Bagaimana Saya Bisa Mencari Gaya Penulisan Untuk Membuat Artikel Blog Berkualitas?

  • 5
    Shares

Gaya penulisan dalam sebuah artikel blog bisa membuat artikel blog Anda semakin berkualitas. Memang, membuat artikel blog berkualitas merupakan sesuatu hal yang relatif. Bisa jadi sebuah artikel sangat berkualitas menurut saya namun tidak menurut Anda.

Namun di luar itu semua, mengedepankan kualitas dalam artikel blog sangatlah penting untuk mempermudah jalan Anda menuju kesuksesan dalam menjalankan blog (entah itu hobi, bisnis, sampai profesi). Salah satu hal termudah untuk menambah kualitas artikel blog adalah melalui gaya penulisan Anda.

Tahukah Anda bahwa saat seseorang membaca artikel blog Anda, ia tidak sepenuhnya berkonsentrasi penuh untuk membaca, sehingga tidak semua pesan yang ingin Anda sampaikan dapat diserap.

Hal ini sangat dimaklumi. Seringkali kita tiba-tiba hilang konsentrasi di saat sedang asik membaca … hal ini menjadi lumrah. Oleh karena itu mudahkanlah pembaca untuk memahami artikel blog Anda dengan gaya penulisan Anda.

Secara visual, pengguna internet lebih mudah mencerna poin penting saja dari pada membaca kata demi kata. Oleh karena itu pastikan artikel blog berkualitas Anda mudah dipahami dengan tips dan teknik gaya penulisan artikel blog berikut ini :

  • Daftar. Memberikan informasi dalam bentuk daftar berurutan memudahkan pembaca untuk mendapatkan inti atas artikel blog yang Anda berikan. Jika mereka ingin memahami lebih lanjut mereka akan membaca penjelasan yang Anda berikan.
  • Format artikel. Bagaimana Anda memberikan format dalam setiap artikel blog Anda juga memudahkan pembaca untuk memahami apa yang Anda sampaikan melalui artikel blog Anda. Penggunaan penebalan, HURUF BESAR, kata miring, garis bawah, sampai poin dapat memberi perbedaan. Namun jangan terlalu berlebihan karena akan menyulitkan pembaca untuk menangkap pesan Anda sesungguhnya.
  • Heading dan Sub Headings. Jika Anda sering menggunakan MS Words maka Anda pasti sudah mengenal dengan kedua istilah ini. Pada intinya ini adalah sebuah gaya penulisan untuk memudahkan pembaca memahami artikel blog secara keseluruhan. Ini seperti waktu istirahat dalam membaca sehingga pembaca dapat berpikir sejenak atas apa yang sudah dibaca dan membaca kembali setelah merasa siap. Dengan demikian pesan penulis akan lebih maksimal untuk diserap.
  • Gambar. Penggunaan gambar dalam blog tentu akan memberikan efek imajinasi kepada pembaca untuk menyerap pesan yang Anda sampaikan. Dengan demikian seolah pembaca sedang merasakan apa yang Anda sampaikan. Selain itu, penggunaan gambar juga dapat mendatangkan pengunjung ke blog Anda.
  • Paragraf pendek. Seperti sudah sedikit disinggung sebelumnya, pembaca dapat kehilangan konsentrasi saat membaca karena banyak hal. Oleh karenanya hindari paragraf yang terlalu panjang agar pembaca dapat tetap fokus.

Apa Gaya Penulisan Blog Anda?

Sebagai salah satu tips ngeblog, gaya penulisan merupakan naluri yang tumbuh dengan sendirinya pada setiap blogger yang gemar menulis. Namun demikian, gaya penulisan dapat juga dipelajari selama ada kemauan.

Gaya penulisan dalam menyajikan artikel blog dapat memberi kualitas lebih bagi artikel itu sendiri di mata pembaca, oleh karenanya tidak ada salahnya Anda mencari gaya penulisan yang tepat untuk blog Anda sehingga tujuan blog Anda semakin mudah untuk dicapai.

Apakah menurut Anda gaya penulisan sebuah artikel blog itu penting? Jangan sungkan untuk berbagi dengan pembaca lainnya ya 🙂

Sumber gambar: thewritersworkshop.net

Baca artikel lainnya :


  • 5
    Shares
  • 5
    Shares

6 Comments

  1. Pingback: Meraup dollar lewat tulisan Desember 6, 2012
  2. Pingback: Tips Menulis Blog Berbahasa Inggris Desember 9, 2012
  3. rin Desember 19, 2012
    • Okto Desember 19, 2012
  4. Daniel Nagata Juli 24, 2015
  5. angga September 18, 2015
  6. Pingback: Mau Jadi Penulis, Ya Tulis Saja | Buku Perbatasan Maret 21, 2016
  7. Tatang Tox April 20, 2016
  8. fuadh Oktober 9, 2016

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+