Definisi Mobile Marketing Panduan Lengkap

Definisi mobile marketing diarahkan pada semua kegiatan yang menghubungkan produsen kepada konsumen melalui media gadget mobile dan jaringannya. Gadget mobile seperti smartphone, console game portable, tablet, komputer dan tentu saja semua gadget dengan fungsi serupa. Beberapa gadget mobile mungkin hanya terbuka untuk jenis saluran iklan saja (misalkan telepon seluler biasa yang hanya bisa menerima pesan teks), sedangkan beberapa gadget lainnya bisa menerima beragam data mulai dari internet, video, sampai media interaktif seperti QR code.

Seiring dengan perkembangan gadget mobile, semakin banyak perusahaan terlibat dalam mobile marketing.

Beberapa contoh perusahaan dan industri yang aktif dalam mobile marketing seperti:

  • Google, Yahoo dan perusahaan berbasis internet lainnya
  • Perusahaan teknologi seperti Microsoft dan Apple. Produk apple bertanggung jawab langsung atas perkembangan pesar mobile computing dewasa ini.
  • Perusahaan media termasuk kompas, detik, dan lainnya.
  • Pasar online seperti blibli, lazada dan sebagainya
  • Brand besar seperti Coca cola

Metode Mobile Marketing:

  • Short Message Service (SMS)
  • Multimedia Message Service (MMS)
  • Quick Response (QR) Codes
  • Location-based Services (LBS)
  • Push notifications
  • Mobile advergaming

Jenis Konsumen Yang Efektif untuk Mobile Marketing

Sebagaimana dibahas sebelumnya bahwa pengguna internet Indonesia lebih besar dari populasi Australia.

Perilaku utama para pengguna gadget mobile sangat dinamis yang kerap berubah dalam periode singkat (seperti momen antrian) yang terus berubah dari satu pemakaian ke pemakaian lain setiap kali ada kesempatan “tanpa aktivitas”. Kondisi ini memberikan hasil instan (tidak sekedar hiburan, tapi juga untuk tugas praktis seperti mencari informasi produk) atas konsumsi informasi. Pada akhirnya ini memberikan poin akses lebih banyak kepada para marketer. Pemahaman ini penting untuk mengawali langkah menguasai definisi mobile marketing.

Untuk pengguna iPad rata-rata berusia 25-44 tahun terbagi rata antara pria dan wanita. Lebih lanjut lagi, pengguna iPad cenderung memiliki penghasilan diatas rata-rata, dan biasanya kerap bepergian (traveler rutin) dan menggunakan iPad di pesawat, kereta atau travel shuttle.

Pengguna iPad dan smartphone merespon sebuah iklan mobile secara berbeda. Untuk kebanyakan pengguna gadget mobile, materi iklan informatif merupakan kualitas utama yang diperhatikan untuk sebuah iklan diikuti dengan relevansinya. Kebalikannya, pengguna iPad lebih memberi perhatian pada iklan yang interaktif mulai dari warna dan penempatannya dalam konten.

Fakta menarik pengguna gadget mobile penting untuk memahami definisi mobile marketing:

  • 74.1% menggunakan pesan teks
  • 50.2% download apps
  • 49% menggunakan web browser
  • 36% mengakses media sosial
  • 33.1% menghabiskan waktu bermain games
  • 25.8% mendengarkan musik melalui gadgetnya

Sumber: comScore, Inc.

Setelah mengetahui perilaku pengguna smartphone, iPad sampai fakta menarik pengguna gadget mobile tentu saja kini Anda sudah mencapai 25% pemahaman dasar akan definisi mobile marketing.

Bagaimana Kampanye Mobile Marketing Dikembangkan?

Saat mengembangkan kampanye mobile marketing dalam rangka memahami definisi mobile marketing, seorang marketer perlu membangun beberapa jalur sambil menjaga pesan secara konsisten. Saluran paling mudah untuk dimulai adalah pesan SMS (pada dasarnya mengirim pesan SMS kepada konsumen). SMS dan rekan pengiriman pesannya MMS merupakan pilihan layanan untuk bergabung, dengan demikian perusahaan mengetahui pesan marketing mereka diterima dengan baik oleh konsumen.

Sebanyak 98% pesan SMS selalu dibaca (sebanyak 95% dalam 15 menit). Dengan demikian SMS merupakan pasar yang sangat terbuka. Pesan SMS haruslah sangat fokus dan singkat untuk menemui batasan pesan yang memungkinkan. Sebuah pesan SMS wajib mengkomunikasikan hal berikut:

  1. Apa produk/layanannya?
  2. Apa keuntungan untuk konsumen?
  3. Bagaimana konsumen bisa mengambil tindakan?

Dalam rangka menjaga penerima SMS terus memperhatikan Anda, pada umumnya pesan dibuat interaktif. Misalkan Anda bisa meminta polling untuk sebuah produk yang akan datang, untuk mengetahui apa yang paling diminati konsumen. Perhatikanlah tingkat kepergian konsumen atas kampanye marketing Anda. Jika banyak konsumen pergi itu merupakan sinyal Anda terlalu sering mengirimkan SMS (sebaliknya tidak adanya konsumen yang pergi berarti Anda dapat meningkatkan intensitas SMS. Mulailah dengan 2 sampai 4 SMS per bulannya, kemudian sesuaikan berdasarkan respon konsumen.

Untuk memahami definisi mobile marketing diluar pesan teks, mobile marketing telah mulai melibatkan teknologi baru. QR code merupakan symbol yang dapat di scan oleh gadget mobile untuk membawa konsumen ke konten tertentu. Konten itu bisa sangat informatif (mungkin menjelaskan fitur produk), namun bisa juga berisi ajakan khusus. Ingatlah jika konsumen memiliki QR code berarti mereka sudah memiliki minat.

