif tinggi.

Bergabung di komunitas ngeblog mungkin hal terbaik untuk blog Anda apalagi jika blog Anda baru lahir di dunia online. Anda perlu mempertimbangkan semua plus minus bergabung di komunitas ngeblog seperti ini.

Jika Anda sudah memiliki sebuah blog, namun tidak menerima trafik yang cukup besar, Anda bisa mempertimbangkan untuk beralih ke komunitas blog yang lebih besar agar blog Anda mendapat lebih banyak perhatian.

Menciptakan Newsletter

Jika blog popular sudah ditangan ditambah jumlah pembaca yang cukup besar Anda bisa mempertimbangkan untuk menambah jangkauan dengan newsletter atau kampanye email untuk mendapat tambahan uang dari blog. Menciptakan newsletter tentu akan menambah kerjaan Anda, namun jika dilakukan dengan baik hasilnya akan sangat memuaskan.

Semua yang tergabung dalam newsletter Anda merupakan “konsumen tertarget yang baru” untuk bisnis Anda. Mereka bisa ditawarkan promosi marketing terkait lainnya.

Jika konten blog Anda menarik, sangat besar peluang pembaca untuk bergabung dalam newsletter. Namun ingat bahwa newsletter bukanlah suatu hal yang mudah, jika Anda gagal menjaga kualitas newsletter Anda bisa jadi pembaca setia akan beralih ke blog lainnya. Pastikanlah informasi newsletter Anda sama menariknya dengan informasi yang diberikan melalui blog Anda sehingga pembaca akan terus setia menanti informasi selanjutnya.

Cara monetisasi newsletter hampir sama dengan cara monetisasi blog. Memang newsletter tidak bisa dimanfaatkan untuk iklan PPC atau CPM namun Anda bisa menjual space iklan di newsletter. Semakin besar audiens newsletter Anda semakin tinggi tariff iklan di newsletter Anda.

Marketing afilasi merupakan cara ideal lain untuk monetisasi newsletter. Pastikan produk afiliasi yang ditawarkan berkaitan erat dengan tema newsletter sehingga semakin besar peluang pembaca newsletter menerima tawaran yang ada.

Baca lebih lanjut:

  1. Apa itu email marketing
  2. 4 tahap menjalankan email marketing yang baik
  3. Cara cepat membangun email list

Membuat Produk Sendiri

Jika Anda telah memiliki blog popular, khususnya sebuah blog yang mengulas topik penting untuk banyak pembaca, salah satu cara ideal untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan menjual produk sendiri. Berbeda dengan marketing afiliasi yang menjual produk orang lain yang berkaitan erat dengan topik blog Anda disini Anda menawarkan produk buatan sendiri. Ada beberapa sebab orang membeli produk, jika Anda memahami latar belakang orang membeli produk tersebut, bukan tidak mungkin Anda akan mendapat hasil maksimal.

Tidak perlu pusing memikirkan produk sendiri, Anda bisa memulai dari suatu hal yang mudah seperti membuat ebook. Dengan sebuah ebook Anda dapat segera menciptakan produk sendiri apapun topik blog Anda.

Contoh mudah adalah bila Anda memiliki blog tentang gaming Anda bisa membuat ebook panduan atas game-game favorit atau jika Anda ingin tantangan Anda buat ebook panduan game-game yang sedang hits di pasaran. Para gamers tentu akan tertarik untuk membeli ebook panduan game Anda apalagi jika harganya terjangkau.

Tidak terlalu sulit juga untuk mengurus pembayaran, Anda hanya perlu mencari konsumen yang berminat dan proses pembayaran dan pengiriman bisa dilanjutkan melalui komunikasi email.

Donasi

Satu hal lain yang bisa dilakukan saat mencoba tips ngeblog untuk cari uang online adalah dengan meminta donasi kepada pengunjung.Cara ini tentu bukan untuk semua blogger, namun jika Anda menyediakan informasi bermanfaat yang tidak banyak tersedia secara gratis, bukan tidak mungkin pembaca mau untuk memberikan donasi atas kerja keras Anda menyampaikan informasi.

