Konsep Dasar Menarik Pengunjung Blog Secara Masif

Bagian 4 Belajar Internet Marketing

Mungkin Anda sudah mencapai tahap selesai membuat blog/website, menciptakan sebuah aplikasi atau toko online maupun toko kelontong, lalu apa selanjutnya?

Jika Anda mau mengembangkannya tentu pengunjung akan datang.

Sebuah blog yang tampak menawan tidak akan memiliki makna sedikitpun jika tidak ada yang berkunjung. Blog Anda bisa bersembunyi di sudut tergelap dunia internet dimana pengunjung blog hanyalah sebuah mitos.

Apa yang bisa dilakukan untuk menarik pengunjung blog secara masif?

Mau tidak mau Anda harus berpikir aktif mengenai cara menarik pengunjung blog ke blog atau website Anda. Membangun sebuah strategi menambah trafik blog akan menjadi kebutuhan bagi Anda, mulai dari iklan berbayar sampai marketing blog banyak pilihan tersedia untuk Anda. Sebelum Anda mendalami hal ini ada baiknya kita pahami konsep dasar menarik pengunjung blog secara masif ini bersama. Inilah konsep dasarnya:

Terhubung ke Konsumen

Anda perlu meningkatkan kualitas dari strategi menarik pengunjung agar terhubung dengan pengunjung yang tepat, yaitu pengunjung yang merupakan prospek yang akan menjadi konsumen potensial.

Bagi Anda yang sudah menyimak panduan internet marketing tentu akan terbiasa dengan istilah iklan berbayar, ngeblog, dan marketing media sosial. Postingan ini akan sedikit berbeda karena berusaha memberikan pembelajaran menyeluruh yang Anda butuhkan untuk membuat kerangka internet marketing yang kuat. Strategi menarik pengunjung blog secara masif lebih dari sekedar strategi Search Engine Marketing menggunakan Google Adwords. Strategi ini akan menjadi satu bagian paling penting dari internet marketing untuk menemukan konsumen potensial.

Mari kita bahas ………….

Cari Konsumen yang Banyak bukan Menarik Pengunjung Blog yang Banyak

Pemasar internet akan secara kontinu mengelompokan pengunjung blog kedalam kategori khusus, pengunjung yang menciptakan penjualan di satu kategori dan pengunjung blog yang tidak menciptakan penjualan di kategori lainnya. Kategori ini mengerucut lagi menjadi beberapa yaitu pengunjung blog yang berubah menjadi konsumen secara jangka panjang. Pengunjung yang berubah menjadi konsumen setelah satu kali follow up, pengunjung blog kategori spam,  pengunjung blog kategori baik, dan pengunjung blog tertarget. Apa makna dari semua pengelompokan itu?

Bagi sebuah usaha online, beberapa pengunjung blog lebih bernilai dibandingkan pengunjung lainnya. Tapi ingatlah bahwa pengelompokan ini sifatnya subyektif dan tergantung dari kebutuhan unik masing-masing usaha online.

Sambil kita terfokus pada panduan menarik pengunjung blog ini, Anda perlu memahami apa yang menjadi tujuan marketing Anda untuk menentukan pengunjung blog kategori apa yang tepat untuk blog atau website Anda.

Ini berarti sedikit melangkah ke belakang dan memahami apa yang menjadi tujuan konsumen.

Siapa Yang Ingin Anda Undang ke Blog/Website?

Jawablah pertanyaan diatas lebih dulu. Langkah selanjutnya adalah untuk melakukan upaya marketing menemukan lokasi pengunjung blog ideal Anda. Bisa saja Anda memutuskan bahwa lokasi paling tepat dan efisien untuk pengunjung blog ideal Anda adalah melalui facebook, linkedin atau bahkan mesin pencari dengan mengandalkan postingan blog yang teroptimasi SEO.

