Cara Ampuh Keluar dari Google Sandbox


Cara ampuh keluar dari google sandbox ibarat nyawa kedua seorang blogger. Kenapa bisa? Google sandbox merupakan sebuah hukuman yang diberikan secara otomatis kepada sebuah blog. Hukuman itu bisa berupa deindeksisasi (menghilangkan link URL blog yang kena hukuman) atau menghilangkan link beberapa postingan blog yang dianggap layak dihukum.

Tahapan Cara Ampuh Keluar dari Google Sandbox

Verifikasi Blog Sebagai Properti Kamu

Penulis hanya menceritakan cara yang sudah ditempuh secara pribadi. Perlu diketahui jika penulis memakai hosting premium mengandalkan platform wordpress dengan template authority.

Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah memverifikasi blog yang kita miliki sebagai properti online. Caranya bisa melalui google webmaster tools.

 

Syarat mudahnya adalah kamu memiliki email gmail.

Bisa dilihat, jika kamu belum pernah memverifikasi blog sebagai property sebaiknya bisa di add properti dan ikuti petunjuk verifikasinya.

Periksa Notifikasi Jika Ada Penurunan Trafik Drastis

Pada dasarnya setelah kamu berhasil verifikasi blog sebagai properti online kamu akan mendapatkan pemebritahuan setiapkali ada masalah dengan blog kamu. Pemberitahuan akan disampaikan melalui email yang dipakai untuk verifikasi.

Kemungkinan Penyebabnya

Penyebab google sandbox bisa karena social engineering content (tukar link), pelanggaran akan kualitas konten, dan konten spam.

Terlepas dari beberapa penyebab yang ada, kemungkinan terbesar penyebabnya umumnya terkait link spam atau kode iklan yang dianggap membahayakan pengunjung blog kamu.

Sebuah kode iklan popup misalnya bisa membahayakan karena dianggap “menipu” pengunjung ke situs lain yang dianggap tidak sesuai dengan tujuan awal pengunjung. Untuk sebuah situasi seperti itu Google tidak ambil pusing dan akan langsung memasukan sebuah blog ke dalam sandbox.

Informasi itu akan disampaikan dalam “manual action” yang bisa dilihat dalam Google Webmaster Tools.

Bersabar

Hal yang bisa dilakukan adalah mengikuti perintah dalam “manual action” dan mengajukan “consideration request”.

Pengalaman notordinaryblobber bisa sampai 8 hari menunggu.

Hasilnya tidak selalu disetujui namun jika ditolak kamu bisa kembali memeriksa pelanggaran dan mengajukan “consideration request” lagi, jangan khawatir. Kerugiannya adalah trafik blog kamu akan hilang sementara.

Catat Cara Ampuh Keluar Dari Google Sandbox

Jika kamu sedang mencari cara ampuh keluar dari Google Sandbox maka sebaiknya bookmark postingan ini.

Sebelum membaca lebih jauh apa pentingnya sih keluar dari Google Sandbox? Penulis merupakan korban Google Sandbox. Efek kerugiannya bisa dibilang sangat besar karena tidak melulu uang melainkan pikiran yang juga terbawa stress setelah mengetahui trafik blog turun drastis dari sekitar 2000 atau 3000 per hari menjadi hanya 60 per hari.

Bisa dibayangkan bukan betapa “drop” nya mental seorang blogger yang menyadari blog kesayangannya terkena google sandbox? Keberhasilan dan ketenangan kamu keluar dari masalah Google Sandbox juga bisa menandakan mental blogger layaknya pengusaha.

Tidak kalah penting jika blog kamu terkena sandbox adalah untuk tetap tenang dan ikuti petunjuk yang diberikan dalam webmaster tools atau sekarang mungkin dikenal sebagai search console.


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+