Jika blog Anda berbasis opini, mungkin Anda tidak akan mendapat banyak respon untuk donasi. Atau jika blog Anda sudah dipenuhi dengan berbagai cara monetisasi (misalnya banner iklan) tentu pembaca juga akan enggan memberikan donasi.

Anda mungkin ingin memberikan beberapa alasan kepada pembaca untuk memberikan donasi namun jika komunitas pembaca blog Anda masih minim kemungkinan donasi merupakan cara yang baik untuk mencari uang online (dana untuk negblog) sampai blog Anda mapan dan bisa menerapkan cara lain dalam menghasilkan uang lewat blog.

Banyak blogger menghindari cara donasi untuk cari uang dari blog karena terlihat amatir namun ketahuilah bahwa cukup banyak para ahli IT mengandalkan donasi sebagai salah satu sumber pendapatan online mereka. Contoh mudah dari donasi ini adalah para pencipta plugins wordpress yang menyediakan plugin gratis seperti berikut ini:

Contoh Donasi atas Kerja Ciptakan Plugin GratisIngatlah bahwa tidak semua orang akan memberikan donasi, namun bagi mereka yang melakukan donasi akan melakukannya dari keinginan mereka sendiri karena merasakan manfaat atas informasi atau produk yang Anda berikan.

Cara paling mudah untuk menciptakan donasi dari blog adalah dengan bantuan Paypal. Perusahaan seperti paypal sudah berpengalaman dalam dunia pembayaran online dan sepertinya perusahaan ini melihat pertumbuhan donasi sangatlah besar.

Jika Anda sudah memiliki akun paypal, Anda bisa segera meminta tombol donasi, copy paste kodenya di blog sendiri dan Anda pun siap menerima donasi dari pembaca. Silahkan ikuti cara membuat tombol donasi paypal di blog ini.

Jangan lupa bahwa donasi merupakan salah satu bentuk monetisasi blog sehingga jumlah trafik dan kualitas konten blog sangat berperan. Anda tidak akan menerima banyak donasi jika blog Anda hanya memiliki trafik minim atau kontennya kurang bermanfaat bagi pembaca. Ini sebabnya kualitas konten dan jumlah trafik sangatlah penting.

Memilih Cara Monetisasi Terbaik

Antara blog yang satu dan lainnya tidaklah sama dan setiap blogger mungkin akan menemukan sukses dengan cara monetisasi yang berbeda. Niche blog, jumlah trafik dan tujuan ngeblog Anda merupakan elemen penting untuk dipikirkan saat menentukan cara monetisasi terbaik untuk blog Anda.

Sebelum Anda memutuskan untuk memasang iklan, menjadi marketer afiliasi, menulis ulasan produk, Anda perlu waktu untuk membesarkan blog menjadi popular. Fokus Anda sebaiknya kepada cara membuat konten yang menrik, menghibur, dan informatif bagi pembaca. Jika Anda hanyalah fokus menghasilkan uang dari blog tanpa memperhatikan fokus tadi maka bisa dipastikan upaya Anda merupakan 90% kegagalan.

Ini bukan berarti bahwa Anda tidak melakukan monetisasi namun Anda harus memikirkan pembaca dengan seksama, berikan manfaat, bantu selesaikan masalah pembaca agar mereka mau terus kembali ke blog Anda. Semakin banyak pembaca setia yang dimiliki blog Anda, semakin baik cara monetisasi blog Anda mendapatkan hasil positif.

Untuk memahami hal ini lebih lanjut silahkan baca cara ideal monetisasi blog.

Ada Pendapat Lain Tentang Tips Ngeblog untuk Pemula Cari Uang Online?

Tips ngeblog ini tidak bermanfaat karena Anda merasa ngeblog tidak cocok bagi Anda? Masih ada tips Cari uang online tetap bisa tanpa ngeblog


6 Comments

  1. Salman Faris September 21, 2015
  2. Fahmi September 25, 2015
  3. hyden Oktober 27, 2015
  4. Okto Oktober 27, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+