Contoh kasus yang bisa diambil banyak manfaatnya adalah dari Speak2Leads yang berbagi strategi menarik pengunjung blog idealnya. Sebagai bagian dari strategi itu, usaha tersebut menunjuk seorang penanggung jawab penjualan pengelola website perusahaan.

Yang menjadi masalah adalah pengunjung blog tak kunjung datang. Perusahaan itu secara konsisten melakukan update postingan blognya dan yakin pengunjung akan datang.

Proses mendatangkan pengunjung  blog ini bukanlah sulap dan sudah pasti tidak akan mendatangkan hasil dalam semalam. Faktanya, bagian “blog” dari website perusahaan itu telah berumur 8 bulan sebagai bagian “marketing” website untuk menarik pengunjung blog.

Saat bersamaan, tim penjualan Speak2Leads melakukan sindikasi konten dengan Business2Community, sebuah website dengan audiens tertarget meliputi pemilik usaha, pengusaha, dan pimpinan perusahaan. Tidak hanya itu, Business2Community juga ternyata melakukan sindikasi konten dengan Yahoo Small Business.

Publikasi konten di satu tempat dan perbesar jumlah audiens dengan distribusi konten. Ide ini bermanfaat untuk menemukan audiens yang lebih besar dibandingkan jumlah audiens yang sudah Anda miliki, sekaligus membuat hubungan dengan audiens semakin bermakna. Salah satu cara melakukan ini adalah dengan menjalankan iklan di Facebook atau Linkedin. Cara lainnya adalah dengan berbagi konten berkualitas ke penerbit konten skala besar.

Pengkhususan ini membawa pemahaman kita kepada sebuah poin penting bahwa distribusi konten merupakan jantung bagi sebuah internet marketing. Untuk mendatangkan pengunjung blog secara rutin, Anda perlu menghadirkan bisnis Anda diluar sana. Konsep ini sangat berkaitan erat dengan waktu dan berlaku untuk hampir semua media marketing.

Sebuah usaha minuman, Eagle Rock Brewery (yang sudah pernah dibahas sebelumnya), menumbuhkan konsumennya melalui kerjasama dengan restoran lokal di sekitar Los Angeles, Amerika Serikat.

Konsep marketing Eagle Rock Brewery ini mirip dengan brand kosmetik Estee Lauder yang dibangun dengan distribusi produk ke department store dimana target konsumen produk kosmetik itu kemungkinan besar berada. Sekarang, bisnis kosmetik Estee Lauder sudah mendunia bernilai milyaran dolar.

Perbedaan utama antara konsep dasar menarik pengunjung blog dengan cara tradisional “distribusi” tadi adalah Anda perlu lebih dari sekedar berada di tempat konsumen potensial Anda berada. Datangkan pengunjung ke website Anda dan selalu buat mereka kembali.

Memahami Penyebab Keberhasilan Menarik Pengunjung Blog Secara Masif

Trafik blog bisa terjadi karena dua hal, gratis dan berbayar.

Trafik gratis mencakup pengunjung yang datang ke website melalui rekomendasi teman, media sosial, konten video yang tersebar, atau suatu tempat yang membahas atau menghubungkan bisnis Anda (sebuah link).

Trafik berbayar mencakup pengunjung yang datang ke website melalui periklanan yang Anda lakukan. Cara ini termasuk iklan dalam bentuk baner, iklan media sosial, dan sponsor.

Sebuah mitos dalam internet marketing menyatakan bahwa trafik gratis selalu lebih baik dari trafik berbayar. Pandangan ini sangatlah salah. Kedua jenis marketing membutuhkan investasi waktu dan uang. Dengan kata lain, trafik gratis tidaklah “gratis”, Anda tetap perlu mendedikasikan waktu dan sumber daya untuk membangun sebuah strategi marketing cerdas dan melaksanakan marketing plan yang sudah dibuat.

Nah, sekarang pembahasan akan dilanjutkan dengan ulasan trafik gratis dan trafik berbayar. Mari kita mulai dengan gambaran umum sebelum memperdalam lebih detil di topik postingan selanjutnya.

