Kenapa Surat Lamaran Kerja Ditolak? Manager HRD Berbagi Rahasianya


Cukup sering seorang pencari kerja akan merasa “ngambang” saat mengirim surat lamaran kerja ditolak oleh sebuah perusahaan pembuka lowongan kerja baik melalui email ataupun surat.

Apa yang terjadi dengan surat lamaran Anda? Segala upaya sudah dilakukan untuk membuat kesan pertama yang baik, namun mungkin Anda melakukan semua kesalahan yang tidak semestinya. Surat lamaran kerja Anda tidak dilirik oleh manager HRD!

Kenapa surat lamaran kerja Anda ditolak? Seorang manager HRD berbagi rahasianya berikut ini:

Anda Melamar Pekerjaan Yang tidak Sesuai Kualifikasi

Bukan rahasa lagi jika suatu lowongan kerja diumumkan dengan kriteria serinci mungkin. Namun faktanya? Tidak menghentikan ribuan orang untuk mengirimkan surat lamaran kerja sekalipun tidak sesuai kualifikasi mereka.

Tentu saja, ada kalanya Anda harus melamar pekerjaan yang agak keluar sedikit dari kriteria yang dimintakan, namun mungkin hal ini berbeda dari sudut pandang seorang manager HRD.

Lamaran pekerjaan yang tidak sesuai kualifikasi misalkan:

Dicari lulusan S1 jurusan fikom untuk posisi teller. Anda sebagai lulusan S1 jurusan peternakan tetap mengirim lamaran kerja atas posisi ini dengan harapan, “siapa tahu diterima”.

Seorang manager HRD berpengalaman melihat Anda tidak menginginkan pekerjaan yang ditawarkan, Anda hanya ingin pekerjaan. Surat lamaran kerja ditolak sudah pasti menjadi hasilnya, jangan buang waktu Anda.

Surat Lamaran Pekerjaan Anda Menggunakan Format yang Salah

Format bukanlah poin atau sebagainya. Format disini adalah instruksi khusus yang terkadang disampaikan seperti agar sampaikan dalam format PDF tapi Anda mengirimkan dalam format Ms Word.

Mungkin hal seperti ini terdengar sepele, namun sebuah surat lamaran kerja akan diproses dalam sebuah sistem dan jika Anda mengirim format yang salah, maka hal itu menyebabkan tambahan pekerjaan pada perusahaan untuk menyesuaikan format Anda. Manager HRD tidak akan melakukan hal itu, lupakan saja.

Lamaran Kerja Anda Lebih Fokus ke Tampilan Ketimbang Substansi

Anda mungkin pernah melihat sebuah surat lamaran kerja dengan tampilan keren bahkan sangat keren, mungkin. Bagaimanapun juga, surat lamaran kerja merupakan dokumen fungsional. Kebanyakan perusahaan akan menghabiskan waktu tidak sampai satu menit sebelum memutuskan untuk melanjutkan atau tidak atas sebuah surat lamaran kerja.

Format yang baik akan sebuah surat lamaran kerja adalah penjelasan terbalik atas historis capaian Anda dari setiap pengalaman kerja. Tanggal dan nama perusahaan sebelumnya sangatlah penting. Pastikan informasi ini mudah dibaca.

Anda Tidak Memeriksa Kesalahan Ketik

Banyak orang yang tidak peduli dengan kesalahan ketik. Bahkan bukan tidak mungkin seorang manager HRD tidak begitu paham akan sebuah kalimat yang sesuai ejaan yang disempurnakan.

Namun jika kesalahan ketik Anda terlalu fatal itu akan menunjukkan kecerobohan Anda. Tidak ada yang mau membayar orang yang ceroboh untuk suatu pekerjaan.

Pastikan minta tolong kepada orang lain yang Anda percaya untuk memeriksa surat lamaran kerja yang sudah Anda buat sebelum dikirimkan.

Menggunakan Bahasa Yang Kurang Sesuai

Bukan tidak mungkin seorang pelamar kerja ingin menunjukkan suatu intelektualitas dengan menggunakan bahasa yang sulit dipahami kebanyakan orang, termasuk manager HRD.

Surat lamaran kerja sebaiknya mengungkap hal positif apa yang sudah Anda raih dalam hidup dan pekerjaan sebelumnya (jika ada) menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.

Anda Berbohong

Seorang manager HRD mungkin sudah melihat ratusan hingga ribuan surat lamaran kerja dalam sehari. Tidak jarang mereka dapat melihat sebuah kebohongan dalam satu surat lamaran kerja.

Manager HRD tidak akan menghabiskan waktu mengontak Anda untuk mengatakan Anda berbohong. Anda hanya akan ditolak diam-diam jika berbohong dalam menyajikan surat lamaran kerja. Bicaralah akan kesuksesan Anda bukan kegagalan dengan cara yang jujur.

Jika Anda menganggur, jangan katakana Anda seorang konsultan kecuali benar-benar memiliki klien dan pekerjaan nyata.

Anda Menggangu

Mungkin ada yang membisikan ke Anda untuk proaktif menghubungi perusahaan untuk menyatakan ketertarikan Anda melamar pekerjaan. Di zaman sekarang ini, pendekatan seperti itu sudah tidak sesuai lagi.

Perusahaan akan tahu Anda tertarik atas lowongan kerja dari surat lamaran kerja yang Anda kirim. Mereka akan kontak Anda jika mereka tertarik dengan kualifikasi yang Anda miliki. Jika Anda terlalu banyak bertanya sebelum adanya panggilan interview, sudah pasti Anda akan diabaikan.

Menyampaikan Informasi yang Tidak Relevan

Apa saja informasi yang tidak relevan? Kecuali memang dimintakan sebaiknya Anda fokus menyampaikan informasi yang hanya menggambarkan keahlian pekerjaan Anda dan bukan hal lainnya.

Tidak perlu disampaikan dalam surat lamaran kerja bahwa setiap akhir pekan Anda mengajar privat atau sekarang ini Anda seorang single parent dengan tiga anak.

Jadi Kenapa Surat Lamaran Kerja Ditolak?

Jika Anda tidak mau surat lamaran kerja ditolak, hindari hal-hal ini. Jangan sia-siakan waktu melamar kerja sebelum memperbaiki kemungkinan kesalahan yang ada.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+