Cara Merubah Pola Pikir Menjadi Positif dan Merubah Hidup Lebih Baik

Cara merubah pola pikir menjadi positif memang penting sekali untuk kamu yang ingin merubah hidup menjadi lebih baik. Sebelum kamu berkata sulit ingatlah bahwa takdir yang tidak bisa dirubah itu adalah kematian. Jadi jika menyoal perubahan pola pikir jangan pernah berkata “tidak bisa”. Ini hanyalah masalah kemauan.

Jadi untuk kamu yang memang mau tahu cara merubah pola pikir inilah beberapa hal yang bisa dilakukan:

Cari Teman Yang Positif

Sebuah lingkungan yang negatif akan bertindak sebagai ruangan bergema untuk ide negatif. Sebuah lingkungan positif juga akan bertindak sebagai ruangan bergema untuk ide positif. Hal ini bisa diwujudkan dengan teman yang positif, yaitu teman yang mendukung perubahan kamu, jadi pilihlah teman dengan bijak.

Temukan lingkungan yang merefleksikan nilai yang ingin kamu adopsi. Bergabung dengan sebuah grup dan lakukan sosialisasi atau pertemuan yang fokus pada pertumbuhan personal. Seiring perubahan cara berpikir pada diri kamu, akan semakin mudah untuk terhubung dengan orang-orang positif.

Ini bukan berarti harus meninggalkan teman yang membutuhkan bantuan kamu, namun kamu bisa mengevaluasi apakah hubungan kamu itu sehat atau tidak.

Kamu bisa saja meninggalkan kelompok teman lama karena lebih banyak menggemakan hal negatif. Misalkan, ketimbang membahas masa depan yang hebat, setiap orang malah membahas hal-hal yang tidak disukai dalam hidup.

Awalnya memang akan sulit memulai pertemanan baru. Umumnya dikarenakan kamu sulit memberikan nilai kepada orang yang lebih berpikiran positif, jenis orang yang ingin kamu dekati agar tertular nuansa positifnya.

Hal itu akan berubah namun membutuhkan waktu. Segera kamu menemukan “kelompok” itu, perubahan akan mengikuti lebih cepat karena pengaruh baru.

Tantang Pemikiran Kamu

Saat cara berpikir lama menghantui, akan sulit untuk mengabaikannya. Kamu perlu menantang pemikiran kamu sendiri.

Apakah semuanya terlalu mahal atau saya memang tidak mampu mendapatkannya? Apakah orang lain memang buruk atau saya mencari celah untuk mengkritik?

Ukur pemikiran kamu dengan bukti. Kemudian pertanyakan kenapa kamu percaya akan sebuah peristiwa. Dengan menantang pemikiran kamu, cara berpikir kamu akan berevolusi.

Konsumsi Media Positif

Mengkonsumsi media positif akan mengubah persepektif melalui osmosis. Media positif merupakan semua yang menitikberatkan kebaikan dalam hidup atau bagaimana meningkatkan standar hidup kita dan standar hidup orang lain.

Kita semua tahu jika cara terbaik belajar bahasa baru adalah dengan membiasakan diri. Jika kamu mendengar bahasa baru setiap hari, hal itu akan mulai menempel dan menjadi mudah diingat. Segera, kamu tidak hanya akan memahami bahasa itu namun juga mampu berbicara.

Pola pikir baru juga bekerja dengan cara yang sama. Jika kamu membiasakan diri dalam konten informasi yang menumbuhkan hal positif, cara berpikir kamu akan berubah. Bahasa itu adalah dialog personal, cara berbicara dan kebiasaan.

Belajar dialog pribadi yang positif dan kamu akan melihat dunia dengan cara yang berbeda.

Sukarela

Dengan sukarela membantu orang lain akan memberi dampak besar akan bagaimana kamu merasakan diri sendiri dan cara kamu melihat dunia.

Dengan fokus pada bagaimana kamu bisa membantu orang lain, kamu akan menarik perhatian dari keburukan sendiri. Akan semakin mudah menumbuhkan cara berpikir positif saat kamu melihat cara baru untuk membuat orang lain lebih baik.