Meningkatkan Trafik Gratis

Terdapat beberapa kunci penyebab “trafik gratis” dalam internet marketing yang mencakup diantaranya:

Public Relations

Bangun hubungan dengan jurnalis untuk meraih publikasi di media masa. Terhubung dengan blog papan atas di bidangnya untuk memberikan konten berkualitas dan pandangan ahli terkait brand usaha Anda.

SEO

Bangun strategi untuk memperbaiki peringkat website di mesin pencari. Saat konsumen potensial mencari informasi online, brand usaha Anda sebaiknya menjadi yang pertama menjawabnya.

Media Sosial

Pastikan kehadiran bisnis Anda di media sosial termasuk Facebook, Twitter, Pinterest, Linkedin dan lainnya. Fokus pada jaringan media sosial yang paling baik mewakili bisnis Anda meraih audiens yang tepat.

Blogging

Berbagi pandangan berkualitas dan keahlian sebuah bidang bisnis Anda. Blog bisa membantu Anda mendapatkan kepercayaan konsumen.

Video Marketing

Membuat video yang menarik untuk menjelaskan produk dan berbagi kisah dibalik brand usaha Anda. Konten ini tidak hanya sekedar memberikan edukasi tapi juga menghibur.

Sindikasi Konten

Tidak punya penonton atas video yang sudah dibuat? Tampilkan video itu di blog Anda dan distribusikan melalui website, publikasi atau media video seperti Youtube yang memiliki jangkauan penonton lebih luas.

Email Langganan

Mendatangkan pengunjung ke website hanya sekali tidaklah cukup. Anda perlu membuat mereka selalu kembali. Sebuah daftar email bisa membuat Anda mewujudkan hal ini. Misalnya, setiap kali bisnis Anda mempublikasikan informasi baru dalam sebuah blog, Anda bisa mengirim pemberitahuan kepada pembaca.

Sampai disini apakah Anda memahami bahwa istilah “gratis” bisa membuat salah persepsi. Ini bukanlah sebuah keajaiban. Sebuah usaha perlu investasi waktu dan uang untuk membangun sebuah strategi untuk mendatangkan “trafik gratis” yang tanpa henti itu.

Cara ini telah diterapkan oleh Speak2Leads yang relatif masih baru dan melakukan konten sindikasi ke beberapa website termasuk Business2Community dan Yahoo Small Business dan postingan blog melalui grup diskusi Linkedin.

Tidak ada biaya untuk mendapatkan trafik dari Business2Community, Yahoo Small Business atau Linkedin itu. Biaya yang muncul ada pada “kualitas” untuk mewujudkannya berupa:

  • Menyewa jasa ahli distribusi konten yang membantu melihat panduan editorial dan membangun hubungan sindikasi dengan Business2Community,
  • Waktu untuk membuat konten berkualitas yang bisa berarti waktu yang dihabiskan untuk menulis sendiri atau menyewa jasa penulis profesional.
  • Ada juga biaya yang terkait dengan strategi media sosial termasuk biaya terpisah untuk menjaga kontinuitas rencana marketing media sosial.

Sebuah cara untuk menurunkan biaya marketing adalah dengan meningkatkan keahlian tim marketing Anda. Pertimbangkanlah kisah Dollar Shave Club, sebuah start-up yang menciptakan model langganan untuk produk alat cukur khusus pria.

Pimpinan usaha itu, Michael Dubin menemukan bahwa “pengalaman” menjadi faktor utama meningkatkan bisnis. Akhirnya dia dan timnya membuat video lucu yang menjadi terkenal seketika.

Hasilnya?

