Belanja Online Aman di Mana?

Belanja online aman penting untuk dipahami banyak konsumen Indonesia sekarang ini seiring dengan semakin terbukanya akses internet untuk semua kalangan masyarakat. Karena itu pula banyak bermunculan toko-toko online. Itu sebabnya juga sebagai konsumen perlu kejelian lebih untuk menghindarkan diri dari kerugian berbelanja online.

Konsep belanja online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan belanja barang pada umumnya, hanya saja dalam hal belanja online, media informasi teknologi lebih banyak berperan seperti internet, website, transfer online, sampai telepon genggam.

Sebagai konsumen tentu banyak dari kita bertanya-tanya belanja online aman di mana ya kira-kira? Dalam hal belanja online aman maka makna aman setidaknya harus mencakup kenyamanan konsumen dalam berbelanja, kepercayaan diri konsumen dalam bertransaksi, dan kepastian dalam penyelesaian keluhan konsumen oleh pihak penjual. Ketiga kriteria ini yang pada akhirnya akan memberikan rasa nyaman dan aman kepada konsumen saat berbelanja online.

Salah satu media belanja online yang aman di Indonesia adalah blibli. Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa belanja di blibli itu aman? Berikut ini beberapa alasannya:

Navigasi yang memudahkan konsumen

Belanja online aman bisa terlihat dari “navigasi” website penjual. Website yang aman tentu memudahkan pengguna untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Informasi terpenting yang pertama adalah cara pembelian dan mekanisme yang berkaitan dengan cara pengiriman barang pesanan sampai ke tangan konsumen.

Dari tampilan di atas kita dapat melihat bahwa belanja online di blibli tidak beda dengan belanja di toko-toko pada umumnya karena mereka juga melayani “perubahan pesanan” dan “berbagai masalah” yang muncul seputar pembelian barang secara online.

Penjelasan kepada konsumen tentang berbagai hal terkait belanja online tidak terhenti pada penjelasan di website saja. Belanja online aman di blibli karena mereka menyediakan layanan “kontak langsung” yang menunjukkan bahwa ada “manusia” di belakang website jual beli online tersebut. Ini berarti sama seperti belanja pada umumnya, kita dilayani oleh manusia, hanya saja peran media teknologi lebih dominan di konsep belanja online.

Belanja Online Aman karena ada penjelasan produk

Penjelasan produk sangatlah penting dalam hal belanja online. Konsumen dapat semakin yakin dengan adanya penjelasan produk sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk yang ditampilkan.

Tidak ada satu orang pun yang mau dipaksa untuk membeli sesuatu. Disinilah penjelasan produk memainkan peran penting. Penjelasan produk yang baik dapat menumbuhkan minat konsumen untuk membeli karena konsumen akan yakin terhadap suatu produk apakah produk itu memang dibutuhkan atau tidak.

PCI DSS Approved dan Norton Secured

Jika diperhatikan di bagian bawah website belanja online blibli terdapat informasi PCI DSS approved dan Norton secured.

Apa kaitan PCI DSS approved dan Norton Secured dengan belanja online aman di internet?

Verified ServicePCI DSS merupakan singkatan dari Payment Card Industry Security Standard yang berarti blibli menerapkan mekanisme standar yang tinggi untuk transaksi yang menggunakan kartu kredit, kartu debit, ATM ataupun mekanisme pembayaran online lain yang memungkinkan. Persetujuan atau approval PCI DSS dilakukan setiap tahun sekali oleh QSA (Qualified Security Assesor) atau semacam pejabat penilai khusus. Tujuan dari mekanisme PCI DSS adalah untuk mencegah penyalahgunaan kartu kredit dan media pembayaran online lain dalam hal belanja online.

Bagaimana dengan Norton secured? Norton secured merupakan tanda bahwa sebuah website dinyatakan aman karena memenuhi standar-standar tertentu untuk bisa mendapatkan kualifikasi aman tersebut. Apa saja kualifikasinya? Silahkan lihat di sini. Untuk mendapatkan “Norton secured” tersebut, seseorang harus membeli SSL Sertificate dengan kisaran harga $2,950. Tanda “Norton secured” berarti bahwa jaringan online tersebut ada dibawah perlindungan sistem Norton. Sebagai sebuah merek “keamanan” terpercaya di dunia, tentu saja ada tidaknya tanda “norton secured” berpengaruh kepada kepercayaan konsumen untuk belanja online.

Kehadiran aplikasi belanja online

Aplikasi Belanja Onlineblibli menyediakan aplikasi belanja online dalam 3 bentuk utama yaitu apple, google, dan windows. Ini menunjukkan kesungguhan blibli dalam memberikan pengalaman belanja online kepada konsumen. Dengan cara ini konsumen semakin mudah mengakses berbagai pilihan produk yang ditawarkan di website tersebut.

Pembayaran “Cash on delivery” dan Garansi Pengembalian

Metode PembayaranFitur pembayaran ini menurut hemat penulis sangatlah penting dalam memberikan keamanan dan penyamanan konsumen dalam belanja online di internet.

Dengan metode “cash on delivery”, tentu saja konsumen tidak perlu khawatir uangnya hilang, sebagaimana kekhawatiran pada umumnya jika menggunakan metode kartu kredit. Pembayaran dilakukan setelah barang pesanan sampai di depan pintu sesuai alamat yang diberikan.

Selain metode cash on delivery/bayar ditempat, fitur garansi pengembalian tentu saja menunjukkan faktor aman yang penting bagi konsumen. Dengan layanan ini, kenyamanan pembeli dalam membeli barang semakin terjaga.

Sudah Tahu Belanja Online Aman Ada di Mana?

Belanja Online Aman Indonesia

Itulah kelima kriteria belanja online aman yang memastikan keamanan konsumen dalam berbelanja. Blibli bukanlah satu-satunya website jual beli online di Indonesia ada yang lain misalnya lazada, namun jika kita berbelanja online di blibli , website tersebut memiliki review konsumen yang bisa dibilang lebih baik (jumlah keluhan lebih bersahabat) sehingga sudah pasti konsumen nyaman dan aman saat berbelanja online mencari berbagai keperluan yang diinginkan di website tersebut.

Tips Tambahan Belanja Online Aman

Tips tambahan lainnya adalah melihat nama situs atau URL. Keseriusan berjualan online seharusnya ditunjukan dari toko online itu sendiri. Jika sebuah toko online menggunakan nama domain gratis (misalkan namatokoonline.blogspot.com atau namatokoonline.wordpress.com) maka sudah selayaknya itu dipertanyakan?

Kok bisa?

Kalau memang serius mau berusaha (berjualan) kenapa tidak modal? (nama domain dan hosting harganya cukup terjangkau). Jika penjual tidak serius mempersiapkan tokonya maka resiko “konsumen dirugikan” akan semakin besar, jangan mudah tergoda dengan iming-iming diskon besar dari sebuah toko online yang tidak meyakinkan dan tidak memenuhi kriteria dalam postingan ini.

Tips Penting lainnya:

2 Comments

  1. Rekareta Abadi September 22, 2015
  2. Okto September 23, 2015

Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+