6 Trik Membuat Konsumen Membeli Apapun Secara Psikologis


Ingin membuat sebuah penjualan? Trik membuat konsumen membeli apapun secara psikologis ini sangat mengejutkan dan akan membantu Anda

Kebanyakan dari kita memikirkan apa yang membuat orang tergerak untuk membeli. Sebenarnya apa yang kita lakukan lebih dulu yang membuat lawan bicara menerima informasi. Menawarkan secangkir kopi misalnya, riset menunjukan saat seseorang memegang benda hangat, membuat mereka lebih menerima. Atau coba pahami aturan resiprokal. Dalam sebuah studi, pembeli toko permen dimana 42 persennya kemungkinan besar membeli sesuatu jika menerima cokelat gratis. Banyak hal membentuk pola pikir manusia secara primitif dan otomatis tanpa melalui proses pertimbangan apapun. Trik ini akan menggugah insting konsumen untuk tujuan bisnis Anda.

Temukan alasan bersama

Bukan hanya manusia ingin bertransaksi dengan orang yang disukainya. Mereka juga ingin bertransaksi dengan orang yang menyukai mereka atau seperti mereka. Manusia percaya bahwa mereka yang menyukai tidak akan menjatuhkan. Petunjuk mudah yang terlihat seperti baju klub sepakbola favorit, almamater kuliah, asal kampung halaman sampai kesamaan hobi dapat membuka pembicaraan yang alami sebelum menciptakan penjualan.

Pahami kalimat pembuka

Saat peneliti mendekati sekelompok orang dan menanyakan alamat email untuk diganti dengan sebotol soda, sebanyak 33 persen memberikan alamat email mereka. Namun saat peneliti membuka kalimat “Apakah Anda termasuk orang berjiwa petualang?” hampir 76 persen memberikan alamat email mereka. Kenapa? Kalimat pembuka macam ini meningkatkan keinginan mereka yang ingin disebut “berjiwa petualang”. Di saat bersamaan mereka akan mudah menuruti permintaan selanjutnya. Jika Anda satu dari banyak perusahaan bersaing untuk sebuah bisnis mulainya bertanya, kenapa Anda mengundang kita disini? Mereka akan mulai mengatakan semua hal yang mereka anggap sesuai dan kekuatan penawaran. Sekarang Anda tahu kekuatan yang dimiliki dan dapat melipatgandakan kekuatan itu.

Tunjukan fitur terbaik

Anda dapat mempengaruhi seseorang dengan kualitas, kecepatan, layanan atau fitur lain yang terlihat. Saat peneliti menciptakan toko furniture online dengan ilustrasi awan dan koin pada bagian landing page, ditemukan bahwa konsumen yang melihat awan menempatkan kenyamanan lebih tinggi dibanding koin bersinar di bagian landing page. Pencari (yang memilih gambar awan) mencoba menemukan fitur kenyamanan dan membeli furniture yang memberikan kenyamanan (sekalipun harganya mahal). Saat ditanya setelahnya, kebanyakan peserta menyangkal jika awan atau koin tadi punya pengaruh atas perilaku belanja mereka.

Menarik perhatian pada fitur terbaik lebih efektif tidak hanya membuat konsumen mempertimbangkan bisnis Anda tapi juga membuat mereka menerima fitur terbaik yang disampaikan.

Perlihatkan kekuatan dan kekurangan

Kenalilah kekurangan Anda. Semakin cepat semakin baik. Orang akan terkejut saat Anda memperlihatkan kelemahan, dan hal itu dapat meyakinkan bahwa Anda bernilai. Orang akan semakin percaya akan informasi yang disampaikan selanjutnya.

Jangan sebut pesaing dalam penawaran

Selamat jika Anda mengenal baik pesaing yang ada. Sekarang, jangan sebut mereka. Ada keuntungan substansial untuk sebuah brand bisnis saat konsumen fokus padanya. Faktanya, saat Anda menanyakan orang untuk membeli sebuah produk, perhatian mereka untuk membelinya akan meningkat secara alamiah. Namun saat mereka mempertimbangkan produk setelah menyebut tawaran produk pesaing, dorongan untuk membeli akan berkurang (bahkan hilang).

Kelangkaan sangat menjual

Pikiran akan menjadi panic saat sumber daya menipis, yang membuat konsumen ingin membeli. Semua yang berperan dalam ketakutan itu menyentil emoji dalam kampanye marketing. Tawaran terbatas dapat memperkuat nuansa itu dan mendorong terjadinya pembelian.

Coba Trik Membuat Konsumen Membeli Apapun secara Psikologis

Itulah kesemua trik yang ada yang siap membantu Anda meningkatkan penjualan selanjutnya. Semoga bermanfaat


Leave a Reply

CommentLuv badge

HP Kamu Bisa Jadi Ladang UangIni Caranya
+