Kamu akan kesulitan melihat hal buruk jika selalu fokus pada hal yang baik.

Abstain dari Semua Hal Buruk

Perang, pembunuhan dan politik semuanya memberikan beban pada pikiran kita.

Masuk akal jika semua media utama fokus pada berita buruk karena sebuah tragedy menjual. Tidak masuk akan bagi kita untuk terus menerima berita buruk. Hal itu jelas tidak akan produktif untuk cara berpikir yang optimal.

Dengan memikirkan berita tentang kecelakaan pesawat yang jauh tempat kejadiannya, kita menempatkan energi mental pada suatu hal yang tidak membantu. Kita tidak dapat merubah hal buruk untuk terjadi. Namun jika kita memusatkan pemikiran pada hal yang bisa kita rubah, hidup kita akan menjadi lebih baik.

Tuliskan Rencana Aksi

Ini merupakan tentang melihat peluang dan melakukan sesuatu untuk mewujudkan peluang itu. Cara berpikir ke depan akan menggerakan fokus jauh dari posisi yang tidak kamu inginkan.

Tidak cukup untuk sekedar menuliskannya, karena kita hanya tumbuh saat kita mengambil tindakan. Pemikiran hanyalah abstrak sampai kita melakukan sesuatu untuk mewujudkannya.

Tidak yakin dengan langkah yang tepat? Jangan khawatir, identifikasilah hal pertama yang bisa dilakukan, kemudian lakukan. Sekalipun hal itu berujung pada kesalahan, kamu tetap membuat kemajuan dan itu akan membuat kamu fokus pada menciptakan perubahan positif.

Adopsi Gaya Hidup Sehat

Tubuh yang sehat akan mendukung pemikiran yang sehat. Selama masa sulit, kondisi sakit merupakan kendala terberat.

Melakukan sesuatu, merubah diet, membuat pondasi untuk semua perubahan sesuai tempatnya. Perlahan, semua energi akan mulai bangkit sampai pada titik dimana kondisi kesehatan kembali pulih.

Perhatikan bagaimana kamu tidur, apa yang kamu makan dan aktivitas kamu untuk mengidentifikasi apapun yang bisa membentuk energimu. Terkadang malas hanyalah tubuh yang sedang lelah.

Kirim Ucapan Terima Kasih

Bahasa sederhana mengucapkan terima kasih bisa sangat positif. Tidak hanya terasa baik, sebuah ucapan terima kasih menciptakan itikad baik pada orang lain.

Ucapan terima kasih juga akan memperkuat hubungan karena manusia suka dengan penghargaan.

Ciptakan Rutinitas Pola Pikir Pagi Hari

Cara hebat untuk memulai hari adalah dengan membuat daftar mental setiap hal yang kita inginkan. Ini akan menciptakan perasaan semangat dan antisipasi yang menciptakan momentum sepanjang hari.

Misalkan setiap pagi kamu mengingat motivasi sukses pesohor dunia. Dengan fokus pada pesan positif yang berasal dari konten tadi di pagi hari, akan lebih mudah merasa bahagia dan fokus.

Tulis Daftar Kemenangan

Jadi kamu sudah memulai daftarnya. Sekarang selesaikanlah hal itu dengan membuat daftar mental yang dimenangkan. Tidak harus monumental, inti dari latihan ini adalah untuk menjaga fokus pada pengalaman terbaik dari harimu.

Mencatat kesalahan akan membantu kamu menjadi lebih baik, namun meratapi hal itu akan mematikan motivasi dan momentum. Selesaikan dengan kuat dan itu akan membuatmu lebih mudah bangun di pagi hari dengan perasaan bahagia.

Baca: Rahasia Sukses Kolonel Sanders Pembangkit Semangat Hari Ini

Terapkan Cara Merubah Pola Pikir Menjadi Positif

Itulah semua tips cara merubah pola pikir menjadi positif. Sampai sini bagaimana? Sudah siap menjadi pribadi yang positif mulai sekarang? Pastikan bookmark postingan ini ya agar kamu selalu memiliki pola pikir positif selamanya.

Leave a Reply

CommentLuv badge

Close
HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+