Arti Penting Sebuah Relasi dalam Dunia Online

Arti penting sebuah relasi dalam dunia online dapat berarti banyak hal untuk Anda. Keuntungan relasi yang Anda bangun dengan susah payah adalah terciptanya berbagai peluang usaha yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal. Khusus dalam bisnis, maka arti penting sebuah relasi dalam dunia online bisa berarti dukungan dan peluang.

Relasi dalam Dunia Online sebagai Sebuah Dukungan

Pada saat Anda terjun kedalam bisnis online (misalnya mencari uang dari blog dengan program pay per click) maka Anda akan sangat membutuhkan pengunjung blog dan interaksi dalam blog Anda.

Jumlah pengunjung yang cukup tentu saja akan memperbesar peluang penghasilan melalui program PPC dan di sisi lain, semakin baik relasi yang Anda bangun dalam dunia online semakin baik interaksi yang akan terjalin dalam blog.

Blog yang memiliki interaksi sangat baik tentu memiliki nilai lebih dimata pengunjung lainnya. Dengan demikian blog Anda akan dinilai sangat berharga sebagai sumber informasi. Relasi dalam dunia online akan memberikan efek berantai positif dalam memberi dukungan untuk blog Anda sebagai media bisnis online.

Relasi dalam Dunia Online sebagai Sebuah Peluang

Saat Anda mulai membangun sebuah bisnis online entah itu dalam bentuk blog atau bentuk lainnya maka Anda perlu menjaga peluang yang datang bukan?

Memang pada dasarnya Anda tetap bisa saja memutuskan untuk menolak sebuah peluang bisnis yang datang, namun peluang bisnis online tidak akan datang kepada Anda tanpa sebab, salah satu penyebab utama berdatangannya peluang bisnis adalah cukup baiknya relasi yang Anda bangun secara online.

Ingatlah bahwa peluang dalam bisnis online tidak hanya diukur dalam bentuk uang saja, peluang bisa sangat luas diartikan. Tidak percaya?

Berikut ini sebuah contoh dari pengalaman saya:

Seperti diketahui cara tercepat untuk membuat blog terkenal adalah dengan “nebeng” kepada mereka yang sudah terkenal. Itulah sebabnya diawal-awal membangun blog ini saya mentargetkan wawancara online melalui blog.

Caranya cukup sederhana, cari target yang kita inginkan kemudian baca lebih lanjut tentang apa yang mereka kerjakan. Jika sudah, susunlah pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaan mereka dan blog Anda.

Saat saya mengajukan tawaran wawancara kepada Matt Smith (pemilik onlineincometeacher.com) dia merasa senang dengan tawaran itu dan berbalik memberi tawaran untuk menjadi penulis tamu dengan topik “keuntungan membuat wawancara online”. Jadi inilah peluangnya, sebuah peluang yang menurut saya tidak akan datang dua kali.

Peluang ini memberi kesempatan saya untuk mencoba keberanian menulis artikel berbahasa Inggris untuk sebuah blog asing, kesempatan untuk menjalin hubungan baik dengan blogger asing, kesempatan membuat backlink secara sehat, dan kesempatan untuk menembus komunitas pembaca asing. Semua peluang itu bukanlah uang namun sangat berarti untuk sebuah blog.

Sejak artikel itu diterbitkan, saya selalu menggunakannya sebagai referensi atas pengajuan menjadi penulis tamu di blog-blog asing lainnya. Matt Smith pulalah yang merekomendasikan saya kepada Timsminions untuk menjadi salah satu interviewee di sana. Sekali lagi ini bukanlah uang, dan tidak ada dampak finansial atas semua peluang yang saya ambil itu, namun saya paham itu semua akan bermanfaat untuk masa depan saya (sebagai blogger) dan blog saya.

Ada Arti Penting Sebuah Relasi Lainnya?

Relasi sebenarnya penting dalam berbagai hal tidak terbatas pada dunia online saja. Menjadi penting kemudian adalah bagaimana cara Anda membangun relasi dalam dunia online dan menjaga relasi yang sudah terbangun.

Dalam dunia online …. ketekunan, keterbukaan, bukti, dan kualitas pada akhirnya akan menentukan keberhasilan Anda dalam membangun sebuah relasi yang dapat membantu Anda dalam mencapai tujuan.

Artikel ini bermanfaat? Beri dukungan “like” untuk fanpage kami

Jadi bagaimana Anda memandang arti penting sebuah relasi dalam dunia online?

Image Courtesy of vichie81  at FreeDigitalPhotos.net