Karir di Bidang Mobile Marketing

Marketing Manager

Apa yang dilakukan Marketing Manager?

  • Menemukan peluang untuk pesan mobile, dan sampaikan pesan mobile kepada klien.
  • Memulai dan mengevaluasi riset pasar tentang saluran iklan mobile dan gunakan data itu untuk mengembangkan strategi pemasaran.
  • Membentuk dan menugaskan tim untuk menjalankan pemasaran di beberapa pesan mobile, layanan SMS, laman mobile dan QR landing page
  • Mengkoordinasikan upaya berbagai tim untuk menjaga pesan marketing yang konsisten

Pendidikan dan Pengalaman

Marketing manager harus setidaknya lulusan S2 bidang marketing atau manajemen bisnis dan paham akan teknologi terkini di dunia bisnis. Marketing manager setidaknya harus memiliki 3 tahun pengalaman memimpin tim perikalan, penjualan dan bidang terkait lainnya.  Jika belum berpengalaman maka setidaknya sudah mengikuti kelas marketing, riset pasar, perilaku konsumen dan manajemen bisnis.

Advertising Account Manager

Apa yang dilakukan Advertising Account Manager?

  1. Menawarkan ide kreatif untuk mobile marketing individual
  2. Menulis layanan SMS dan menyiapkan layanan MMS untuk marketing
  3. Mendesain iklan untuk mobile web browsing
  4. Mendesain laman promosi yang diakses melalui QR code

Pendidikan dan Pengalaman

Advertising account manager pada dasarnya membutuhkan latar pendidikan S2 di periklanan, marketing atau bahkan jurnalisme. Latar belakang pendidikannya juga perlu fokus pada metode komunikasi dan teknologi, seni visual dan multimedia sama halnya dengan riset pasar dan perilaku konsumen. Pada umumnya seorang account manager akan memulai karir sebagai “anak magang” saat masih di sekolah.

Software Developer Mobile Applications

Apa yang dilakukan?

  • Mendesain beragam aplikasi untuk platform mobile
  • Mengembangkan aplikasi untuk memperluas pengalaman konsumen berbelanja seperti program untuk identifikasi lokasi yang menarik, menyediakan informasi promosi atau berbagi ulasan
  • Menjamin bahwa aplikasi itu berfungsi sesuai perencanaan dan melakukan modifikasi yang diperlukan
  • Mengkoordinasikan programmer untuk mengerjakan sebuah proyek dan menjaga komunikasi antara tim programming dengan klien (atau petugas liaison yang menjadi perantara antara IT dan bagian marketing)

Pendidikan dan Pengalaman

Pengembang software cenderung berlatar pendidikan S1 di ilmu komputer, software engineering dan bidang terkait lainnya termasuk latar belakang di sektor targetnya (misalkan keuangan jika mengembangkan aplikasi untuk perbankan, marketing jika mengembangkan aplikasi marketing). Mereka juga wajib memiliki latar pendidikan programming dan tetap update dengan bahasa pemrograman terkini.

Dengan mengetahui beberapa posisi kerja di industri mobile marketing ini tentu pemahaman Anda akan definisi mobile marketing sudah bisa dikatakan mencapai 75% sampai tahap ini.

Bagaimana Sekolah Marketing Bisa Mengembangkan Sektor Ini?

Mobile marketing yang efektif membutuhkan pemahaman yang berkelanjutan mencakup pasar yang dinamis, interaksi dengan konsumen, komunikasi dan teknologi. Sebuah kelas marketing akan menyiapkan Anda memasuki dunia penuh perubahan ini dan berkontribusi didalamnya.

Sebuah kelas marketing akan melatih Anda bagaimana memahami konsumen mengambil keputusan dan bagaimana konsumen berinteraksi dengan pesan pemasaran yang meningkat diterapkan melalui gadget mobile. Mata kuliah riset pasar akan mengajari Anda bagaimana membagi kelas konsumen dan mengidentifikasi perubahan dan peluang atas permintaan konsumen. Kelas kuliah perilaku konsumen akan mengajari Anda bagaimana memprediksi reaksi konsumen atas ragam komunikasi dan insentif, dan bagaimana saluran komunikasi (cetak, internet atau mobile) mempengaruhi komunikasi materi pemasaran.

Komunikasi merupakan keahlian inti dari semua marketing dan karenanya aspek ini menjadi komponen penting dalam kelas marketing. Anda akan mempelajari cara menggunakan pesan verbal, grafis dan multimedia untuk berkomunikasi dengan jelas dan persuasif dibawah beragam situasi dan tekanan.

Sebuah mata kuliah marketing akan mengajarkan aspek organisasi bisnis dan manajemen termasuk pengembangan produk, distribusi, penetapan harga dan promosi. Anda akan mempelajari dasar keahlian kepemimpinan untuk mengendalikan sebuah tim, dan bagaimana menghubungkan tujuan sehingga pesan marketing selalu konsisten.

Nah, kini Anda sudah 100% paham definisi mobile marketing untuk hal-hal dasarnya. Untuk lebih memahami tentu Anda wajib mempraktikannya.

Panduan Lengkap Definisi Mobile Marketing

Itulah sebuah penjelasan untuk definisi mobile marketing. Kini Anda sudah memahami lebih baik akan mobile marketing, lebih dari sekedar definisinya saja namun juga metode, arti pentingnya sampai aspek ketenagakerjaan dan pendidikan di sektor marketing ini.

Leave a Reply

CommentLuv badge

XL PAKET DATA KAMU MAU HABIS TUHH! 19GB CUMA RP73RB (DISKON 18%) CEPETAN ISIBELI SEKARANG