Start-up itu mendapat dana segar jutaan dolar dan 5000 konsumen baru dalam satu hari setelah perusahaan diperkenalkan. Semua berkat bantuan video marketing yang menghabiskan biaya produksi $4500,-

Namun jangan salah sangka dengan langkah startup itu. Sebuah video yang berkualitas bukanlah jaminan untuk mendatangkan trafik secara masif dalam semalam. Apalagi jika Anda berbicara internet marketing. Sebuah kisah sukses sangatlah relative. Anda harus mau keluar dari zona nyaman bisnis Anda untuk pro aktif mencari konsumen potensial.

Belajarlah dari pengalaman berharga Karen Cheng Menarik Pengunjung Blog Secara Masif, pendiri dance in a Year.

Karen belajar menari dalam 1 tahun dan merekam perjalanannya. Pada awal mula video rekamannya, Anda akan melihat seseorang yang baru belajar menari. Saat video berkembang, Karen tampak semakin ahli dan terus seperti profesional. Di video terakhirnya, penonton akan melihat sosok penari profesional yang tidak lain adalah Karen.

Video Karen itu menunjukkan kisah luar biasa akan kesabaran, dedikasi dan hasil. Video itu sangatlah positif memberikan semangat, sangat menginspirasi penonton. Sekarang, video rekaman rumah itu mendapatkan 3 juta views di Youtube.

Sesuatu yang tampak seperti “keberuntungan” sebenarnya merupakan strategi internet marketing yang telah dipersiapkan dengan baik oleh Karen.

Karen menyatakan melalui FastCompany bahwa “Saya telah melakukan banyak sekali upaya marketing, dan itu bahkan dimulai jauh sebelum video itu dibuat dan dipublikasikan. Menjadi viral bukanlah seuatu kebetulan, itu adalah kerja keras.”

Apa saja persiapan Karen untuk distribusi konten video menarinya itu?

  1. Pertama, ia melakukan posting videonya di reddit, twitter dan facebook. Ia meminta temannya untuk ngetweet dan ngeshare konten itu. Ia juga mengirim email ke blogger yang sudah pernah menulis tentang video menari yang menjadi viral. Dari pendekatan yang dilakukannya, Reddit memberikan hasil paling kuat. Videonya mendapat perhatian dan menempati posisi atas halaman “GetMotivated” di Reddit. Dalam satu hari, videonya mendapatkan 80ribu views.
  2. Di hari kedua, seorang blogger yang melihat video Karen berbagi kisahnya di Mashable, Jezebel dan Huffington Post. Blog-blog itu merupakan penghasil trafik masif bagi video Karen. Hasilnya, videonya mendapat tambahan 800ribu views.
  3. Popularitas video Karen mendorong publikasi di beranda Youtube . Tahapan itu semua membawa Karen mendapatkan 1,8 juta views di hari ketiga.

Karen juga mempromosikan videonya menggunakan sponsorship dalam proyeknya. Sponsorship ini mencakup Lululemon dan American Apparel, sebuah organisasi yang dibantunya. Kedua organisasi itu juga membantu menyebarkan video Karen ke jaringannya masing-masing.

Dahsyatnya strategi internet marketing Karen ini meliputi dua hal utama:

  • Strategi internet marketing yang digunakan memiliki biaya rendah/minim
  • Konten videonya dapat diterjemahkan dalam ragam bentuk produk berkualitas lainnya termasuk ebook ataupun postingan blog.

Yang juga penting untuk disadari adalah efek berantai yang dihasilkan dari inisiatif internet marketing yang dipilih.

Jika Anda melakukan pencarian Google untuk pertanyaan “learn to dance”, video milik Karen akan menempati posisi 1.

Google Keyword Planner memberitahu kita bahwa kalimat ini memiliki kompetensi yang medium, atau bisa dikatakan bahwa banyak orang ingin belajar menari dan mengandalkan mesin pencari untuk menyediakan jawaban.

Jika sampai tahap ini Anda merasa kehilangan arah, fokuskan diri Anda pada konsep dasar bahwa manusia adalah jantung dan hati dari strategi internet marketing Anda. Sebuah perjuangan ekstra keras harus dilakukan untuk memenangkan hati, dukungan dan perhatian pengunjung blog Anda.

