8 Tahapan Menjadi Citizen Journalism Sukses

Menjadi citizen journalism sukses ini penting untuk Anda yang ingin mendapatkan pemasukan uang ekstra bermodalkan smartphone. Bagaimana cara memulai citizen journalism?

Identifikasi Penyedia

Pertama tentu Anda perlu menemukan penyedia citizen journalism yang ada. Kebanyakan media besar sekarang ini membutuhkan hal ini. Salah satunya adalah NET. Media NET membuka kesempatan citizen journalism kepada warga Indonesia yang berminat.

Persiapkan Media Pendukungnya

Untuk bisa bergabung tentu Anda harus mendaftar lebih dulu ke situsnya. Bahkan aplikasi iOS maupun playstore CJ NET juga sudah tersedia. Basis citizen journalism ini sebenarnya mobile karena memang sifat mobilitas citizen yang sudah sewajarnya tinggi dan berita dapat terjadi kapan saja.

Pahami Mekanisme Editing

Keunggulan utama dari citizen journalism adalah editing bukan hal krusial. Anda hanya perlu mengkombinasikan beberapa klip rekaman berita dimulai dari hal yang umum mengerucut kepada hal khusus. Jika bisa ada narasi akan lebih baik saat diupload nanti. Proses editing awal akan memudahkan redaksi citizen journalism NET untuk mengolah sampai tahap akhir. Dubbing sampai isi suara semuanya akan diambil alih oleh media untuk kenyamanan pemirsa. Pemotongan video berita juga biasa terjadi.

Durasi Video

Umumnya sebuah berita berdurasi 1 sampai 2 menit. Jika Anda berminat membuat video citizen journalism, buatlah video dengan durasi lebih lama dari 2 menit (aman sekitar 5 sampai 7 menit) karena redaksi akan melakukan editing.

Proses Approval

Anda harus mengunggah video yang dibuat ke NET citizen journalism. Dalam proses ini tentu tidak semua video akan mendapat approval.

Video yang selesai diunggah akan masuk ke bagian “Draft” sesuai judul dan gambar tampilan pilihan Anda. Video Anda akan berstatus waiting for approval. Setelah proses review redaksi, video yang lulus akan berubah status menjadi waiting for publish. Setelah periode tertentu akan diberikan pemberitahuan email jika video Anda di terbitkan.

Video Hasil Edit Redaksi

Perlu dipahami bahwa video final yang terbit mungkin berbeda dengan aslinya karena redaksi harus melakukan berbagai penyesuaian. Untuk menjadi citizen journalism sukses Anda harus menerima jika video di edit oleh redaksi.

Video Hanya Muncul Di Web

Video yang muncul di web maka statusnya sudah berakhir. Dengan kata lain video itu tidak tayang di televisi dan Anda tidak mendapatkan honor.

Konfirmasi Video yang Tayang

NET akan menerbitkan video yang muncul secara rutin melalui akun youtube OfficialNETNews.

Pemberitahuan video lainnya bisa dipantau melalui akun twitter @NET_CJ. Selain nge tweet gambar display video, nama contributor juga akan disebutkan.

Siap Menjadi Citizen Journalism Sukses ?

Itulah sedikit gambaran untuk menjadi citizen journalism sukses. Jika bakat Anda dalam journalism sangat tinggi bukan tidak mungkin hobi ini menjadi gerbang karir Anda di media jurnalistik. Semoga sukses

Leave a Reply

CommentLuv badge

Buat Tabungan dapat Secure Credit CardTabungan Online Bank Sinarmas
+