Categories: Usaha Kecil

Panduan Contoh Artikel Makalah Bisnis Internasional

Share

Untuk pembaca yang mencari contoh artikel makalah bisnis internasional, notordinaryblogger akan memberikannya melalui postingan ini. Tidak perlu berlama-lama berikut ini contoh artikel makalah itu:

Contoh Artikel Makalah Bisnis Internasional bertema Sejarah Singkat Bisnis Internasional

Bisnis internasional diartikan sebagai transaksi yang dilakukan lintas batas negara untuk memenuhi kebutuhan individu, perusahaan dan organisasi. Perbedaan jenis bisnis internasional diantaranya adalah perdagangan ekspor impor, foreign direct investment, licensing, perjanjian franchise sampai manajemen kontrak. Dalam kurun waktu 50 tahun terakhir, perdagangan internasional dan investasi telah tumbuh pesat ketimbang ekonomi domestik. Bisnis internasional memfasilitasi perpindahan ide, layanan, modal di seluruh dunia. Hasilnya adalah semakin tingginya inovasi, semakin cepatnya penyebaran informasi dan barang, semakin efisien penggunaan sumber daya manusia dan semakin berkualitasnya sektor keuangan.

Sejarah Singkat Bisnis Internasional

Bisnis internasional terdengar asing namun sebenarnya telah dipraktikan sejak ribuan tahun lalu. Melalui jalur yang terbentuk di Mediterania, Mesopotamia dan Yunani yang digunakan untuk berdagang. Seiring perkembangan tehnik bisnis yang semakin canggih, perpindahan barang, sumber daya dan dana antar negara semakin marak.

Pertumbuhan ini didorong juga oleh aktivitas kolonisasi. Revolusi industri memberikan stimulus lebih jauh untuk pertumbuhan bisnis internasional dengan menyediakan metode produksi masal, pemasaran, dan pemanfaatan bahan mentah. Penemuan dan perkembangan teknologi dari revolusi industri memberi dampak positif pada kelancaran perpindahan barang, jasa dan modal antar negara.

Produksi tumbuh pada tingkat yang sangat signifikan pada tahun 1880-an dimana revolusi industri ada pada masa jayanya di Eropa dan Amerika Serikat. Pertumbuhan terus berlanjut seiring pertumbuhan produksi masal dan kesadaran produsen untuk menemukan pasar bagi produk mereka. Inilah yang menandai kemunculan perusahaan multinasional.

Beberapa Aspek Yang Mendorong Terciptanya Bisnis Internasional

Pembangunan dan ekspansi teknologi

Masa ditemukannya telegraph tahun 1837, telepon tahun 1876, teknologi wireless tahun 1895, pesawat tahun 1903, televisi tahun 1926, roket luar angkasa tahun 1927, kabel coaxical tahun 1930-an dan komputer tahun 1946 merupakan peristiwa kunci yang memicu perkembangan bisnis internasional. Selanjutnya adalah perkembangan transportasi udara, komunikasi elektronik, pengolahan informasi digital yang merupakan inovasi teknologi penting lainnya yang memberikan ruang gerak lebih besar bagi perusahaan untuk meningkatkan aktivitas bisnis internasional.

Liberalisasi aktivitas lintas batas negara

Pembatasan negara untuk bisnis internasional semakin longgar setelah Perang Dunia II. Uni Eropa, NAFTA, ASEAN dan blok ekonomi regional lainnya di dunia semakin melonggarkan pengaturan untuk pergerakan lintas batas negara. Uni Eropa diberi penghargaan nobel perdamaian tahun 2012 sebagai pengakuan atas upaya perdamaian melalui aktivitas perdagangan, hak asasi manusia dan rekonsiliasi di Eropa selama 60 tahun terakhir. Presiden Komisi Eropa, Jose Manuel Barrosa saat menerima nobel mengatakan bahwa “kami menghormati hadiah ini dan akan menjaga apa yang sudah diraih. Capaian itu tentu memberi jaminan untuk membentuk dunia yang lebih teratur dengan nilai kebebasan, demokrasi dan hak asasi manusia”.

Perkembangan layanan pendukung

Baik pemerintah maupun perusahaan swasta telah mengembangkan layanan yang memfasilitasi pergerakan bisnis internasional. Misalkan institusi perbankan yang telah mengembangkan praktif efisien dan efektif untuk perusahaan untuk transaksi internasional. Bank dapat memfasilitasi pembayaran atas mata uang berbagai negara untuk mendukung kelancaran bisnis.

Page: 1 2 3 4