Membayar Trafik Bukanlah Blunder

Media distribusi premium merupakan sarana meningkatkan trafik yang kuat. Media ini mencakup iklan melalui banner, mesin pencari, atau target ulang pengunjung yang sudah pernah berkunjung ke blog Anda.

Strategi internet marketing yang kuat ini bertujuan membangun awareness akan brand usaha Anda sekaligus membawa konsumen selalu ada di website Anda.

Saat Anda telaten akan strategi ini, ekosistem iklan dapat tumbuh besar dalam memberikan hasil positif untuk brand bisnis Anda. Jika Anda menghabiskan budget promosi tanpa perencanaan bisnis yang matang tentu hasilnya akan sia-sia.

Pemilik usaha kecil seringkali enggan membayar iklan online.

Tahukah Anda sebabnya?

Mereka ragu iklan online akan berfungsi. Selain itu, mereka tidak mau mengambil resiko menghabiskan uangnya di iklan online.

Ketahuilah bahwa jika Anda mengabaikan iklan berbayar, Anda kehilangan kesempatan mendapatkan konsumen potensial.

Sebagai contoh adalah facebook. Media sosial raksasa ini menjalankan program iklan dimana Anda bisa mendapatkan bantuan pemasaran sesuai kebutuhan. Jika Anda mempromosikan aplikasi, maka Facebook menyediakan layanan cost per install artinya Anda membayar untuk setiap instalasi aplikasi yang dilakukan langsung dari platform mobile facebook.

Lebih lanjut lagi, biaya untuk mendapatkan konsumen potensial dengan cara ini sangatlah kompetitif. Satu hal lagi yang perlu diingat adalah Facebook bukanlah satu-satunya platform yang bisa menjalankan iklan untuk pengguna mobile gadget, ada banyak pilihan yang tersedia untuk disesuaikan dengan target konsumen dan budget bisnis Anda.

Bisnis yang tidak mau ambil resiko terkait trafik berbayar biasanya akan melakukan kesalahan dalam hal ini. Sebaliknya berlawanan dengan insting dasar kita, marketing bukanlah tempat membuang uang ataupun investasi. Jika diterapkan dengan benar, ini merupakan sarana penghasil uang yang sempurna.

Jika Anda masih berpikiran kuno akan marketing dalam sebuah bisnis maka sudah saatnya mengakhiri pertentangan antara penjualan dan marketing. Kedua fungsi ini ada di tujuan yang sama bagi bisnis dan akan berdaya guna optimal jika  dikombinasikan dengan baik.

Jika tim marketing bisnis Anda mengerjakan fungsinya dengan baik, maka binsis Anda mungkin tidak membutuhkan budget marketing. Ini merupakan sebuah pandangan kontroversial, namun tahukah Anda bahwa hal ini perlu dinyatakan. Jika tim marketing Anda menghabiskan uang bisnis Anda, maka mungkin sebaiknya tim itu tidak perlu ada. Untuk apa Anda investasi kepada sesuatu yang akan menghabiskan uang Anda?

Strateginya adalah tidak dengan terjun bebas ke dunia marketing dengan modal uang melimpah. Anda harus melakukan uji coba dengan budget terencana dan lakukan penambahan budget dengan analisa.

Tahap ini sangat disukai pengusaha karena pada dasarnya Anda bisa melakukan uji coba dengan modal minimal. Anda mungkin akan menghabiskan uang begitu saja, namun trik sebenarnya ada pada kemauan Anda menganalisa informasi tentang model harga iklan, pilihan target iklan, dan jaringan iklan mana yang paling baik memberikan hasil positif  bagi bisnis Anda.

Sebagai gambaran berikut ini beberapa jaringan iklan yang bisa digunakan untuk trafik berbayar mempromosikan bisnis adalah uptopromo yang memberikan kesempatan sebuah bisnis untuk menempati peringkat 1 Google berkat sistem iklan yang digunakan.

