7 Kelebihan Kekurangan Bisnis Domestik

Kelebihan kekurangan bisnis domestik akan memberikan Anda pemahaman akan kedua jenis bisnis (domestik dan internasional) dengan lebih baik. Dalam sebuah bisnis domestik, kombinasi aturan, ekonomi dan budaya akan mempengaruhi pertumbuhan bisnis. Sebuah entitas bisnis tidak dapat mengendalikan faktor-faktor tadi melainkan dapat merespon dengan tepat. Terlepas dari kerumitan didalamnya, bisnis domestik jauh lebih sederhana dibandingkan bisnis internasional. Dalam konteks internasional, sebuah bisnis harus berhadapan dan memahami beragam bisnis domestik di banyak tempat.

Analisa Pasar

Berbicara tentang analisa pasar maka setiap target pasar memiliki tantangan masing-masing apalagi saat beroperasi di bisnis internasional. Badan usaha perlu melakukan investasi sumber daya untuk menganalisa konsumen di banyak negara dan bagaimana cara memasarkan produknya disana. Kondisi itu akan membutuhkan banyak waktu disetiap negara. Untuk bisnis domestik, Anda bisa menebak perilaku konsumen relatif lebih sederhana dan mudah.

Perubahan Siklus

Memprediksi perubahan siklus cenderung lebih mudah dalam menjalankan bisnis domestik. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mempersiapkan diri untuk mengambil keuntungan dari perbaikan kondisi ekonomi dan tetap berada diatas saat kondisi ekonomi memburuk. Namun demikian, perubahan siklus cenderung mempengaruhi bisnis domestik lebih besar ketimbang bisnis internasional. Hal ini tentu membuat bisnis domestik lebih rentan akan perubahan siklus ekonomi suatu pasar. Perusahaan yang memiliki sumber keuntungan dibanyak negara memiliki banyak cara mendapatkan untung saat bisnis domestik mengalami penurunan sekalipun sulit memprediksi secara akurat perubahan siklus setiap negara.

Ukuran Pasar

Kelebihan kekurangan bisnis domestik selanjutnya adalah ukuran target pasar dalam bisnis domestik dapat memberikan kerugian karena ukurannya terbatas. Brand bisnis Nestlé misalnya yang membuka cabang di luar Swiss karena memiliki keterbatasan target pasar di negara asalnya. Entitas bisnis ingin melakukan ekspansi untuk mendapatkan lebih besar peluang untuk mendatangkan keuntungan. Hal ini cenderung akan dilakukan perusahaan yang mau mendiversifikasi penawarannya.

Komunikasi

Dalam lingkungan bisnis domestik, komunikasi cenderung lebih mudah ketimbang bisnis internasional. Karyawan dalam bisnis domestik biasanya berasal dari budaya yang sama dan berbicara bahasa yang sama. Meskipun pengecualian tetap saja ada. Komunikasi yang efektif harus dijaga antar unit operasi bisnis. Itu sebabnya komunikasi akan membutuhkan tenaga dan waktu dalam suatu bisnis.

Akses Bahan Baku dan Tenaga Kerja

Kelebihan kekurangan bisnis domestik selanjutnya adalah akses kepada bahan baku dan tenaga kerja. Perusahaan skala internasional mungkin akan mendapatkan akses lebih mudah. Dengan demikian akan mampu membuat produk dengan biaya efisien. Bisnis domestik mungkin harus lebih cermat dalam menggerakan unit operasionalnya menghadapi kelangkaan bahan baku dan tingkat upah buruh. Sekalipun demikian, menyediakan lapangan kerja domestik akan membawa kesan positif perusahaan dalam lingkungan bisnis domestik.

Pelaporan

Sebuah bisnis umumnya memiliki rangkaian persyaratan untuk menjadi akuntabel dalam lingkungan bisnis domestik. Beragam aturan mungkin diterapkan saat perusahaan bergerak dalam skala internasional. Perusahaan harus mengikuti aturan lokal di masing-masing negara mulai dari aturan lingkungan, aturan tenaga kerja, aturan perusahaan. Selain itu juga perusahaan wajib mematuhi aturan internasional seperti perpajakan dan transaksi lintas negara dan sebagainya. Memastikan bisnis Anda mematuhi beragam aturan domestik dan internasional akan memerlukan waktu. Olehkarenanya bisnis domestik unggul dalam hal ini dibandingkan bisnis internasional.

Ada Tambahan Kelebihan Kekurangan Bisnis Domestik?

Itulah kelebihan kekurangan bisnis domestik yang bisa disampaikan. Jika Anda ingin mempraktekannya, tentu saja akan lebih baik jika diawali dengan bisnis domestik. Seiring pertumbuhan usaha Anda, bisa saja dalam rentang waktu tertentu Anda beralih dari bisnis domestik menjadi bisnis internasional.

One Response

  1. Dzulfikar Februari 21, 2017

Leave a Reply

CommentLuv badge

Pinjam Uang Untuk Lebaran Secara Online. Aman, Nyaman, PraktisPinjam Uang
+