Industri PPC bernilai ratusan milyar dolar berkat raksasa media online seperti Google, Facebook dan beberapa perusahaan menengah lainnya. Dan sudah pasti industri ini berkembang pesat.

Inbound Marketing sebagai Mekanisme Dasar Bisnis Anda

Bagi Anda yang bertanya-tanya apa itu inbound marketing, istilah ini ditenarkan oleh HubSpot beberapa tahun terakhir. Istilahnya sangat menarik tentunya, namun apa makna sebenarnya?

Intinya, inbound marketing merupakan sebuah upaya mendatangkan trafik ke bisnis Anda. Ini merupakan sebuah disiplin marketing yang mengajak pelaku bisnis untuk menempatkan bisnis mereka sebagai daya tarik ketimbang daya dorong.

Contoh inbound marketing mencakup konten brand (melalui blog atau video), media sosial dan kontes berhadiah. Inbound marketing berfungsi untuk bisnis yang dapat memposisikan bisnis itu sebagai pemimpin di bidangnya sekaligus sumber informasi berharga untuk konsumen.

Seperti inisiatif marketing lainnya, bahan penting dari inbound marketing adalah kualitas. Jika konten Anda berkualitas rendah, tidak ada yang akan membaca atau merekomendasikannya kepada yang lain (karena banyak konten berkualitas di luar sana). Bisnis Anda tidak akan bisa memalsukan originalitas. Jadi, fokuslah menciptakan manfaat, tanpa tipu muslihat karena konsumen akan melihatnya dengan mudah.

Di tahap belajar internet marketing ini kita sudah mencapai pemberhentian yang sempurna di pemahaman untuk menarik pengunjung ke blog Anda.

Siap Menarik Pengunjung Blog Secara Masif?

Postingan ini cukup panjang ya, ada sekitar 2500 kata, terima kasih sudah membaca dan menyimak sampai selesai. Agar Anda tidak lupa akan manfaat penting postingan ini sebagai bagian dari jalan menuju pemahaman belajar internet marketing yang lebih baik, berikut ini intisarinya:

  • Marketing akan memberikan publikasi bagi bisnis Anda
  • Menarik pengunjung blog bukanlah suatu keajaiban. Anda perlu menginvestasikan waktu, tenaga (bahkan uang) untuk mendapatkan pengunjung tertarget sesuai tujuan bisnis Anda.
  • Marketing merupakan mekanisme mendatangkan pendapatan. Jika Anda tidak menemukan profit dari investasi Anda, mungkin ada yang salah. Jika upaya marketing Anda meraih momentum, maka Anda pasti akan nyaman untuk menambah budget marketing untuk menambah konsumen Anda.
  • Jangan terlalu dini menyimpulkan bahwa trafik berbayar kalah kualitas dibandingkan trafik organik (SEO). Jika diterapkan dengan benar, trafik berbayar bisa sangat menguntungkan.
  • Pusatkan perhatian membuat produk berkualitas dan bahan marketing yang memadai. Saat produk Anda berkualitas, akan ada gaung sebagai marketing gratis karena kepuasan konsumen akan produk Anda secara jangka panjang.
  • Jangan kira konsumen bodoh. Konsumen dapat mencium “kebohongan” dari jarak ratusan kilometer. Hormati mereka, hargai mereka. Mulai dengan konsumen potensial Anda dan kerja kebalikan untuk memperbaiki strategi internet marketing Anda.

5 Comments

  1. nak belog Januari 3, 2016
    • Okto Januari 12, 2016
  2. fendy Januari 11, 2016
    • Okto Januari 12, 2016
  3. adi pradana Januari 16, 2016
  4. Pingback: Membuat Brand Usaha dan Membesarkannya I Januari 18, 2016
  5. Pingback: Meningkatkan Konversi Penjualan I Januari 26, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+